7 Manfaat Tak Terduga Buah Tarap Bagi Kesehatan

by

Khasiat Buah Tarap | Buah yang satu ini memang tak sepopuler saudaranya, yakni buah nangka. Namun manfaat dari buah tarap ternyata sangat menakjubkan. Buah tarap atau terap ini mempunyai nama latin Artocarpus odoratissimus yang artinya ‘berbau dan memiliki rasa manis’. Buah ini juga dikenal dengan sebutan buah marang.

Pohon tarap sendiri mampu tumbuh hingga 25 meter dan buahnya akan tumbuh dalam waktu 4 sampai 5 tahun budidaya. Tarap kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, retinol, beta-karoten, niacin, thiamin, riboflavin, dan vitamin A serta vitamin C.

7 Manfaat Tak Terduga Buah Tarap Bagi Kesehatan
Bila buah sudah matang dan dibuka, maka buah tersebut harus dikonsumsi sesegera mungkin karena buahnya dapat teroksidasi dengan cukup cepat dan nantinya rasanya akan menjadi tawar.

Buah ini juga dikemas dengan kandungan protein dan lemak yang tinggi. Tarap memiliki khasiat yang hampir sama dengan pisang, sehingga baik untuk dikonsumsi para atlet atau untuk program penurunan berat badan.

Buah tarap ini dapat dikupas dengan memotong bagian kulitnya. Kemudian secara perlahan-lahan ditarik untuk memisahkan bagian kuning dan putih. Bentuk daging buahnya mirip dengan buah nangka namun ukurannya lebih kecil. 

Khasiat Buah Tarap untuk Kesehatan
Bagian dari daging buah yang berwarna putih ini disebut Arils. Arils tepatnya adalah struktur bola kecil di dalam buah yang melindungi biji.

Buah tarap ini adalah buah asli Kalimantan dan bagian selatan Filipina. Karakteristik lainnya dari buah tarap ini adalah buah tidak jatuh ke tanah saat matang. Maka dari itu, buah ini dapat dipanen saat masih keras, dan dibiarkan matang hingga lembut. Berikut adalah manfaat buah tarap yang tak banyak diketahui.

Khasiat Buah Tarap untuk Kesehatan

  • Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi buah tarap ini dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mencegah beberapa jenis kanker. Dengan mengonsumsi tarap, Anda memiliki risiko yang lebih rendah terkena masalah mata dan pencernaan. Buah ini juga mempunyai khasiat yang baik terhadap gula darah serta membantu menjaga nafsu makan.

  • Memperlancar pencernaan

Buah tarap ini mengandung banyak serat sehingga mudah dicerna serta menyerap air dan mengembang saat melewati sistem pencernaan. Hal ini dapat menenangkan gejala dari iritasi usus dan memicu gerakan usus yang teratur, serta dapat mengurangi atau mencegah sembelit. Buah ini merupakan buah kaya serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

  • Kaya fitronutrien

Buah tarap merupakan sumber fitonutrien atau senyawa yang secara alamiah terjadi hanya pada tanaman dan berhubungan dengan berbagai manfaat kesehatan.

  • Kaya vitamin dan mineral

Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah tarap ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, serat kasar, retinol, beta-karoten, niacin, thiamin, riboflavin, hingga vitamin A dan C.

  • Sumber energi yang baik

Buah tarap menjadi sumber energi karena mengandung banyak karbohidrat yang akhirnya terurai menjadi glukosa. Buah ini juga dikemas dengan protein dan lemak sehat.

  • Cocok untuk diet dan pembentukan otot

Buah tarap dianggap sebagai buah untuk atlet. Namun, orang dengan penyakit diabetes sebaiknya menghindari mengonsumsi buah ini karena rasa yang manis dan kandungan glukosa yang tinggi.

  • Kadar kalium yang tinggi

Buah tarap dapat menurunkan tekanan darah seseorang dan mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan kalium yang tinggi.

Nah, itu tadi khasiat dan manfaat buah tarap. Anda mungkin pernah melihat atau bahkan mencicipi buah ini. Kini, Anda tak perlu meragukan khasiat buah ini karena mengandung nutrisi yang sangat tinggi.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • buah terap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *