Manfaat Air Rebusan Pisang untuk Mengatasi Susah Tidur

by

Tidur sangat penting untuk kesehatan badan. Dengan cukup tidur minimal 8 jam di malam hari, tubuh Anda akan terasa bugar keesokan harinya. Sebab, jika Anda kurang tidur dan sering begadang, Anda berisiko terkena gangguan kesehatan, penyakit kronis, depresi, serta tekanan darah tinggi.

Dan yang paling terasa dampaknya, Anda akan sering mengantuk, loyo, dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Bila tak segera diatasi, rasa letih karena kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan munculnya banyak penyakit kronis yang mengancam jiwa.

Manfaat Air Rebusan Pisang untuk Mengatasi Susah Tidur
Selain itu, tidur nyenyak juga baik untuk kecantikan. Adapun manfaat tidur yaitu mencegah kulit keriput, menjaga kekencangan kulit, serta membantu proses peremajaan kulit. Sebab, saat Anda tidur, terjadi regenarasi sel dimana sel-sel yang tua akan terganti dengan sel-sel muda.

Tidur juga menjadi waktu yang tepat bagi tubuh untuk ‘mengisi ulang’ tenaga dan memproses kegiatan sepanjang hari. Kedua hal ini akan berjalan dengan baik jika tidur Anda benar-benar nyenyak.

Sayangnya, ada banyak orang di dunia menderita gangguan sulit tidur alias insomnia. Meskipun tubuh sebenarnya sudah lelah akibat aktivitas seharian yang padat, mata kita tak kunjung bisa terpejam. Gangguan tidur semacam ini muncul karena berbagai penyebab, mulai dari genetik, hormon, sampai gaya hidup yang tak sehat.

Apakah Ada Obat Murah untuk Mengatasi Gangguan Tidur?

Jika Anda bertanya demikian, jawabannya jelas ada. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, ada satu minuman yang sangat ampuh untuk mengatasi gangguan tidur. Dengan meminum ‘teh’ini satu jam sebelum tidur, tubuh Anda akan terasa rileks dan pada akhirnya Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.

Minuman ajaib tersebut adalah teh pisang. Berbeda dengan teh pada umumnya, teh ini terbuat air rebusan dari buah pisang yang sudah matang. Menurut hasil penelitian dari Dr Oz, air rebusan pisang memiliki banyak khasiat dan kaya antioksidan yang tak hanya baik untuk kecantikan kulit, tapi juga kesehatan.

Selain itu, pisang adalah buah yang kaya akan vitamin C serta potassium yang cocok dijadikan sumber energi. Nah, bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, mengonsumsi buah pisang bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk menunjang program diet Anda.

Benarkah Teh Pisang Bisa Membuat Tidur Jadi Nyenyak?

Kedengarannya memang unik, namun teh ini benar-benar memiliki khasiat yang tiada duanya. Bila Anda bosan menikmati buah pisang dengan langsung dimakan, olahan pisang yang diambil hanya airnya ini boleh Anda coba.

Cara Membuat Teh Pisang untuk Mengatasi Insomnia

Siapkan bahan-bahannya:

  • Satu buah pisang matang
  • Segelas air putih
  • Kayu manis (jika perlu)

Cara Membuat Teh Pisang

  1. Siapkan pisang yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Lalu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu selama sekitar 10 menit. 
  2. Kemudian, tuangkan air ke dalam cangkir menggunakan saringan. Masukkan juga kayu manis untuk menambah rasa dan aroma. Diamkan beberapa saat agar agak dingin.
  3. Minum segelas teh pisang tersebut sebelum tidur. 

Tubuh manusia setidaknya membutuhkan tidur 7-8 jam sehari. Daripada Anda mengonsumsi pil tidur yang berisiko terhadap kesehatan, Anda dapat memanfaatkan minuman ajaib ini untuk mengatasi gangguan tidur. Selamat mencoba.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *