8 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

by

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa minum banyak air putih sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran. Selain itu, orangtua Anda di rumah mungkin sering mengingatkan Anda untuk minum lebih banyak air sejak Anda masih kecil.

8 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Rupanya, ada waktu-waktu tertentu di mana minum air putih sangat diperlukan oleh tubuh dan memiliki manfaat luar biasa. Di antara semua waktu tersebut, salah satu waktu terbaik yaitu minum segelas air segera setelah bangun tidur di pagi hari. 
Simak juga: 10 Cara dan Waktu yang Tepat Saat Meminum Air Putih

Beberapa orang mungkin sudah menerapkan kebiasaan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Namun ada beberapa orang yang mungkin belum bisa. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. Ada yang malas, ada pula yang khawatir buang air kecl terus menerus setelah minum.

Padahal, air diyakini menjadi salah satu minuman terbaik dari alam, yang datang dengan efek samping nol persen dan manfaat yang banyak.

Anda dapat langsung mengonsumsinya tanpa takut dan tanpa harus berpikir tentang berbahayanya dan juga efek sampingnya. Kapan pun waktunya, penting bagi seseorang untuk minum air putih sekitar minimal delapan gelas air dalam sehari.

8 Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

Artikel ini akan mengulas beberapa alasan mengapa air putih sangat baik diminum segera setelah Anda bangun tidur. Berikut ini alasan-alasannya.

  • Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh 

Tubuh kita akan mengalami dehidrasi setelah berjam-jam saat sedang tidur. Jadi saat Anda bangun, minum segelas air sangat membantu untuk merehidrasi tubuh. Salah satu efeknya adalah Anda akan merasa segar dan berenergi.

  • Membuang racun keluar dari tubuh 

Tubuh mengalami perbaikan saat sedang tidur. Ketika Anda kemudian bangun di pagi hari, semua racun sangat amat perlu dikeluarkan dari tubuh.

Jadi minum segelas air putih beberapa menit setelah bangun tidur di pagi hari membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

  • Membantu mencegah sembelit

Salah satu penyebab utama sembelit adalah dehidrasi. Jadi, jika Anda minum air segera setelah bangun tidur di pagi hari, hal tersebut akan membantu Anda meringankan sembelit dan meningkatkan gerakan usus.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air putih segera setelah Anda bangun tidur juga membantu dalam meningkatkan metabolisme dan menyediakan banyak energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

  • Membantu menurunkan berat badan

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa minum air di pagi hari segera setelah Anda bangun tidur rupanya membantu menurunkan berat badan dengan efektif.

  • Melancarkan pencernaan

Kurangnya air dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama gangguan pencernaan. Jika seseorang minum air saat perut kosong sesegera saat bangun tidur, kebiasaan tersebut akan membantu dalam melancarkan pencernaan. Buang air besar pun jadi lancar.

  • Mencegah perut mulas

Minum air putih dalam beberapa menit segera setalah bangun tidur di pagi hari membantu menurunkan tingkat asam di perut dan mencegah mulas.

  • Meningkatkan fungsi otak

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, fungsi otak pun akan terhambat. Itu sebabnya Anda merasa mengantuk dan tak bergairah ketika kurang minum air. Hal itu disebabkan kurangnya suplai oksigen di otak.

Minum air segera setelah bangun tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk menormalkan kerja otak dan membuat Anda bugar tanpa perlu menunggu waktu lama untuk ‘mengumpulkan nyawa’.

Baca juga: 11 Tips Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *