7 Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

by

Keputihan Saat Hamil | Kehamilan adalah salah satu tahapan hidup seorang wanita. Kondisi ini ditandai dengan adanya pertumbuhan janin dalam rahim. Selain itu, ibu hamil juga akan mengalami perubahan hormonal, perubahan suasana hati dan perubahan fisik, semua terjadi pada saat yang sama. Memang agak sulit untuk mengikuti semua perubahan namun kebanyakan wanita akan mampu melaluinya dengan baik.

7 Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Salah satu perubahan saat hamil yaitu peningkatan cairan miss V atau yang biasa dikenal dengan keputihan. Namun banyak kaum wanita yang cenderung risih ketika mengalami keputihan selama kehamilan. Mereka kemudian mencoba mengatasinya dengan obat keputihan yang banyak dijual di pasaran.

Padahal sebenarnya, keputihan pada kehamilan adalah hal yang normal karena ini berkaitan dengan peningkatan kadar estrogen dan peningkatan aliran darah ke daerah miss V. Seiring bertambahnya usia kehamilan, cairan keputihan akan semakin deras dan Anda tak perlu mencemaskannya.

Baca juga: Ciri-Ciri Keputihan Normal yang Wajib Wanita Ketahui

Normalkah keputihan saat hamil?

Keputihan saat hamil merupakan kondisi normal. Meski begitu, tidak semua keputihan tersebut aman. Anda harus segera menghubungi dokter kandungan atau bidan dalam kondisi debit keputihan berwarna putih keruh, abu-abu atau debit air berbusa hijau atau kuning. 

Simak juga: Faktor Penyebab dan Bahaya Keputihan Berwarna Hijau

Keputihan yang tak normal selama kehamilan juga ditandai dengan gatal-gatal, nyeri saat berhubungan intim, dan keluarnya darah selama kehamilan. Kondisi tersebut merupakan gejala infeksi dan butuh penanganan lebih lanjut.

Bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil?

Jika keputihan tersebut bukan disebabkan oleh infeksi, Anda tak perlu risau. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan area kewanitaan. Jika perlu pakai pembalut dan hindari penggunaan tampon.

Selain itu, ada beberapa cara maupun pengobatan alami untuk mengatasi keputihan yang bisa Anda coba. Namun Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat rumah tersebut aman dan dapat mengobati keputihan Anda dengan baik. 

Berikut ini adalah tips dan kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi keputihan saat kehamilan.

10 Tips Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

  • Menjaga kebersihan

Ini adalah tips yang sangat dasar yang harus diikuti oleh semua wanita. Selama kehamilan, kebersihan di daerah miss V Anda menjadi semakin wajib untuk diperhatikan untuk mencegah segala jenis infeksi.

Bersihkan organ kewanitaan Anda menggunakan handuk lembut dan gunakan handuk segar setiap waktu. Mencuci dan mengelap harus dari depan ke belakang untuk menghindari infeksi. Hindari menggunakan tisu toilet atau sabun kewanitaan, atau sabun deodoran.

  • Hindari makanan yang digoreng dan pedas

Berbicara tentang obat untuk keputihan selama kehamilan, Anda wajib untuk juga harus menjaga pola makan. Hindari mengonsumsi makanan yang digoreng. Gorengan bisa menjadi berat pada perut, menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan menyebabkan sakit perut. 

Sedangkan makanan pedas dapat menyebabkan iritasi, gangguan pencernaan dan mengganggu perkembangan bayi.

  • Makan makanan yang segar 

Pentingnya makanan segar dan sehat selalu ditekankan pada dan selama masa kehamilan. Untuk menjaga usus dan sistem pencernaan tetap sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan segar dan sayuran.

Anda juga disarankan memasak sendiri di rumah karena untuk gizi dan kebersihannya terjamin, bukan makanan kaleng atau olahan. Selain itu, makan salad juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

  • Kenakan celana dalam berbahan katun

Kehamilan bukan waktu untuk memakai pakaian yang bergaya dan mewah. Anda harus mengenakan pakaian yang nyaman. Anda perlu memakai pakaian katun yang lembut. Hindari celana dalam berbahan nilon karena dapat membuat miss V Anda ‘gerah’ sehingga justru akan memperparah kondisi keputihan.

  • Kenakan pakaian longgar dan nyaman

Pakaian terlalu ketat juga menyebabkan infeksi miss V. Dan selama kehamilan, Anda tidak dianjurkan untuk memakai pakaian ketat. Kenakan pakaian yang nyaman serta longgar yang akan membantu Anda tetap santai.

  • Minum cukup air

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh penting selama kehamilan. Air membuat sistem tubuh Anda bekerja dengan baik. Hal ini pada gilirannya akan mencegah infeksi pada miss V.

  • Mengonsumsi yogurt

Yogurt adalah makanan yang membantu mengendalikan infeksi internal. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yang membantu mempertahankan saluran pencernaan yang baik dan mencegah infeksi. Untuk mengatasi keputihan selama kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi yogurt.

Nah, itu tadi beberapa tips mengatasi keputihan saat hamil. Kondisi ini sangatlah lazim terjadi dan Anda tak perlu mengkhawatirkannya. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan serta mengonsumsi makanan sehat.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *