8 Cara Alami Menurunkan Hipertensi Selama Kehamilan

by

Tekanan darah tinggi selama masa kehamilan sebenarnya lazim terjadi. Kondisi ini juga tidak selalu menjadi gejala atau indikasi penyakit berbahaya. Kendati demikian, hipertensi selama kehamilan tidak boleh diabaikan dan harus segera disembuhkan.

8 Cara Alami Menurunkan Hipertensi Selama Kehamilan
via livescience.com

Tekanan darah tinggi sendiri dalam medis dikenal sebagai hipertensi, yang berarti kekuatan darah yang mendorong dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya tekanan darah yang mencapai 140/90 mm Hg sudah dianggap tidak normal alias terlalu tinggi.

Jenis Hipertensi Pada Masa Kehamilan

Hipertensi sesungguhnya bisa menyerang siapa saja. Bahkan wanita hamil pun memiliki risiko yang sama. Selama kehamilan, wanita bisa menderita berbagai jenis tekanan darah tinggi, seperti:

  1. Hipertensi gestasional yang muncul setelah 20 minggu usia kehamilan
  2. Hipertensi kronis yang muncul sebelum kehamilan atau yang terjadi sebelum 20 minggu kehamilan
  3. Hipertensi kronis dengan preeklamsia yang terjadi pada wanita dengan tekanan darah tinggi kronis sebelum kehamilan. 

Preeklamsia merupakan jenis komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan sistem organ lain.

Apa penyebab hipertensi pada ibu hamil?

Ada beberapa kemungkinan penyebab tekanan darah tinggi selama kehamilan, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute. Tanda-tanda tersebut diantaranya kelebihan berat badan atau obesitas, aktivitas tinggi, merokok, minum alkohol, kehamilan pertama, serta kehamilan lebih dari satu anak.

Selain itu, darah tinggi juga bisa dialami wanita hamil yang berusia 40 tahun atau lebih tua, dan wanita yang memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal, preeklamsia atau hipertensi kronis.

Menggunakan teknologi bantu, seperti fertilisasi in vitro, selama proses pembuahan juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada wanita hamil, menurut American Society for Reproductive Medicine.

Tekanan darah tinggi selama kehamilan membuat jantung dan ginjal bekerja ekstra keras. Masalah ini nantinya akan meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke. Seiring dengan ini, komplikasi lain juga akan terjadi, termasuk pembatasan pertumbuhan janin, kelahiran prematur, solusio plasenta dan sesar.

Bila Anda menderita hipertensi selama kehamilan, penting untuk mengontrol tingkat tekanan darah Anda secara rutin selama kehamilan. Mengatur tekanan darah dapat membantu Anda melalui proses kehamilan dengan nyaman serta bayi pun tumbuh sehat.

Di samping itu, Anda harus sering melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui pertumbuhan bayi dalam kandungan. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi selama kehamilan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Saat Hamil

  • Membatasi asupan garam

Lazimnya, hipertensi akan sembuh dengan sendirinya hanya dengan mengurangi asupan garam. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa pengurangan asupan garam dapat menurunkan jumlah kematian akibat hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

  • Coba ambil napas dalam-dalam

Ambil napas dalam-dalam adalah teknik relaksasi yang membantu menurunkan tingkat stres dan menstabilkan tekanan darah Anda. Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Hypertension menemukan bahwa pernapasan dalam meningkatkan sensitivitas baroreflex arteri dan mengurangi tekanan darah.

  • Berjalan kaki

Wanita yang kurang gerak memiliki risiko yang lebih tinggi hipertensi selama kehamilan dibanding mereka yang rajin beraktivitas atau berolahraga. Berjalan kaki adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik bagi wanita hamil. Cobalah untuk jalan pagi tanpa menggunakan alas kaki.

  • Meningkatkan asupan kalium 

Kalium adalah mineral penting selama kehamilan. Mineral ini membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit Anda. Hal ini nantinya juga membantu dalam transmisi impuls saraf, kontraksi otot dan pelepasan energi dari karbohidrat, lemak dan protein.

Jumlah yang cukup kalium juga membantu menjaga tekanan darah Anda tetap normal selama kehamilan. Nutrisi kaliun bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang.

  • Makan makanan yang kaya magesium

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam Hypertension melaporkan bahwa kekurangan magnesium terkait erat dengan tingginya tekanan darah.

Studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2011 menemukan bahwa pasien dengan hipertensi gestasional memiliki kadar magnesium yang secara signifikan rendah. Sumber makanan yang kaya magnesium diantaranya kacang-kacangan, keledai, alpukat, dan pisang.

  • Rileksasi dengan yoga

Prenatal yoga adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah stres selama kehamilan. Stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, terlepas dari apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Pada saat yang sama, stres selama kehamilan telah dikaitkan dengan kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah, dan peningkatan masalah perkembangan dan perilaku pada anak.

  • Mengontrol berat badan

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology melaporkan bahwa kenaikan berat badan selama kehamilan merupakan faktor risiko untuk gangguan hipertensi selama kehamilan.

Bahkan, kenaikan berat badan pada awal kehamilan mungkin menjadi penyebab masalah kesehatan, salah satunya darah tinggi. Jika Anda mengalami hipertensi, mungkin penyebabnya karena adanya kenaikan berat badan Anda.

  • Mendengarkan musik

Mendengarkan jenis musik yang tepat setidaknya 2 atau 3 kali sehari selama 30 menit, dapat menurunkan tekanan darah. Keuntungan lainnya, musik dapat membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan selama kehamilan.

Nah, itu tadi beberapa tips kesehatan mengobati hipertensi pada ibu hamil. Kondisi ini biasanya dialami sekitar 5 sampai 8 persen ibu hamil. Namun jika darah tinggi Anda tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter kandungan atau bidan.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • hipertensi karena kehamilan bisakah sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *