Manfaat Air Perasan Kunyit dan Jahe bagi Kesehatan

by

Kunyit dan jahe adalah dua tanaman herbal yang memiliki berbagai macam kegunaan. Selain untuk jamu, kunyit dan jahe sering dijadikan bumbu yang melezatkan makanan.

Biasanya, tindakan pertama yang kita lakukan untuk mengobati atau mencegah penyakit adalah pergi ke dokter. Selanjutnya, dokter akan menjelaskan diagnosa penyakit serta resep obat-obatan.

Manfaat Air Perasan Kunyit dan Jahe bagi Kesehatan
Padahal sebenarnya, ada minuman kesehatan alami yang dapat membantu Anda mencegah dan mengobati penyakit tanpa harus mengonsumsi obat-obatan dari dokter tersebut. Minuman tersebut bisa Anda racik sendiri dan bisa didapatkan dari kebun atau dapur Anda.

Di zaman kuno, sebelum penemuan obat-obatan modern, nenek moyang kita hanya bergantung pada bahan-bahan alami untuk mencegah dan mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Faktanya, obat dari bahan-bahan alami sangat mujarab dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, dengan mengonsumsi obat-obatan herbal, Anda bisa terhindar dari efek samping kesehatan yang berbahaya. Sebab, obat herbal tidak memiliki efek samping. Tidak seperti obat berbasis kimia modern.

Obat apakah itu?

Obat mujarab itu adalah air perasan kunyit dan jahe. Seperti kita ketahui, baik jahe maupun kunyit, adalah bahan dapur yang sangat umum dan mudah ditemui. Anda dapat menanamnya sendiri atau membelinya di pasar dengan harga yang sangat murah.

Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa kombinasi dari kedua bahan ini ternyata memiliki kandungan dan sifat obat yang sangat mujarab?

Cara membuatnya pun cukup mudah. Parut atau blender kunyit secukupnya. Kemudian ambil air perasannya. Langkah berikutnya, potong jahe menjadi beberapa bagian. Rebus air perasan kunyit dan jahe sampai mendidih.

Sisakan air rebusan kunyit dan jahe tersebut hingga satu gelas saja. Minum minuman alami ini rutin setiap pagi sebelum sarapan.

Lalu apa manfaat kesehatan air perasan kunyit dan jahe?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minuman herbal kunyit dan jahe yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Membuang racun dari tubuh

Minuman alami ini memiliki khasiat untuk membuang racun dari darah dan tentunya akan menjaga tubuh Anda tetap segar, bugar dan sehat.

  • Mengatasi migrain

Sebagai minuman kesehatan, ramuan kunyit dan jahe herbal ini rupanya memiliki sifat anti-inflamasi. Minuman ini juga berkhasiat untuk mengobati sakit kepala migrain secara alami.

  • Mengurangi mual 

Kombinasi dari jahe dan kunyit ternyata mempunyai khasiat untuk mengurangi kadar asam dalam perut Anda sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi mual. Minuman herbal ini juga bisa mengobati rasa mual yang kerap diderita ibu hamil.

  • Mengurangi nyeri otot 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kombinasi kunyit dan jahe kaya zat anti-inflamasi. Oleh sebab itu, minuman kesehatan buatan sendiri ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi luka dan nyeri otot, terutama setelah seharian beraktivitas dan Anda menderita kelelahan yang sangat.

  • Mengatasi penyakit diabetes

Sebagai minuman kesehatan yang kaya manfaat, minuman kunyit dan jahe rupanya juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, dan dapat mengobati gejala tertentu dari penyakit diabetes.

  • Mengurangi gangguan pencernaan 

Campuran jahe dan kunyit memiliki khasiat untuk mengobati gangguan pencernaan kronis dengan menetralisir kadar asam dalam perut. Minuman ini baik dikonsumsi untuk Anda yang memiliki atau sering menderita gangguan pencernaan.

  • Mengurangi nyeri haid 

Dengan sifat anti-inflamasi yang sangat baik, minuman kesehatan alami ini berguna mengurangi kram menstruasi. Tak hanya untuk penyakit berat saja, saat menstruasi, dengan minum minuman herbal ini, Anda akan merasakan kenyamanan dan tak terlalu merasakan nyeri haid.

Nah, itu tadi beberapa khasiat minuman campuran kunyit dan jahe. Setelah Anda rutin mengonsumsi minuman ajaib ini, dijamin Anda akan merasakan manfaat kesehatan yang tidak Anda dapatkan sebelumnya.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • khasiat jahe dicampur kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *