7 Jenis Cakra Manusia dan Cara Mengaktifkannya

by

Menurut ajaran Hindu dan Budha, chakra atau cakra berarti titik energi atau titik pusat dalam tubuh. Ada beberapa chakra dalam tubuh yang mana menjadi kekuatan hidup atau energi yang bergerak secara vital.

7 Jenis Cakra Manusia dan Cara Mengaktifkannya
Di antara beberapa chakra, ada tujuh chakra utama, empat di tubuh bagian atas yang mengontrol sifat mental dan tiga di bagian bawah tubuh yang mengontrol sifat insting. Chakra ini disusun secara vertikal di sepanjang saluran aksial.

7 Jenis Cakra dalam Tubuh Manusia

Berikut adalah 7 cakra utama:

  • Muladhara (Root Chakra)
  • Svadhishthana (sacral Chakra)
  • Manipura (Solar Plexus Chakra)
  • Anahata (Heart Chakra)
  • Vishuddha (Tenggorokan Chakra)
  • Ajna (Chakra Third-Eye)
  • Sahasrara (Crown Chakra)

Chakra biasanya dihubungkan dengan warna tertentu serta dengan beberapa bagian dari kesadaran. Sebuah keseimbangan yang tepat dari semua chakra adalah poin yang penting, karena memberikan kontribusi untuk meningkatkan kedamaian dalam diri seseorang. Jika chakra tidak seimbang, kedamaian dengan diri sendiri tidak dapat dicapai.

Seringkali, beberapa chakra tidak terbuka semua, yang dapat menyebabkan penyakit atau ketidakpuasan dalam hidup. Tak perlu khawatir, untuk membukanya.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan mudra, yang posisi tangan khusus yang memiliki kekuatan untuk mengirim lebih banyak energi untuk chakra tertentu. Berikut adalah rincian dari tujuh chakra dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Titik Cakra dan Cara Mengaktifkannya

  • Muladhara (Root Chakra)

Muladhara atau root chakra, menggambarkan bunga teratai dengan empat kelopak. Warna chakra ini merah dan terletak di perineum, dasar tulang belakang, di daerah tulang ekor.

Chakra ini berkaitan dengan naluri, keamanan dan kelangsungan hidup dan juga potensi dasar manusia. Ini juga memiliki hubungan dengan indera penciuman.

Cara membuka Root Chakra:

Berdiri tegak dan santai selama beberapa menit. Setelah itu duduk bersila. Biarkan ujung ibu jari dan jari telunjuk menyentuh lembut, dalam gerakan damai. Konsentrasi dan lantunkan suara “LAM”, dengan diam namun jelas.

  • Svadhishthana (Sacral Chakra)

Svadhishthana, juga dikenal sebagai sacral chakra, menggambarkan bunga teratai putih di dalam yang merupakan bulan sabit dengan enam vermilion atau kelopak oranye.

Chakra ini terletak di perut bagian bawah, sekitar dua inci di bawah pusar. Warna chakra ini adalah oranye.

Cara membuka Sacral Chakra:

Duduk berlutut, dengan punggung lurus tapi santai. Letakkan tangan Anda di pangkuan Anda. Letakkan tangan kiri di bawah tangan kanan, dengan telapak kiri menyentuh jari punggung tangan kanan. Biarkan ujung ibu jari untuk menyentuh lembut.

  • Manipura (Solar Plexus Chakra)

Manipura, juga dikenal sebagai Solar Plexus atau Navel chakra, terletak di perut bagian atas di daerah perut, tepat di antara tulang rusuk Anda. Chakra Solar Plexus dilambangkan dengan segitiga menunjuk ke bawah dengan 10 kelopak, dan berwarna warna kuning.

Cara membuka Plexus Chakra:

Duduk berlutut, dengan punggung lurus tapi santai. Letakkan tangan Anda di depan perut Anda, sedikit di bawah Plexus Surya Anda. Biarkan jari-jari Anda terhubung.

  • Anahata (Heart Chakra)

Anahata, atau chakra jantung, terletak di tengah dada tepat di atas jantung. chakra ini melibatkan isu-isu seperti emosi yang kompleks, kasih sayang, kelembutan, cinta tanpa syarat, keseimbangan, penolakan dan kesejahteraan.

Chakra Jantung dilambangkan dengan bunga melingkar dengan 12 kelopak hijau dikenal sebagai heartmind. Chakra ini berkaitan dengan warna hijau atau merah muda.

Cara membuka Heart Chakra:

Duduk bersila dan menjaga tubuh dan pikiran sesantai mungkin. Biarkan ujung jari telunjuk dan ibu jari untuk menyentuh pada kedua tangan. Letakkan tangan kiri Anda di lutut kiri. Bawa tangan kanan di depan bagian bawah tulang dada Anda.

  • Vishuddha (Chakra Tenggorokan)

Vishuddha, juga dikenal sebagai chakra tenggorokan, terkait dengan komunikasi dan pertumbuhan melalui ekspresi. Secara fisik itu mengatur komunikasi, emosional dan mengatur independensi, serta spiritual yang mengatur rasa aman.

Chakra Tenggorokan menggambarkan bulan sabit perak dalam lingkaran putih, dengan 16 warna biru atau biru kehijauan kelopak cahaya atau pucat.

Cara mengaktifkan Chakra Tenggorokan:

Duduk bersila dan menjaga pikiran dan tubuh Anda rileks. Silang jari-jari Anda di bagian dalam tangan Anda.

  • Ajna (Third-Eye Chakra)

Ajna, juga dikenal sebagai Third-Eye chakra, berhubungan dengan kesadaran visual dan emosional, chakra ini berkaitan dengan kejelasan pada tingkat intuitif.

Disimbolkan dengan bunga teratai dengan dua kelopak, chakra ini terletak dekat pusat dahi, sedikit di atas alis. Diwakili oleh warna violet, indigo atau biru tua.

Cara membuka Third-Eye Chakra:

Duduk bersila dalam keadaan rileks pikiran. Letakkan tangan Anda di depan bagian bawah payudara Anda. Jauhkan jari tengah Anda lurus ke depan.

  • Sahasrara (Crown Chakra)

Sahasrara, juga dikenal sebagai chakra mahkota, dianggap sebagai keadaan kesadaran murni. Dalam kesadaran ini, tidak ada objek atau subjek.

Disimbolkan dengan bunga teratai dengan 1.000 kelopak warna-warni, chakra ini terletak di atas kepala, di tempat yang sama dengan ubun-ubun yang lembut di kepala bayi yang baru lahir. Diwakili oleh warna ungu dan putih.

Cara membuka Chakra Mahkota:

Duduk bersila, menjaga tubuh Anda rileks dan pikiran damai. Letakkan tangan Anda di depan perut Anda. Biarkan jari manis Anda untuk menunjuk lurus ke depan.

Baca juga: Ini Pose Yoga Terbaik untuk Memperkuat Tulang

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • titik cakra pada kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *