8 Pemanis Alami Pengganti Gula untuk Penderita Diabetes

by

Kita semua tahu bahwa gula pasir bisa dikatakan adalah silent killer atau penyebab kematian yang sulit dideteksi. Namun Anda tentu juga tidak bisa menghindari gula sepenuhnya karena tanpa rasa manis dari gula, semua makanan dan minuman akan hambar rasanya.

8 Pemanis Alami Pengganti Gula untuk Penderita Diabetes
Tapi, Anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa bahan berikut sebagai pengganti alami dari gula untuk menghindari bahaya yang terkait dengan konsumsi gula berlebih.
Baca juga: Hati-Hati! Ini 10 Bahaya Gula Bagi Kesehatan

Seperti yang telah diulas di atas, gula apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan. Hampir tidak ada manfaat kesehatan yang gula tawarkan kepada Anda, selain memberikan banyak energi.

Namun, gula adalah bagian penting dari asupan sehari-hari yang hampir tidak mungkin Anda abaikan dalam penggunaannya. Anda tentunya telah membuat kebiasaan untuk menambahkan gula dalam makanan apa pun yang Anda konsumsi.

Jadi, satu-satunya jalan adalah dengan mencari alternatif pengganti gula yang tidak membahayakan kesehatan Anda terutama penyakit diabetes, obesitas dan penyakit berat lainnya.

Meskipun demikian, mencari bahan alternatif untuk pengganti gula bukanlah hal yang mudah. Beberapa pengganti gula sintetis rupanya tidak lebih baik dari gula itu sendiri, dan bisa saja menyebabkan timbulnya penyakit dan masalah baru.

Dan juga beberapa pengganti gula dalam bentuk sintetis bahkan bisa menyebabkan kanker. Mengurangi asupan gula juga meninggalkan dampak positif terhadap lingkungan, karena gula yang diperoleh dari tebu menyebabkan kerugian besar bagi keanekaragaman hayati dibandingkan tanaman lainnya.

Nah, agar Anda tak semakin bingung, berikut ini adalah beberapa pengganti alami yang dapat Anda gunakan sehari-hari untuk dikonsumsi, sebagai pengganti gula.

8 Pemanis Alternatif Pengganti Gula Pasir

  • Madu

Madu adalah bahan alami nomor satu yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula. Memilih madu mentah lebih baik daripada madu yang telah diproses untuk membuat Anda tetap mendapatkan nutrisi asli dari madu itu sendiri.

Madu juga disebut sebagai antibakteri. Semakin besar rasa manis dari madu membuat Anda akan lebih sedikit menggunakannya di makanan atau minuman Anda. Yang berarti hal itu tak akan merugikan kesehatan Anda.

  • Jus buah

Jus buah juga merupakan pengganti umum untuk gula. Tapi, sangat penting untuk minum jus dengan tidak menambahkan gula di dalamnya. Hindari juga untuk menambahkan pemanis seperti sirup atau susu.

  • Molase

Meskipun bahan yang satu ini terbuat dari tanaman yang sama, yakni tebu, namun molase adalah justru bahan yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan gula kristal. Molase tidak hanya manis tetapi juga merupakan sumber yang baik dari zat besi dan kalsium, yang membuatnya menjadi pengganti yang sempurna untuk gula.

  • Gula kelapa

Gula kelapa atau gula aren terkenal dan sangat baik karena memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini dapat dengan mudah digunakan sebagai pengganti gula biasa.

Gula kelapa didapat setelah getah dari pohon kelapa dipanaskan untuk menguapkan kandungan air dan mengubahnya menjadi butiran manis yang dapat digunakan sebagai pengganti gula.

  • Xylitol

Ditemukan di permen karet, xylitol adalah gula lima karbon, yang berarti mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan ini dihasilkan oleh tubuh kita, selain yang ditemukan dalam buah-buahan berserat dan sayuran, jagung, tongkol, dan lain-lain.

  • Kurma

Kurma diproduksi dari buah kurma yang telah dikeringkan dengan mendehidrasi buah tersebut. Manfaat gizi dari kurma dan rasa manis di dalamnya menjadikan kurma baik digunakan sebagai alternatif dari gula dan idela juga bila dijadikan sebagai pengganti gula merah.

  • Sirup beras merah

Terbuat dari beras merah yang dididihkan, sirup gluten ini memiliki banyak manfaat dari beras merah yang sehat dan dapat digunakan sebagai pengganti gula seperti dalam makanan pancake dan salad.

  • Stevia

Bahan yang satu ini konon tiga ratus kali lebih manis dari gula. Stevia adalah ramuan yang ditemukan di Amerika Selatan dan digunakan sebagai suplemen makanan sebagai pengganti gula.

Tidak memiliki kalori dan juga tidak meninggalkan dampak glisemik, yang membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes dan mereka yang mencoba untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Nah, itu tadi beberapa macam pemanis alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula pasir. Bagi penderita diabetes, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu kepada dokter untuk dosis agar aman dikonsumsi.

Simak juga: 10 Manfaat Kesehatan Berhenti Makanan Serba Manis

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *