9 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan

by

Manfaat Kulit Semangka | Semangka dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Selain ampuh untuk melawan dehidrasi, semangka juga mengandung banyak mineral, vitamin, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, semangka juga berkhasiat untuk membuang racun dari dalam tubuh.

9 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan
Namun sayangnya, tak banyak yang sadar jika manfaat buah semangka ternyata juga ada dalam kulitnya. Kulit buah dengan nama Latin Citrullus lanatus itu juga tak kalah bagusnya jika dikonsumsi. Asalkan diolah dengan cara benar, niscaya Anda akan memperoleh khasiat dari kulit buah semangka.

Caranya, jemur terlebih dahulu kulit semangka sampai benar-benar kering. Kemudian ambil kulit semangka yang sudah kering lalu rebus sampai mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan kulit semangka tersebut secara rutin setiap hari sampai masalah kesehatan yang Anda alami benar-benar sembuh.

Cara kedua, potong kecil-kecil kulit semangka. Lalu buat jus menggunakan blender. Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah lainnya agar rasanya lebih nikmat. Nah, berikut beberapa manfaat kulit buah semangka untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat Kulit Buah Semangka

  • Kaya akan nutrisi penting

Banyak studi yang telah membuktikan bahwa kulit semangka memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti zat besi, potassium, magnesium, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin C. Kulit semangka juga mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

  • Meningkatkan kekuatan otot

Kulit semangka dipercaya mampu meningkatkan performa otot dalam tubuh. Nah, jika Anda hendak berolahraga, cobalah meminum air rebusan kulit semangka. Dijamin tubuh Anda terasa bugar dan bersemangat dalam berolahrga.

  • Mencegah berbagai jenis kanker

Kandungan lycopene dalam kulit semangka diyakini ampuh untuk mencegah bermacam-macam kanker, seperti kanker serviks, kanker kerongkongan, kanker usus, serta kanker pankreas.

  • Melancarkan pencernaan

Kulit semangka juga mengandung serat tinggi yang bagus untuk pencernaan. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mengonsumsinya dalam keadaan masih basah atau diolah menjadi salad.

  • Menormalkan tekanan darah

Jika Anda mengalami penyakit darah tinggi, sangat disarankan untuk mengonsumsi semangka atau air rebusan kulitnya. Resep ini sudah terbukti sejak zaman nenek moyang karena murah serta tanpa menimbulkan efek samping.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kulit buah semangka juga bisa Anda gunakan untuk mencegah penyakit infeksi saluran kencing. Buah ini juga bagus untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

  • Meningkatkan libido

Manfaat lain dari kulit buah semangka yaitu meningkatkan libido Anda. Kandungan citrulline dalam semangka konon merupakan komposisi penting dalam pembuatan obat penambah stamina.

  • Mengatasi penyakit diabetes

Kulit semangak juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit kencing manis atau diabetes. Caranya keringkan kulit semangka lalu rebus sampai mendidih. Minum air rebusan kulit semangka tersebut secara teratur.

  • Mencegah penyakit jantung

Kandungan kalium dalam kulit semangka sangat baik untuk kesehatan jantung. Kalium berperan melancarkan darah dalam tubuh yang pada gilirannya membantu kinerja jantung agar bekerja dengan normal.

Nah, itu tadi berbagai macam manfaat dan khasiat kulit semangka untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang Anda tak perlu meragukan kulit buah dengan kandungan air tinggi ini. Selain kaya akan nutrisi, kulit buah semangka juga dapat menjadi obat dari berbagai jenis penyakit.

Baca juga:

(mw/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *