6 Menu Sarapan Praktis dan Sehat untuk Anak

by

Biasanya ada banyak keraguan yang ibu muda rasakan saat membuat sarapan untuk si kecil sebelum si kecil berangkat sekolah. Apakah menu sarapan tersebut disukai si kecil? Atau apakah sarapan tersebut melengkapi gizi si kecil ketika di sekolah nanti?

Tak hanya itu, biasanya saat Anda memiliki anak rewel yang selalu menolak makanan sehat yang Anda berikan, membuat menu sarapan untuknya bisa menjadi tantangan tersendiri. Tak perlu ragu dan khawatir, sangat mudah untuk menemukan berbagai macam resep yang tersedia dalam buku maupun internet.

Namun, yang namanya sarapan, pasti hal pertama yang ada di pikiran Anda adalah bahwa resep sarapan harus sangat sederhana dan dapat dibuat dengan mudah dan cepat, belum lagi, harus sehat untuk si kecil yang dapat membuatnya tetap aktif sepanjang hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa yang resep sarapan untuk si kecil, yang pasti akan membantu Anda mengurangi kekhawatiran-kekhawatiran yang selama ini menghantui Anda.

1. Pizza Telur Mini

Pizza Telur Mini

Pizza telur mini ini selain enak tentunya juga akan mencuri perhatian si kecil karena memiliki bentuk yang lucu dan unik. Anda juga dapat menyimpan telur rebus yang dikupas terlebih dahulu selama sekitar 4-5 hari sebelumnya di kulkas, untuk menghemat waktu persiapan Anda di pagi hari.

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah untuk mengambil 2 telur rebus, kupas dan iris. Tempatkan irisan telur di atas beberapa loyang teflon.

Pada setiap sisi loyang teflon tambahkan irisan tomat, sedikit minyak zaitun dan beberapa keju mozzarella yang tentunya telah Anda parut, dan setelah itu, goreng, tunggu sampai matang.

2. Egg Sandwich

Egg Sandwich

Sarapan ini penuh dengan protein dan akan membuat anak Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Pertama-tama, ambil 2 butir telur, tambahkan sayuran pilihan Anda seperti daun bawang cincang, merica, garam dan setelahnya kocok campuran tersebut dengan garpu.

Masukan campuran tersebut dalam mangkuk kaca dan masukkan ke microwave pada suhu tinggi, sampai matang. Ambil loyang teflon, kemudian tempatkan satu roti tawar, beberapa keju cheddar, 1-2 irisan tomat dan terakhir tempatkan campuran telur yang dimasak di atas loyang.

Terakhir, letakkan satu roti tawar sebagai tutup sandwichnya. Dan sandwich Anda siap untuk dinikmati si kecil.

3. Almond Butter dan Banana Pancake

Almond Butter dan Banana Pancake

Ambil mangkuk, haluskan satu pisang matang bersama dengan kira-kira satu seperempat cangkir mentega almond. Buat adonan halus dan kemudian aduk 2 butir telur besar di dalamnya dengan garpu.

Panaskan loyang pada panas rendah dan tambahkan sekitar 2 sendok makan adonan pisang. Memasak pancake sekitar 2-3 menit di satu sisi dan kemudian balik dan masak sisi lainnya selama satu menit lebih.

Pastikan bahwa dasar pancake cokelat keemasan. Lalu beri topping madu pada pancake tersebut. Sarapan siap dihidangkan untuk si kecil.

4. Orak-Arik Telur

`Orak-Arik Telur

Sarapan nikmat ini kaya akan protein dan merupakan salah satu yang paling mudah dan sehat yang dijadikan pilihan sarapan untuk anak-anak Anda. Cara membuatnya mudah, ambil 5-6 telur dan kocok dalam mangkuk dengan garam, merica dan satu sendok makan air.

Panaskan mentega dalam panci antilengket di atas api sedang. Setelah itu, goreng telur yang telah dikocok tadi. Terus aduk campuran tersbeut sampai beberapa menit. Setelah kira-kira matang, angkat dan sajikan.

5. Smoothies Buah

Smoothies Buah

Smoothies buah yang lembut dan manis bila Anda sajikan saat sarapan dijamin akan membuat anak-anak Anda senang. Misalnya, jika Anda membuat pisang dan jus nanas, tambahkan susu dingin, yogurt dan gula.

Kemudian, campur dan aduk jadi satu menggunakan mixer atau blender. Sajikan smoothie lezat ini untuk anak-anak Anda sebagai pilihan menu sarapan.

6. Granola Yogurt

Granola Yogurt

Cara membuat granola yogurt ini mudah. Pertama ambil mangkuk, iris beberapa apel dan beberapa kenari. Tambahkan beberapa yogurt polos dan tambahkan sedikit sirup maple di atasnya.

Tambahkan beberapa granola siap pakai atau buatan sendiri di dalam mangkuk. Campur semua bahan dan berikan kepada anak-anak Anda sebagai salad buah lezat dan sehat.

Nah, itu tadi beberapa menu sarapan yang bisa Anda pilih untuk buah hati. Selain menyehatkan dan kaya akan gizi, menu sarapan di atas juga memiliki penampilan yang menggugah selera si kecil.

Jadi, Anda tak perlu repot-repot lagi membujuk anak untuk menyantapnya karena si kecil akan melakukannya dengan senang hati. Selamat mencoba!

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *