8 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Ginjal

by

Kerusakan pada ginjal memang seringkali sulit dideteksi. Pasalnya, kondisi ini terjadi diakibatkan kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari dan secara terus menerus. Selain itu, kita tidak menyadari tanda-tanda kecil yang mengindikasikan terjadi masalah pada ginjal.

8 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Ginjal
Namun saat penyakit ginjal datang, hanya penyesalan yang dirasakan. Apalagi, pilihan pengobatannya pun jadi terbatas jika Anda mengalami gagal ginjal. Nah, jika Anda ingin mencegah kerusakan pada organ ginjal, sebaiknya Anda hindari kebiasan-kebiasaan berikut ini.

8 Kebiasaan yang Membahayakan Ginjal


  • Terlalu banyak asupan protein

Mengonsumsi protein melebihi kebutuhan tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Dalam kasusu tertentu, kebiasaan ini juga dapat memicu batu ginjal.

  • Terlalu banyak minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi juga berbahaya bagi ginjal jika melampaui batas wajar. Kafein bersifat diuretic dan dapat menyebabkan dehidrasi.

  • Merokok dan mengonsumsi alkohol

Baik merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang dapat membahayakan fungsi ginjal Anda. Ginjal dalam tubuh harus bekerja keras untuk membuang racun dari tubuh akibat kebiasaan merokok atau minum alkohol.

  • Kurang minum air putih

Kurang mengonsumsi air putih juga memberatkan kerja ginjal Anda. Selain itu, kurang cairan dalam tubuh juga menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Kekurangan vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 juga berisiko terhadap kesehatan ginjal Anda. Penuhi kebutuhan vitamin B6 Anda dengan mengonsumsi buah-buahan, kentang serta ikan.

  • Terlalu banyak makan asin

Asupan garam secara berlebihan juga berbahaya bagi ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi makan keripik asin, kentang goreng atau makanan yang mengandung banyak garam.

  • Sering begadang

Waktu malam hari dibutuhkan ginjal untuk beristirahat dan memulihkan diri. Saat Anda begadang atau tidur larut malam, ginjal dipaksa untuk tetap bekerja.

  • Suka menunda-nunda buang air kecil

Jangan pernah menunda-nunda untuk buang air kecil. Membuang urine tepat waktu sangat disarankan demi kesehatan ginjal Anda.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan buruk yang memicu penyakit ginjal di kemudian hari. Hindari kebiasaan di atas agar ginjal Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Baca juga:

(bs/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *