12 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan

by

Kunyit atau kunir dikenal sebagai bumbu dapur yang sering ditambahkan dalam berbagai menu makanan. Kunyit juga kerap diolah menjadi salah satu jenis jamu tradisional untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit.

12 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan
Karena kandungan antiseptic alami, kunyit bahkan dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit, mulai dari mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, sampai mencegah kulit mengalami penuaan dini. Semua masalah kulit bisa diatasi dengan cara yang sederhana, yaitu menggunakan masker kunyit.

Keuntungan lain dari kunyit adalah tanaman ini bisa dicampur dengan bahan lainnya. Anda bisa mengkombinasikan dengan resep kecantikan lain sesuai dengan kondisi kulit Anda. Nah, berikut jenis dan manfaat masker kunyit untuk perawatan kulit dan kecantikan.

Khasiat Masker Kunir untuk Kecantikan

  • Untuk mengatasi jerawat

Campur parutan kunyit dengan susu. Lalu terapkan ke seluruh wajah Anda. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mencegah dan mengontrol jerawat.

  • Untuk mencerahkan kulit

Campur kunyit dengan yoghurt untuk dibuat masker. Asam laktat dalam yogurt bermanfaat dalam meningkatkan kecerahan kulit.

  • Untuk mencegah rambut di wajah

Buat adonan masker dari pepaya yang sudah matang dan parutan kunyit. Pepaya memiliki enzim alami yang akan membantu dalam memecah folikel rambut, sehingga secara bertahap mencegah pertumbuhan rambut di wajah.

  • Untuk menghilangkan flek hitam

Campur kunyit dengan madu. Gunakan untuk mengobati bintik-bintik gelap pada wajah. Oleskan ramuan ini menggunakan kapas.

  •  Untuk mengurangi pigmentasi

Kulit belang memang bikin tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, buatlah masker wajah menggunakan kunyit, susu dan madu. Kombinasi ketiga bahan tersebut terbukti mampu mengatasi kulit belang karena sinar matahari.

  • Untuk kulit berkilau

Campur kunir dengan minyak bunga mawar. Gunakan sebagai masker wajah untuk mencerahkan serta meremajakan kulit.

  • Untuk mengencangkan kulit

Campuran kunyit dan susu dapat digunakan untuk mengencangkan kulit secara alami. Lakukan perawatan masker ini setiap minggu untuk menjaga kulit Anda tetap kencang.

  • Untuk mengatasi bintik-bintik merah pada wajah 

Wajah kemerahan terjadi karena berbagai penyebab, salah satunya kulit sensitif. Gunakan masker kunyit karena sifat anti-inflamasi di dalamnya sangat ampuh mengatasi masalah sensitivitas pada kulit.

  • Untuk mencegah kulit berminyak

Kunyit berkhasiat menyerap minyak yang berlebihan dari wajah Anda dan menjaga keseimbangannya. Campur tumbukan daun nimba dan bubuk kunyit untuk membuat masker wajah Anda sendiri.

  • Untuk mengobati ruam

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengobati ruam pada kulit. Caranya, buat adonan kunir dan yoghurt. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa untuk hasil yang lebih baik.

  • Untuk menghaluskan kulit

Campur kunyit, susu, dan bubuk kayu cendana. Sifat anti-inflamasi di dalamnya sangat ampuh menghaluskan serta mencerahkan kulit wajah Anda.

  • Untuk mengatasi kulit terbakar

Gunakan kunyit yang dicampur air perasan lemon untuk mengatasi kulit terbakar karena sinar matahari.

Nah, itulah berbagai jenis masker kunyit untuk perawatan kulit. Anda dapat mendapatkan bubuk kunyit dengan membeli di apotek atau toko online agar lebih praktis. Selamat mencoba!

Baca juga:

(bs/tn)

Informasi Kesehatan:

  • kelebihan masker kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *