7 Cara Alami Mengobati Telinga Gatal

by

Rasa gatal di telinga dapat terjadi ketika saluran telinga tersumbat. Sumbatan tersebut dapat terjadi karena penumpukan dari kotoran telinga, infeksi, alergi, dan lain sebagainya, yang dapat menyebabkan rongga telinga tertutup.

7 Cara Alami Mengobati Telinga Gatal
Kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk menyingkirkan rasa gatal. Namun menurut para ahli, penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga sangat berbahaya. Cotton bud menyebabkan kekeringan di rongga telinga serta kerusakan pada gendang telinga.

Baca juga: 12 Cara Ampuh Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Alami

Selain itu, penggunaan cotton bud secara terus menerus juga dapat memperparah rasa gatal. Menggunakan segala jenis benda asing untuk menggaruk telinga Anda memang berguna untuk menghilangkan gatal, tetapi kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rongga telinga Anda.

Pada kasus yang lebih parah, gatal pada telinga bisa menjadi indikasi dari infeksi yang serius. Tapi, dalam kasus-kasus ringan, rongga telinga mengalami gatal karena adanya akumulasi kotoran yang terdorong semakin ke dalam.

Jika dibiarkan, rasa gatal tersebut bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu. Dalam kondisi tersebut, Anda dapat mencoba pengobatan rumah tradisional yang dikenal efektif dan mampu mengurangi gatal pada telinga.

Berikut adalah daftar bahan-bahan di rumah yang bisa menjadi solusi ampuh dan juga dapat memberikan bantuan mengatasi gatal di telinga Anda tanpa menyebabkan efek samping.

Cara Mengatasi Telinga Terasa Gatal

  • Minyak zaitun hangat

Pengobatan alami ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah telinga yang sering muncul, seperti gatal. Pastikan untuk menghangatkan minyak zaitun tapi jangan terlalu panas. Teteskan di telinga untuk meredakan rasa gatal atau rasa ketidaknyamanan.

  • Campuran air dan alkohol 

Obat yang manjur lainnya untuk mengatasi saluran telinga yang gatal adalah kombinasi air dan alkohol. Teteskan menggunakan jarum suntik ke dalam telinga untuk meredakan gatal dan membersihkan saluran telinga.

  • Kompres air hangat 

Untuk mengobati rongga telinga yang gatal, Anda juga dapat mencoba obat alami yang sederhana namun mujarab ini. Selain aman dan ampuh, obat ini dapat secara efektif menghilangkan penumpukan kotoran telinga dan juga membuang kotoran telinga ke luar.

  • Cuka putih 

Larutan cuka putih juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan telinga gatal. Selain itu, cuka putih juga dapat mencegah rasa gatal muncul kembali. Gunakan spuit dari jarum suntik untuk meneteskan campuran ini di telinga Anda.

  • Lidah buaya

Efek gel dari aloe vera atau lidah buaya ini bersifat menenangkan. Gel lidah buaya menjadi obat yang ideal dan efektif untuk penyakit telinga. Teteskan air lidah buaya ke telinga Anda untuk mengurangi rasa gatal dan rasa ketidaknyamanan di telinga Anda.

  • Hidrogen peroksida 

Alasan mengapa hidrogen peroksida kerap digunakan untuk menyingkirkan gatal di telinga adalah karena bahan ini mampu melelehkan kotoran telinga dan mendorongnya keluar. Caranya, campurkan hidrogen peroksida dengan air dan tuangkan beberapa tetes di rongga telinga untuk menyingkirkan kotoran-kotoran di di dalam telinga.

  • Air

Meski terdengar sepele, air juga bisa Anda gunakan untuk mengobati telinga gatal. Kendati demikian, cara ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan juga menggunakan hanya sedikit air untuk membersihkan kotoran telinga tersebut.

Nah, itu tadi beberapa cara alami mengobati telinga gatal. Jika Anda sudah menggunakan obat-obat rumah tersebut dan tetap merasakan ketidaknyamanan atau masih tetap gatal di telinga, sangat disarankan Anda untuk berkonsultasi dengan spesialis THT, agar dapat didiagnosa penyakit apa yang menyerang telinga Anda.

Informasi Kesehatan:

  • obat alami telinga gatal
  • cara alami menghilangkan gatal di telinga
  • mengobati telinga gatal secara alami
  • obat telinga gatal tradisional
  • obat herbal kuping gatal
  • mengatasi telinga gatal secara alami
  • cara menghilangkan gatal pada telinga secara alami
  • cara mengatasi kuping yg gatal
  • tips telinga gatal
  • cara alamiengobati telinga gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *