10 Manfaat Tak Terduga Kentang Selain untuk Dimakan

by

Kentang sering digunakan sebagai bahan makanan pokok di berbagai belahan dunia. Bahkan, kentang menempati urutan keempat sebagai tanaman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, setelah nasi, gandum dan jagung.

Hal ini karena kentang lebih mudah untuk tumbuh dan diolah. Tak hanya itu, kentang merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan B6, mangan, fosfor, niacin dan asam pantotenat.

10 Manfaat Tak Terduga Kentang Selain untuk Dimakan
Anda juga bisa menikmati kentang dengan cara ditumbuk, dikukus, digoreng, dipanggang, tumis dan sebagai bagian dari salad atau sup.

Namun tahukah Anda, kentang ternyata memiliki banyak kegunaan selain sebagai bahan makanan. Mungkin Anda belum tahu, bila tepung kentang sering digunakan oleh perusahaan tekstil, kayu, kertas, farmasi dan pengeboran minyak sebagai pengikat, perekat, agen tekstur, dan filler.

Terlepas dari itu, kentang memiliki kegunaan yang menarik dan praktis di rumah Anda yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut adalah 10 manfaat mengejutkan tapi praktis dari kentang.

10 Kegunaan Kentang Selain Sebagai Makanan

  • Mengurangi mata bengkak

Anda pasti benci melihat mata bengkak setelah bangun di pagi hari. Bengkak yang bisa disebabkan oleh menangis, begadang, reaksi terhadap riasan mata, kelebihan tidur atau menonton televisi selama berjam-jam.

Apapun penyebab mata bengkak yang Anda alami, kentang dapat mengatasinya. Pati dalam kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kantong di bawah mata.

Caranya, kupas kentang dan dipotong menjadi beberapa irisan. Dinginkan irisan kentang dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kentang pada mata selama 10 menit.

Simak juga: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda yang Membandel

  • Mengurangi bintik hitam di wajah 

Kentang sangat efektif untuk perawatan kulit. Ada beberapa nutrisi dan vitamin dalam kentang yang membantu menjaga pori-pori kulit bersih dari kotoran, debu dan polutan lainnya. Plus, pati dan zat properti dalam kentang membantu mengurangi bintik-bintik gelap pada wajah Anda.

Iris kentang mentah, gosokkan ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas wajah dengan lembut, lalu tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk. Lakukan ini sekali dalam sehari untuk menyingkirkan bintik-bintik gelap pada wajah Anda.

  • Menghilangkan karat

Kentang adalah agen yang sangat efektif untuk menghilangkan karat ringan dari peralatan tua, alat berkebun dan barang-barang logam lainnya.

Potong kentang besar menjadi potongan-potongan tebal. Taburkan garam pada kentang tersebut, lalu gosokkan potongan-potongan di daerah berkarat. Bilas dengan air dan keringkan secara menyeluruh sesudahnya.

  • Menyerap kelebihan garam dari makanan

Saat memasak sup atau rebusan, Anda mungkin membuat kesalahan dengan menambahkan terlalu banyak garam. Kelebihan garam dapat merusak rasa.

Anda dapat menggunakan beberapa kentang mentah untuk menyerap kelebihan garam dari makanan Anda yang terlalu asin tersebut.

Caranya, kupas dan potong beberapa butir kentang. Masukkan kentang mentah ke dalam sup. Biarkan panci mendidih selama sekitar 10 menit. Ambil kentang dan makanan akan terasa pas dan tidak terlalu asin.

  • Untuk kompres panas atau dingin

Kentang memiliki kemampuan untuk mempertahankan panas dan dingin dengan baik untuk waktu yang lama. Itu sebabnya, kentang sering dipakai untuk kompres dingin maupun panas.

Untuk membuat kompres panas, kukus atau rebus kentang dan bungkus dengan kain bersih. Gunakan sebagai kompres panas pada otot-otot yang sakit atau daerah menyakitkan lainnya.

Untuk kompres dingin, dinginkan kentang rebus selama minimal 1 jam. Bungkus kentang dingin di kain bersih atau kaus kaki dan gunakan sesuai kebutuhan.

  • Menghapus noda makanan dari tangan

Kentang juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda makanan yang lengket di tangan usai memotong wortel atau kunyit. Caranya, iris kentang lalu gosok tangan Anda dengan kentang selama beberapa menit. Lalu bilas tangan Anda dengan air.

  • Membersihkan sepatu kulit 

Kentang mentah juga membuat sepatu kulit terlihat mengkilap kembali. Caranya, potong kentang mentah menjadi dua bagian. Gunakan untuk menggosok sepatu kulit lama Anda. Setelah itu lap dengan kain atau handuk.

  • Media untuk menanam bunga mawar

Kentang ternyata juga dapat dipakai sebagai media tanam bunga mawar dan memberikan nutrisi yang diperlukan. Anda dapat menggunakan kentang yang memiliki kadar air yang tinggi.

Lubangi kentang menggunakan obeng bersih. Lubang harus disesuaikan dengan batang bunga mawar. Masukkan secara perlahan potongan batang mawar ke dalam lubang. Tanam kentang sekitar 4 inci ke dalam tanah.

  • Menghapus noda di peralatan berbahan perak

Tidak perlu membeli produk mahal berupa silver polishing untuk menjaga perak Anda tetap mengkilap. Ternyata kentang biasa bisa bekerja sebagai semir perak yang efektif. Kandungan pati dalam kentang membantu dalam menghilangkan noda pada logam perak.

Potong kentang lalu rebus dalam panci sampai mendidih. Ambil kentang lalu gunakan air rebusan tersebut merendam perak selama sekitar 1 jam. Setelah itu, gosok perak secara perlahan sampai noda hilang sempurna. Bilas dengan air dan bersihkan dengan handuk.

  • Digunakan untuk mainan anak

Kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai media bermain anak. Anda bisa membentuk hiasan apapun dengan bahan dasar kentang.

Potong kentang sesuai kebutuhan. Ukir kentang mengikuti desain tertentu menggunakan pisau. Celupkan bagian yang sudah diukir ke dalam cat kain atau cairan warna. Stempelkan pada kertas atau kanvas.

Baca juga: 10 Manfaat Kentang bagi Kesehatan

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *