10 Manfaat Ajaib Cengkeh untuk Kesehatan

by

Cengkeh merupakan kuncup bunga kering yang berasal dari pohon cemara cengkeh. Cengkeh memiliki rasa manis serta agak petar di lidah. Tanaman ini sering digunakan sebagai campuran bumbu memasak atau membuat kue.

10 Manfaat Ajaib Cengkeh untuk Kesehatan
Selain untuk keperluan kuliner, cengkeh juga mempunyai khasiat dalam menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Manfaat kesehatan cengkeh maupun minyak cengkeh karena memiliki sifat antioksidan, antijamur, antibakteri, afrodisiak, antivirus, antiseptik, sifat anti-inflamasi dan analgesik.

Cengkeh memiliki setidaknya 36 zat dan nutrisi yang berbeda, yang paling penting adalah minyak esensial yang disebut eugenol. Plus, cengkeh kaya akan kalium, natrium, fosfor, besi, mangan, serat makanan, yodium, vitamin K dan C, asam lemak omega-3, kalsium dan magnesium.

Dalam pengobatan China, kuncup bunga kering, daun, batang serta minyak cengkeh sering digunakan untuk membuat obat. Cengkeh utuh, cengkeh bubuk dan minyaknya dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional.

Manfaat kesehatan alami cengkeh sangat menakjubkan dan Anda mungkin akan terkejut setelah mengetahuinya. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan cengkeh yang tak Anda ketahui sebelumnya.

10 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan

  • Meredakan sakit gigi

Ketika sakit gigi, salah satu pengobatan alami yang efektif adalah cengkeh atau minyak cengkeh. Komponen anti-inflamasi dan analgesiknya akan membantu mengurangi pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi dan mengurangi rasa sakit. Plus, properti antiseptiknya akan membantu memerangi infeksi di daerah yang terkena dan mencegah penyebaran.

Cukup oleskan minyak cengkeh pada cotton bud atau kapas. Gosokkan pada gigi yang sakit dan gusi sekitarnya. Atau, Anda dapat menggiling dua suing cengkeh. Campur dalam sedikit minyak zaitun dan oleskan campuran ini pada daerah yang terkena.

  • Mengatasi bau mulut

Bertindak sebagai antiseptik alami, cengkeh sangat membantu dalam menyingkirkan bau mulut. Cengkeh dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Plus, membantu menghilangkan bakteri di lidah, langit-langit dan bagian atas tenggorokan. Bau aromatiknya yang kuat juga membantu memerangi bau mulut.

Cukup mengunyah beberapa potong cengkeh dan dalam beberapa menit bau mulut Anda akan hilang. Anda juga bisa berkumur dengan rebusan air cengkeh dua atau tiga kali sehari.

  • Mengatasi mual dan muntah

Cengkeh juga dapat meredakan mual karena sifat aromatik dan sifat menenangkannya. Bahan ini bahkan dapat digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan terkait kehamilan seperti mual dan morning sickness.

Untuk mengatasi mual, teteskan minyak cengkeh pada sapu tangan dan hirup baunya. Anda juga bisa mengunyah satu atau dua siun cengkeh.

Baca juga: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Untuk menghentikan muntah, campurkan bubuk cengkeh dengan madu. Lalu telan. Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dalam segelas air hangat dan meminumnya perlahan.

  • Meningkatkan fungsi pencernaan

Karena sifat karminatif (mencegah pembentukan gas dan meredakan perut kembung), cengkeh memainkan peran kunci dalam memperbaiki proses pencernaan. Cengkeh membantu meningkatkan fungsi pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim dalam saluran pencernaan.

Cukup tambahkan cengkeh ke makanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menghisap cengkeh setelah makan sebagai penyegar mulut.

  • Meredakan nyeri sendi

Karena sifat anti-inflamasi dan analgesik, minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan dan meringankan nyeri sendi, nyeri otot dan nyeri arthritis. Cengkeh kaya kalsium, asam lemak omega-3 dan zat besi. Selain itu minyak cengkeh juga meningkatkan kekuatan sendi dan tulang.

Gunakan campuran minyak cengkeh dan minyak zaitun untuk memijat nyeri sendi, sakit otot dan bagian tubuh yang nyeri. Lakukan pijat ini beberapa kali sehari.

  • Meningkatkan kondisi pernapasan

Cengkeh dan minyak cengkeh sangat efektif untuk meningkatkan sistem pernapasan karena ekspektoran, antibakteri, dan sifat anti-inflamasinya. Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati flu biasa, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, infeksi virus, asma, TBC, bronkitis dan berbagai kondisi sinus.

Plus, rempah-rempah ini juga dapat bertindak sebagai agen chemoprotective potensial untuk kanker paru-paru.

Cukup minum dua sampai tiga cangkir teh cengkeh setiap hari ketika penyakit pernapasan Anda kambuh. Anda juga dapat menambahkan minyak cengkeh ke air panas dan menghirup uapnya.

  • Mengobati sakit kepala

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala akibat stres, migrain atau alergi dingin? Minyak cengkeh dapat membantu menyingkirkannya dengan cepat karena memiliki sifat anti-inflamasi. Plus, pendinginan dan efek menenangkan dari minyak ini akan membantu mengurangi rasa sakit.

Teteskan minyak cengkeh pada selembar kain atau tisu. Lalu letakkan di dahi Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit.

Cara lainnya campur 1 sendok teh garam, 2 atau 3 tetes minyak cengkeh, 2 sendok teh minyak almond atau minyak kelapa. Pijatkan di dahi Anda.

  •  Meringankan sakit telinga

Anestesi ringan dan sifat antibakteri hadir dalam cengkeh dapat memberikan bantuan instan dari infeksi telinga.

Buat campuran cengkeh dan minyak wijen. Rendam bola kapas dalam campuran tersebut, lalu teteskan ke dalam rongga telinga. Dijamin rasa sakit akan cepat mereda dan akan membantu melawan infeksi.

Simak juga: 10 Bahan Rumahan Ini Ampuh Mengatasi Infeksi Telinga

Cara lainnya yaitu campur 1 sendok makan cengkeh yang sudah dihancurkan ke dalam seperempat cangkir minyak zaitun panas. Biarkan selama 30 menit, lalu saring.

Masukan beberapa tetes minyak ini di teling. Diamkan selama setidaknya 10 menit.

  • Mengobati jerawat

Cengkeh juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan masalah kulit seperti komedo, whiteheads, jerawat, bekas luka dan kulit bersisik. Cengkeh juga sangat efektif dalam mencegah noda atau tanda yang biasanya muncul setelah jerawat kering.

Untuk mengobati jerawat, campurkan minyak cengkeh dengan minyak kelapa dalam rasio 1:10. Terapkan pada daerah yang terkena dengan menggunakan kapas dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Mengatasi stres

Karena aroma yang kuat namun menenangkan, cengkeh dapat membantu Anda merasa santai dan mengurangi stres. Stres sering menyebabkan otot-otot tubuh menjadi tegang. Eugenol, komponen dalam cengkeh, adalah relaksan otot yang paling terkenal.

Tuangkan beberapa tetes minyak cengkeh ke air mandi. Berendamlah selama beberapa menit. Cara ini akan menenangkan pikiran Anda dan menghilangkan stres dalam tubuh. Anda juga bisa minum secangkir teh cengkeh untuk meredakan stres.

Nah, itu tadi beberapa khasiat tanaman cengkeh untuk berbagai keperluan. Pilih salah satu cara di atas untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sedang Anda alami.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • manfaat mengemut cengkeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *