10 Manfaat Penting Fitness (Gym) untuk Kesehatan

by

Anda tentunya telah tahu bila latihan aerobik adalah mode latihan populer yang berfungsi untuk kebugaran fisik dan kesehatan. Namun tahukah Anda angkat besi, atau banyak orang menyebutnya fitness (gym) juga memiliki manfaat yang sama baiknya.

10 Manfaat Penting Fitness (Gym) untuk Kesehatan

Angkat beban juga dikenal sebagai latihan resistensi, yang berfokus pada penggunaan resistensi untuk menginduksi kontraksi otot. Hal ini pada gilirannya akan membangun kekuatan, daya tahan anaerobik dan ukuran otot rangka.

Ketika dilakukan dengan benar, angkat beban di tempat gym secara rutin memiliki manfaat fungsional yang signifikan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Prinsip-prinsip dasar dari latihan ini mencakup jumlah pengulangan (repetisi), set, tempo, latihan dan kekuatan untuk meningkatkan otot, daya tahan atau ukuran otot.

Latihan angkat beban sendiri dapat dilakukan di rumah atau di gym. Ini tidak hanya akan membangun otot tetapi juga membantu mencegah penyakit, meningkatkan mood dan masih banyak lagi. Berikut sepuluh manfaat fitness untuk kesehatan dan kebugaran.

10 Manfaat Rutin Fitness/Gym untuk Kesehatan Tubuh

  • Menjaga Berat Badan

Mengangkat beban membantu menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Fitness membantu membakar lemak tubuh, selama dan setelah berolahraga. Setelah sesi latihan ini, Anda terus mengonsumsi oksigen tambahan selama beberapa jam berikutnya, yang dikenal sebagai konsumsi oksigen pasca-latihan.

Ketika tubuh menggunakan lebih banyak oksigen, pengeluaran kalori menjadi berlebih dan tingkat metabolisme meningkat. Hal ini membantu dalam menurunkan berat badan dan membantu menjaga berat badan juga.

Intensitas yang lebih tinggi mengangkat beban merangsang lipolisis (pemecahan lemak) dan meningkatkan metabolisme tubuh setelah latihan selesai.

  • Mengurangi Lemak Perut

Melakukan latihan angkat beban sangat efektif dalam mengurangi lemak perut, yang merupakan lemak paling sulit untuk disingkirkan.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Cardiology melaporkan bahwa latihan intensitas tinggi membantu mengurangi lemak perut lebih cepat dari aktivitas kardio saja.

  • Memperkuat Tulang

Fitness secara teratur meningkatkan kepadatan tulang, yang mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis, suatu kondisi yang lebih umum pada wanita dibandingkan pria. Dengan demikian, latihan beban juga merupakan cara yang sangat baik untuk memerangi hilangnya massa tulang.

Sebuah studi tahun 1999 melaporkan bahwa latihan dalam intensitas tinggi sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang pada orang dewasa yang lebih tua. 

Hal ini juga memiliki manfaat tambahan yang mempengaruhi faktor risiko untuk osteoporosis, termasuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan dan meningkatkan massa otot.

  • Melindungi Jantung

Latihan angkat beban merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan jantung dalam memompa dan meningkatkan kekuatannya. Latihan ini juga membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol ‘baik’) dan menurunkan denyut jantung istirahat.

Denyut jantung yang lambat berarti bahwa jantung tidak harus bekerja keras. Pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan kondisi jantung lainnya.

  • Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Latihan angkat beban menambahkan penekanan ekstra pada keseimbangan dan koordinasi. Bahkan, keseimbangan dan koordinasi antara bagian-bagian tubuh yang berbeda sangat penting bagi orang dewasa.

Latihan ini juga membantu Anda mengembangkan mekanika tubuh yang lebih baik dan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, terutama saat usia bertambah.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research melaporkan bahwa pelatihan resistensi yang cukup intens akan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Fitness secara teratur telah terbukti membantu memperbaiki pola tidur dan membuat tidur malam lebih nyenyak serta lebih cepat dan dari biasanya.

Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science and Medicine melaporkan bahwa latihan angkat beban meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Hampir 350 juta orang menderita diabetes di seluruh dunia. Anda juga bisa menjadi salah satu dari mereka di tahun-tahun mendatang. Untuk menurunkan risiko diabetes, latihan kekuatan dengan angkat beban dapat memainkan peran penting.

Latihan ini membantu tubuh merespons lebih baik terhadap insulin, memperbaiki cara penggunaan gula darah, membantu menurunkan berat badan dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahkan, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 memulai program kekuatan dengan latihan fitness untuk membantu mengontrol gula darah.

  • Mengurangi Gejala Depresi

Latihan fitness bermanfaat dalam menangani perasaan putus asa dan tidak berdaya akibat gangguan mood, kecemasan dan depresi. Latihan ini membantu merilis hormon endorfin untuk menjaga dan mengontrol kecemasan dan juga dapat membantu melawan depresi.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research melaporkan bahwa program pelatihan ini bila dilakukan dalam intensitas ringan bermanfaat untuk memaksimalkan manfaat psikologis.

  • Mencegah Nyeri Punggung

Setiap jenis pekerjaan yang melibatkan duduk dapat membuat nyeri pada punggung bagian bawah, yang mengarah ke kekakuan dan rasa sakit tak tertahankan. Fitness membantu memperkuat otot-otot inti yang mendukung tulang belakang Anda.

Hal ini pada gilirannya akan mengurangi ketidaknyamanan di punggung Anda dan mengatasi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh duduk sepanjang hari.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental dan Kognitif 

Angkat beban tidak hanya membuat fisik Anda lebih kuat, tetapi juga membuat mental lebih tajam. Setiap gerakan dalam fitness akan membantu menjaga otak sehat.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Psychology Aging melaporkan bahwa setiap jenis olahraga memiliki manfaat langsung bagi kinerja afektif dan kognisi tanpa memandang usia.

Nah, itu tadi beberapa manfaat fitness atau ngegym bagi kesehatan tubuh. Selain tubuh bugar dan sehat, Anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Pada gilirannya, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *