Menu Makanan Diet Sesuai 4 Golongan Darah

by

Diet Sesuai Golongan Darah | Diet golongan darah pertama kali dicetuskan oleh Dr. Peter J. D’Adamo dalam bukunya yang berjudul ‘Eat right for you blood type’. Dalam buku yang ditulis selama 10 tahun itu, Dr. Adamo menyusun jenis makanan yang baik dikonsumsi sesuai dengan golongan darah.

Menu Makanan Diet Sesuai 4 Golongan Darah
Pasalnya, kemampuan sistem pencernaan bervariasi antara golongan darah yang satu dengan lainnya. Setiap jenis darah memiliki sifat-sifat genetik yang berbeda sejak zaman nenek moyang dahulu. Diet Golongan Darah telah populer selama hampir dua dekade. Diet khusus ini menunjukkan makanan yang terbaik yang dapat Anda konsumsi tergantung pada jenis darah Anda.

Di sisi lain, golongan darah Anda juga bertanggung jawab untuk kesehatan Anda. Beberapa dokter di dunia sepakat dan berpendapat jika Anda makan makanan yang tidak sesuai dengan jenis darah, Anda mungkin akan menghadapi masalah kesehatan di kemudian hari seperti kembung, gas, gangguan pencernaan, metabolisme yang lambat dan bahkan kanker.

Banyak orang yang telah membuktikan kemanjuran dari mengatur pola makan berdasarkan golongan darah. Berikut adalah jenis-jenis makanan sesuai golongan darah yang dapat Anda konsumsi.

Cara Diet Sesuai Golongan Darah

  • Golongan darah O 

Orang dengan golongan darah ini harus makan lebih banyak protein dalam bentuk daging, ayam, seafood dan sayuran seperti bayam, sawi dan brokoli. Nah, sementara itu, makanan yang baiknya dihindari oleh golongan darah O adalah gandum dan biji-bijian dalam diet mereka.

Orang dengan golongan darah O juga harus menghindari makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah dan kacang merah. Jika tidak memperhatikan makanan, orang dengan golongan darah O akan menghadapi masalah pencernaan, apalagi bila mengonsumsi susu dan produk telur.

  • Golongan darah A 

Orang dengan goldar A membutuhkan diet dan mengonsumsi banyak sayuran untuk tetap ramping dan produktif. Diet vegetarian cocok bagi orang dengan golongan darah ini. Orang dengan tipe darah A juga memiliki sistem pencernaan sensitif.

Mereka memiliki kecenderungan untuk mengurangi stres dengan cepat dengan berolahraga ringan dan tindakan lainnya yang bersifat menenangkan. Makanan yang baik dikonsumsi orang bergolongan darah A diantaranya apel, berry, buah ara, alpukat, roti dan pasta.

Mereka juga disarankan banyak makan protein nabati seperti kacang-kacangan dan kedelai daripada daging. Sedangkan makanan yang harus dihindari oleh golongan darah A adalah ayam, ikan, daging sapi, dan babi. Mereka juga harus menghindari produk susu dan kacang merah.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Diet untuk Golongan Darah O

  • Golongan darah B

Orang dengan golongan darah B memiliki sistem pencernaan toleran dan dapat dengan mudah dan tak akan bermasalah bila mengonsumsi daging dan produk susu. Bagi mereka, makanan bisa menjadi pemicu kreativitas.

Orang bertipe darah B juga dapat mengonsumsi daging merah, ikan, sayuran hijau dan biji-bijian. Sementara itu, makanan yang harus dihindari orang dengan tipe darah B adalah ayam, jagung, gandum, kacang dan biji-bijian apapun, benar-benar harus dan wajib mereka hindari. 

Simak juga: 5 Jenis Makanan Diet untuk Golongan Darah B

  • Golongan darah AB 

Orang dengan golongan darah ini memiliki saluran pencernaan sensitif. Mereka harus makan kacang-kacangan, daging, seperti daging kalkun, kacang polong, seafood, tahu dan produk susu. Di antara buah-buahan, mereka dapat mengonsumsi buah apel, semangka, buah ara dan pisang, yang sangat baik untuk pencernaan orang dengan golongan darah AB ini.

Sebaliknya, makanan yang harus orang golongan darah AB hindari adalah ayam, daging sapi dan babi, jagung, alkohol dan kafein. Golongan darah AB ini selain mengonsumsi makanan yang sesuai dengan sistem pencernaannya, juga harus rutin melakukan olahraga, yang tujuannya untuk membakar lemak dan membentuk otot.

Nah, itu tadi makanan diet sesuai dengan golongan darah. Jika Anda selama ini sudah diet dan belum berhasil, mungkin saja Anda bisa mencoba cara diet menurut golongan darah.


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *