Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

by

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling digemari di dunia. Sembilan dari sepuluh orang terbiasa minum kopi di pagi hari sebagai penambah semangat dalam menjalani aktivitas. Minuman ini juga sering dijadikan ‘obat’ dikala mengantuk saat bekerja.

Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong
Meski kopi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi minuman ini harus dilakukan di waktu yang tepat. Selain itu, frekuensi minum kopi pun tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika minuman ini dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.
Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Minum Kopi Secara Rutin

Apa bahaya minum kopi saat lambung kosong?

Nah, jika Anda gemar minum kopi, sebaiknya hindari untuk meminumnya saat lambung kosong. Berikut bahaya dan risiko kesehatannya:

  • Asam lambung

Lambung Anda mengandung asam klorida yang membantu tubuh Anda mencerna makanan secara efisien. Ketika lambung Anda kosong, asam ini tidak banyak bekerja. Namun justru akan teraduk-aduk dan menyebabkan sakit perut.

Apalagi jika ditambahkan kopi yang bersifat asam, maka kondisi ini akan semakin parah. Kadar asam lambung yang terlalu banyak akan menyebabkan kerusakan lambung dan saluran pencernaan, serta penyebab sakit perut seperti maag, iritasi usus dan tukak lambung.

  • Perasaan gelisah

Ketika Anda bekerja dengan perut kosong, kemampuan otak dalam memproses serotonin akan menurun. Serotonin adalah hormon yang menciptakan rasa senang dan tenang. Saat otak Anda tidak dapat memproses hormon ini dengan benar, hal itu menyebabkan kecemasan dan depresi.

Mengonsumsi secangkir kopi saat perut kosong menyebabkan rasa cemas yang semakin parah dengan meningkatkan hormon kortisol dan adrenalin. Pada gilirannya, Anda akan merasa gelisah, gugup dan lemah.

  • Dehidrasi

Minum kopi dalam keadaan perut kosong meningkatkan kecepatan cairan tubuh untuk dicerna dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jika Anda minum kopi di pagi hari tanpa sarapan dahulu, Anda mungkin akan mengalami dehidrasi yang memicu hilangnya konsentrasi dan rasa letih.

Lebih lanjut: 10 Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Bagi Kesehatan

  • Kehilangan selera makan

Salah satu manfaat rutin meminum kopi adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Sebab, kopi memang memiliki efek dalam menekan nafsu makan. Kendati demikian, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya saat lambung kosong.

Jika Anda ingin memanfaatkan kopi untuk diet, minum di siang hari setelah. Bagaimana pun juga, Anda tidak boleh melewatkan sarapan. Jika tidak, tubuh Anda justru akan mengalami kenaikan berat badan.

Lalu kapan waktu yang tepat mengonsumsi kopi?

Menurut studi dan penelitian, waktu yang ideal meminum kopi yaitu setelah sarapan, antara pukul 10 pagi atau siang hari.

(mw/tn)

Informasi Kesehatan:

  • mengecilkan perut dalam 3 hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *