7 Makanan Berkhasiat Mengurangi Keringat Berlebih

by

Berkeringat secara berlebihan tentunya dapat menyebabkan rasa malu dan kehilangan kepercayaan diri. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada makanan tertentu yang membantu dalam mengurangi kondisi ini.

7 Makanan Berkhasiat Mengurangi Keringat Berlebih
Berkeringat berlebihan juga dikenal sebagai hiperhidrosis, yang merupakan kondisi umum yang banyak dialami oleh banyak orang. Keringat berlebihan dan bau keringat dapat menyebabkan berbagai situasi yang memalukan.

Namun, kondisi ini dapat diobati dengan cara menjaga kebersihan dan mengikuti pola makan yang seimbang. Diet dan asupan makanan yang baik memainkan peran penting dalam menghindarkan Anda dari keringat berlebihan, karena berkaitan erat dengan sistem pencernaan dan sistem saraf.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi produksi keringat dan juga solusi alami untuk mengobati masalah berkeringat berlebihan dan bau badan secara efektif.

7 Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Makanan

  • Makanan yang kaya kalsium

Makanan yang kaya kalsium tidak hanya berkhasiat memperkuat tulang, tetapi juga membantu untuk mengontrol aliran keringat. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium, tubuh Anda dapat menyediakan asam esensial untuk mengatur suhu dalam tubuh dan juga mengurangi keringat.

Sangat disarankan Anda mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti almond, sayuran hijau, kacang panggang, dan lain sebagainya.

  • Mengonsumsi sayuran

Diet seimbang dapat mencegah kondisi berkeringat berlebih. Sayuran yang mengandung jumlah air yang tinggi serta kalsium akan membantu menormalkan kadar keringat yang dikeluarkan tubuh Anda.

Mengonsumsi sayuran tidak hanya membantu untuk mengontrol keringat, tetapi juga membuat Anda langsing, membantu pencernaan dan menjaga tubuh Anda terhidrasi. 

Simak juga: 10 Cara Alami Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat

  • Menggunakan minyak zaitun 

Minyak zaitun, yang dikenal sebagai ibu dari semua minyak, juga bermanfaat dalam mengurangi pelepasan kelebihan keringat dalam tubuh. Minyak zaitun bekerja pada sistem pencernaan, yang memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang membantu untuk mengontrol bakteri yang bertanggung jawab menyebabkan keringat.

Jadi, cobalah untuk memasukkan minyak zaitun dalam makanan sehari-hari Anda. Pastikan Anda mengubah minyak nabati dengan minyak zaitun dan menggunakannya secara teratur untuk memasak.

  • Asupan vitamin B dari buah dan sayuran

Fungsi tubuh Anda lancar ketika jumlah vitamin dan protein dalam tubuh seimbang. Vitamin B bertindak seperti bahan bakar untuk tubuh, yang membantu dalam melaksanakan kegiatan metabolik penting dan komunikasi saraf dalam tubuh.

Jika Anda berkeringat sering tanpa kelebihan latihan, Anda perlu menyertakan makanan yang kaya vitamin B. Cara lain untuk mengonsumsi vitamin B adalah dengan meminum vitamin B dalam bentuk tablet sekali dalam sehari.

Selain itu, konsumsi lebih banyak sayuran yang mengandung protein dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh juga penting.

  • Rutin makan buah pisang 

Pisang adalah makanan super dengan banyak kalium di dalamnya. Kalium bekerja sebagai elektrolit untuk menghidrasi tubuh Anda dan menjaga kebutuhan kalium.

Mengonsumsi pisang membantu dalam menyehatkan pencernaan dan membangun rasa bahagia dalam diri seseorang. Tak cuma itu, pisang juga membantu menghindari kelebihan keluarnya keringat dalam tubuh.

  • Minum teh hijau sebelum beraktivitas

Teh hijau adalah teh ajaib yang membantu dalam penurunan berat badan dan juga menjaga sistem saraf Anda, sehingga mengurangi kemungkinan berkeringat dalam jumlah yang berlebihan. 

Minum teh hijau sebelum Anda latihan atau olahraga untuk mengontrol pelepasan keringat sepanjang hari.

  • Mengonsumsi yogurt 

Yogurt kaya akan kalsium, yang mencegah tubuh manusia dari berkeringat secara berlebihan. Ini membantu untuk mengatur suhu tubuh Anda secara efektif, sehingga mengurangi kemungkinan keringat berlebih.

Jika tak suka yogurt, Anda dapat mencoba menggantinya dengan makanan lain dalam diet Anda yang mengandung dosis tinggi kalium dan kalsium, seperti susu.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang berkhasiat untuk mengurangi keringat berlebih. Selain itu, hindari makanan yang tidak sehat, seperti junk food.

Baca juga: 6 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • ramuan mengurangi keringat berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *