10 Gejala dan Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2

by

Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang menjadi momok menakutkan. Penyakit ini mempengaruhi cara tubuh Anda dalam memproses dan mengatasi naiknya gula dalam darah Anda, terutama glukosa.

10 Gejala dan Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2
Sejumlah besar pasien diabetes umumnya menderita diabetes tipe 2 yang bila tak segera Anda atasi akan berakibat fatal. Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, mengapa diabetes bisa menyerang?

Hal itu disebabkan pankreas dalam tubuh kita memproduksi insulin, yang memungkinkan sel-sel tubuh untuk mengubah glukosa dari makanan yang kita makan menjadi energi.

Nah, pada kasus diabetes tipe 2, produksi insulin berjalan lancer tetapi sel-sel tubuh orang yang menderita diabetes tipe 2 tersebut gagal untuk menggunakannya dengan cara yang seharusnya.

Hal ini selanjutnya menyebabkan resistensi insulin. Pankreas pada awalnya mencoba untuk membuat lebih banyak insulin untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel, tapi akhirnya gagal dalam misinya tersebut, yang mengarah ke penumpukan gula dalam darah.

Selain gen yang mempengaruhi cara tubuh membuat insulin, obesitas adalah penyebab lain yang bisa memicu diabetes, terutama jika Anda menderita kelebihan lemak di sekitar pinggang Anda. Kondisi tersebut dapat menjadi salah satu alasan yang memicu Anda terkena diabetes tipe 2.

Saat ini, diabetes tipe 2 dapat menjangkiti anak-anak dan remaja, tidak terbatas orang tua saja. Hal tersebut dikarenakan sindrom metabolik dimana orang yang memiliki beberapa kondisi seperti glukosa darah tinggi, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lain sebagainya, serta adanya gula yang berlebihan dari hati, yang juga bisa menjadi penyebab utama.

Jika sel-sel yang membuat insulin mengirim jumlah yang salah dan juga pada waktu yang salah, hal itu juga bisa membuat gula darah rusak.

Ada beberapa faktor yang membuat diabetes lebih mungkin Anda alami yang tidak Anda sadari selama ini. Diantaranya adalah faktor usia, riwayat keluarga yang pernah terkena diabetes dan etnis, yang juga memiliki faktor risiko tingkat tinggi yang membuat seseorang dapat terkena diabetes.

Namun, dalam kasus kondisi medis seperti pradiabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, HDL rendah atau kolesterol baik, trigliserida tinggi, depresi, merokok, dan lain sebagainya, dokter dapat menyarankan Anda untuk tetap waspada dan mengurangi segala kegiatan yang dapat memicu Anda terkena diabetes. 

6 Gejala Penyakit Diabetes Tipe 2

Gejala diabetes tipe 2 bisa begitu ringan yang mungkin tak Anda sadari dan tak Anda ketahui selama ini. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang gejala diabetes tipe 2 yang akan membantu Anda untuk lebih berhati-hati.

  1. Sering haus
  2. Sering buang air kecil 
  3. Pandangan mata menjadi kabur 
  4. Sering dan cepat merasa lelah
  5. Apabila terkena luka luar, tubuh butuh waktu lama untuk pemulihan 
  6. Sering mati rasa di tangan atau kaki 

Nah, untuk diagnosis diabetes tipe 2 ini dapat dilakukan melalui tes seperti A1C, puasa plasma glukosa atau tes toleransi glukosa. Pengaruh diabetes tipe 2 dalam jangka panjang sendiri adalah dapat menyebabkan kerusakan serius pada organ-organ Anda seperti jantung dan pembuluh darah, mata, ginjal, saraf dan juga kehamilan.


Selain itu, kebiasaan berikut ini juga membuat Anda semakin rentan terkena diabetes tipe 2:

  • Kehilangan berat badan secara drastis

Penurunan berat badan dalam 7 sampai 10 persen dari berat badan Anda sebelumnya dapat membuat Anda lebih rentan terhadap diabetes tipe 2.

  • Tak aktif bergerak 

Gerakkan otot Anda sebanyak yang Anda bisa, sehingga otot-otot tersebut dapat menggunakan insulin. Berjalan-jalan selama setengah jam dapat mengurangi risiko dengan diabetes tipe 2.

  • Salah asupan makanan

Hindari daging merah dan olahan, karbohidrat yang diproses, minuman manis dan lemak trans.

  • Aktif merokok

Menurut berbagai studi, merokok juga dapat membuat Anda berisiko tinggi terkena diabetes.

Baca juga:
12 Cara Mudah Mencegah Diabetes

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *