10 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan & Kesehatan

by

Manfaat Vitamin E | Vitamin E adalah antioksidan kuat yang mampu larut dalam lemak dan menunjang kinerja organ-organ dalam tubuh. Vitamin E juga dipercaya berkhasiat untuk meremajakan kulit. Itu sebabnya, banyak produk kecantikan memasukkan vitamin E ke dalam salah satu bahan penyusunnya.

10 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan & Kesehatan
Vitamin E meliputi kelompok delapan senyawa yang mencakup tokoferol dan tokotrienol. Vitamin E juga bekerja sebagai penguat kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah yang baik, mengatur gula darah, membuat jantung Anda sehat, mencegah kerusakan otak yang menginduksi stroke, serta melindungi terhadap kanker tertentu.

Beberapa sumber makanan yang baik yang mengandung vitamin E diantaranya minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, bayam, biji bunga matahari, biji gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda dapat dengan mudah membeli minyak atau vitamin E kapsul seperti vitamin E murni untuk digunakan atau dikonsumsi sehari-hari. Berikut adalah 10 manfaat vitamin E kesehatan tubuh Anda.

10 Khasiat Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan folikel rambut dan mencegah korosi jaringan, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut sehat.

  • Membantu menghilangkan bekas luka 

Manfaat lain dari vitamin E adalah dapat membantu memudarkan bekas luka. Karena kaya akan antioksidan, vitamin E membantu mempercepat penyembuhan kulit yang rusak dan mencegah bekas luka menjadi permanen. Selain itu, properti pelembabnya membuat kulit terhidrasi dan membantu memperbaiki kerusakan jaringan.

  • Mencegah kulit keriput

Anda dapat menggunakan vitamin E untuk melawan keriput, bintik-bintik hitam pada wajah dan tanda-tanda penuaan. Vitamin E memiliki kekuatan untuk memperbaiki kerusakan yang dilakukan oleh radiasi matahari yang berbahaya dan radikal bebas di lingkungan Anda.

Bahkan vitamin E membantu meningkatkan produksi kolagen yang menambah elastisitas kulit Anda serta mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput.

  • Mengatasi hiperpigmentasi kulit 

Anda juga dapat menggunakan vitamin E untuk mengobati hiperpigmentasi pada kulit yang menyebabkan warna tidak merata dan bercak gelap di hampir semua bagian tubuh. Memiliki kandungan antioksidan, vitamin E dapat membalikkan kerusakan yang dilakukan oleh ultraviolet (UV) sinar matahari.

  • Melembutkan tangan yang kering dan kasar 

Vitamin E adalah pelembab yang bagus untuk tangan kering dan kasar. Ini membantu menjaga kulit Anda lembut, kenyal dan lembab. Selain itu, vitamin E mencegah kulit di tangan Anda dari kendur, yang membuat tangan Anda terlihat tua.

  • Menghilangkan stretch marks

Apakah Anda memiliki stretch mark pada tubuh Anda karena operasi caesar atau karena penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba? Anda dapat mencoba vitamin E untuk menghapus tanda yang tak sedap dipandang tersebut.

Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E ni mempromosikan elastisitas kulit dan membantu menghilangkan stretch mark.

  • Mengatasi bibir pecah-pecah

Untuk mengobati bibir pecah-pecah dan kering, vitamin E sangat efektif. Minyak vitamin E bekerja sebagai pelembab bibir dan membuat mereka halus, lembut dan kenyal. Bahkan membantu mengobati bibir gelap dan menambahkan cahaya alami di bibir Anda.

  • Memperkuat kuku

Untuk memiliki kuku yang kuat dan panjang, cobalah vitamin E. Kandungan pelembabnya membantu menjaga kuku Anda terhidrasi dan sehat. Selain itu, solusi efektif untuk kuku retak dan membelah serta kutikula kering.

  • Mengatasi dermatitis

Anda dapat menggunakan vitamin E untuk mengobati dermatitis, yang merupakan peradangan kulit. Vitamin E dapat memberikan bantuan dari gejala dermatitis, seperti peradangan, pembengkakan, gatal-gatal, sensasi terbakar dan kemerahan. Antioksidannya membantu mempromosikan penyembuhan secara cepat kulit yang rusak.

  • Mengatasi rambut bercabang

Jika rambut Anda memiliki bercabang karena penggunaan yang berlebihan dari warna rambut, blow dry, keriting dan meluruskan rambut, cobalah vitamin E untuk mengatasi masalah tersebut.

Vitamin E dapat mengatasi kerusakan pada rambut Anda. Vitamin ini bekerja sebagai kondisioner yang sangat baik untuk memberikan kilau pada rambut Anda, menyuburkan rambut dan mengobati rambut bercabang.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi vitamin E melebihi dosis 400 UI, terutama Anda yang menderita penyakit diabetes atau penyakit jantung. Dosis vitamin E yang berlebihan justru akan memicu masalah kesehatan serius.
Konsumsi vitamin E bersamaan dengan vitamin lainnya juga tidak disarankan. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperoleh manfaat dari vitamin E dari makanan langsung, bukan dari suplemen dalam bentuk kapsul untuk menghindari overdosis.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *