10 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

by

Menurunkan berat badan memang bukanlah perkara gampang. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Yang terpenting adalah tekat yang bulat serta strategi yang tepat.

10 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
Selain itu, sukses tidaknya program diet juga tergantung pada dua hal, pola makan dan pola olahraga Anda. Ketika keduanya dilakukan dengan benar, berat badan Anda dijamin akan menurun.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat menunjang program diet Anda agar berhasil. Berikut adalah 10 rahasia latihan dan olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

10 Tips Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

  • Pemanasan sebelum berolahraga

Sebelum Anda memulai setiap sesi latihan, penting untuk memulainya dengan pemanasan. Sesi pemanasan selama 10 sampai 20 menit sebelum berolahraga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, meregangkan setiap otot yang kaku, mempersiapkan jantung untuk memompa darah, serta mengurangi risiko cedera.

Satu sesi pemanasan dapat terdiri dari 5 menit jogging, 5 menit dari stretching lutut dan 5 menit stretching kaki, latihan peregangan pinggul dan latihan stretching samping.

Baca juga: 6 Manfaat Penting Pemanasan Sebelum Olahraga

  • Olahraga di pagi hari

Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan, lakukan olahraga di pagi hari usai bangun tidur. Metabolisme yang meningkat akan memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari dan juga mempromosikan pembakaran kalori.

Anda akan membakar lebih banyak kalori jika Anda melakukan sesi latihan dan olahraga rutin sebelum sarapan. Selain itu, latihan aerobik selama 20 menit di pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi, pemahaman bacaan dan fungsi kognitif.

  • Lakukan variasi gerakan latihan maupun jenis olahraga

Untuk mendapatkan hasil terbaik, diversifikasi dalam gerakan latihan maupun jenis olahraga sangatlah penting. Ketika Anda melakukan latihan yang sama persis setiap hari, tubuh Anda akan semakin terbiasa.

Seiring berjalannya waktu, hal itu akan menjadi lebih mudah bagi Anda, membuat tubuh Anda membakar kalori lebih sedikit dari sebelumnya.

Program olahraga yang baik itu harus memiliki lima elemen penting, yaitu latihan aerobik, latihan kekuatan, latihan inti, pelatihan keseimbangan dan peregangan.

  • Pengulangan latihan setelah istirahat

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan menunjukkan bahwa pengulangan 10 menit olahraga ringan dapat berkontribusi untuk oksidasi lemak yang diinduksi latihan lebih besar dari 30 menit latihan terus menerus tanpa pengulangan dan istirahat.

Jadi, jika Anda tidak memiliki waktu untuk latihan selama 30 sampai 60 menit, Anda bisa memecah latihan Anda menjadi 3 sampai 6 sesi sehari. Misalnya, Anda dapat mencoba sesi cardio cepat di pagi hari, berjalan-jalan cepat selama jam makan siang dan sesi kekuatan setelah makan malam.

Terlepas sesibuk apapun kegiatan Anda, pastikan untuk berolahraga setidaknya 2 jam dan 30 menit setiap minggunya.

  • Jangan malas di akhir pekan

Tidak ada istilah bermalas-malasan di akhir pekan. Ada banyak cara agar tubuh tetap aktif secara fisik. Misalnya, Anda dapat berenang atau bersepeda dengan anggota keluarga dan teman-teman.

Bahkan berkebun atau melakukan bersih-bersih rumah selama 1 jam dapat membuat Anda aktif secara fisik selama akhir pekan.

  • Latihan mengangkat beban

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mencoba mengangkat beban dengan repetisi lebih. Ini akan membantu membakar lemak serta membangun otot.

Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori tubuh yang Anda bakar. Jaringan otot memerlukan lebih banyak kalori untuk terbentuk daripada lemak.

Angkat besi juga dapat mengurangi risiko diabetes, mencegah sakit punggung dan bahkan membantu melawan depresi. Melakukan angkat beban sekitar 30 menit sampai 1 jam selama beberapa kali seminggu sangat membantu dalam program diet Anda.

  • Olahraga sambil mendengarkan musik

Cobalah mendengarkan musik upbeat selama olahraga agar Anda lebih bersemangat. Bahkan, musik keras dan tempo cepat dapat membantu meningkatkan kinerja atletik Anda.

Simak juga: 15 Manfaat Penting Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

  • Olahraga berkelompok 

Ada banyak manfaat dari olahraga secara berkelompok. Pertama, itu akan meningkatkan motivasi Anda. Anda akan lebih termotivasi untuk bangun lebih awal dan bertemu orang lain di gym untuk latihan.

Dan ketika Anda melihat orang lain melakukan semua latihan dengan mudah dan memiliki badan yang bagus, Anda akan termotivasi untuk giat berolahraga. Apapun jenis olahraga yang Anda tekuni, cobalah untuk mengajak teman atau dilakukan secara ramai-ramai.

  • Jalan kaki

Berjalan cepat selama 20 menit dapat meningkatkan energi Anda. Jenis latihan aerobik intensitas rendah mengaktifkan zat kimia dalam otak seperti dopamin dan serotonin, yang pada gilirannya meningkatkan energi Anda.

Nah, saat Anda sedang bekerja di kantor, cobalah sesekali beranjak dari tempat duduk Anda dan jalan-jalan ke dapur atau meja rekan kerja Anda.

  • Cobalah latihan Tabata

Pelatihan tabata akan membantu meningkatkan metabolisme Anda dan membantu dalam pembakaran kalori. Hampir semua aktivitas dapat dilakukan dalam gaya Tabata.

Namun, latihan Tabata umumnya meliputi 4 latihan: push-up, squat, lompat tali dan sit-up. Setiap gerakan biasanya dilakukan selama 20 detik dan waktu istirahat 10 detik di sela-sela gerakan. Ulangi setiap gerakan selama 8 kali.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *