Orang yang Menguap Lama Terbukti Punya Otak Cerdas

by

Menguap merupakan kondisi alamiah yang pernah dialami siapapun. Banyak anggapan yang mengatakan menguap adalah pertanda seseorang sedang mengantuk atau kurang tidur.

Orang yang Menguap Lama Terbukti Punya Otak Cerdas

Namun tahukah Anda berdasarkan penelitian terbaru, binatang yang memiliki otak besar akan menguap dengan durasi yang lama. Dengan kata lain, semakin lama waktu menguap, semakin cerdas pula binatang tersebut.

Peneliti dari Universitas New York, AS mengamati 29 video rekaman mamalia yang sedang menguap. Kemudian, mereka menghitung durasi rata-rata saat binatang tersebut saat sedang menguap.

Benarkah orang yang menguap lama punya otak cerdas?

Para ilmuwan menyimpulkan bobot otak dan jumlah neuron di jaringan terluar otak yang disebut korteks berbanding lurus dengan panjang durasi menguap. Misalnya, gorilla, kuda, walrus, dan gajah Afrika memiliki ukuran otak raksasa, namun mereka mempunyai durasi menguap yang pendek. Hal itu disebabkan ukuran otak mereka memang lebih kecil ketimbang manusia.

Menurut laporan Tech Times, penemuan tersebut juga membuktikan bahwa panjang pendeknya menguap tidak ada hubungannya dengan ukuran badan, melainkan ukuran otak. Tim peneliti yang dipimpin Andrew Gallup juga menemukan bahwa binatang dengan ukuran otak besar punya jenis menguap yang bervariasi.

Liz Cirulli Rogers dari Duke University School of Medicine mengatakan hewan yang lebih cerdas memiliki berbagai jenis cara menguap dalam merespons rangsangan. Sementara, hewan yang kurang cerdas hanya memiliki satu jenis cara menguap. 

Baca juga: Misteri Menguap yang Sering Dipertanyakan Banyak Orang

“Artinya variasi dan durasi dalam menguap adalah indikator kuat dari berat otak mamalia dan jumlah neuron kortikal,” tambah Gallup.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang gampang menguap ketika melihat orang lain menguap? Atau durasi menguap Anda cukup lama ketimbang orang lain?

Jika benar, selamat! Anda punya otak cerdas.

(mw/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *