8 Penyebab Naiknya Asam Lambung yang Anda Perlu Tahu

by

Naiknya asam lambung adalah salah satu kondisi yang paling sering diderita seseorang saat mengalami masalah pencernaan. Apakah Anda mengalami rasa terbakar atau lebih parahnya rasa nyeri di perut?

8 Penyebab Naiknya Asam Lambung yang Anda Perlu Tahu
Maka sudah bisa dipastikan Anda tengah menderita maag atau naiknya asam lambung. Untuk mencegah maag tersebut, pertama-tama Anda harus menyadari penyebabnya. Asam yang disekresikan oleh tubuh secara umum membantu dalam proses pencernaan dengan memecah makanan yang dikonsumsi.

Tapi ketika tubuh memproduksi asam berlebih, hal itu akan mengarah ke naiknya asam lambung. Ini menimbulkan semacam rasa panas dalam perut yang disertai dengan rasa sakit.

Awalnya, Anda mungkin mengabaikan rasa tak nyaman tersebut, dan berpikir itu hanyalah beberapa masalah kecil di saluran pencernaan Anda. Tetapi jika tidak dirawat tepat waktu, mungkin sakit maag tersebut bisa berubah menjadi ulkus lambung dan kanker di kemudian hari. 

Baca juga: 10 Gejala Tukak Lambung yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Oleh karena itu, Anda perlu sangat berhati-hati dan waspada akan gejala maag. Maag juga dapat disebabkan karena konsumsi makanan asam atau juga dapat disebabkan secara tidak langsung karena faktor gaya hidup tertentu. Berikut faktor yang menyebabkan naiknya asam lambung.

  • Minum minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol menyebabkan kerusakan lapisan lambung dan meningkatkan produksi asam di lambung. Lebih lanjut menyebabkan dehidrasi sehingga mempengaruhi saluran pencernaan.

  • Makan junk food

Junk food terutama makanan yang memiliki rasa pedas, berminyak dan makanan yang digoreng nantinya akan mempengaruhi lapisan perut dan meningkatkan keasaman lambung. Ini memicu seringnya bersendawa dan juga menyebabkan rasa sakit di perut.

  • Makan berlebihan

Ketika perut menerima sejumlah besar makanan sekaligus, produksi asam juga meningkat dan ini menyebabkan tingkat keasaman meningkat dan masalah pencernaan.

Untuk mengatasinya, agar asam lambung Anda tak naik, lebih baik untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil karena hal ini membantu dalam produksi asam dari tubuh yang tentunya sangat diperlukan untuk proses pencernaan.

  • Stres

Ketika seseorang sedang stres tinggi, rupanya juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan naiknya keasaman dalam lambung. Selain itu, ketika seseorang sedang dalam fase tertekan, tubuh cenderung untuk melepaskan hormon stres yang menyebabkan masalah pencernaan.

  • Merokok

Maag atau naiknya asam lambung juga dapat dialami oleh mereka yang perokok. Dan hal tersebut adalah salah satu masalah umum. Kandungan nikotin dalam rokok mempengaruhi lapisan perut dan menyebabkan kelebihan produksi asam.

  • Kurang konsumsi air

Ketika tubuh gagal untuk mendapatkan cukup air untuk hidrasi, hal tersebut akan menyebabkan naiknya asam di lambung. Mengkonsumsi banyak air setidaknya 8 gelas sehari adalah penting karena hal ini membantu dalam menyeimbangkan kelebihan asam yang diproduksi terutama di saluran pencernaan.

  • Minum kopi dan minuman ringan

Kopi dan minuman ringan mengandung kafein yang mempengaruhi lapisan perut dan hal tersebut rupanya meningkatkan produksi asam dalam tubuh. Oleh karena itu, minum berlebihan kopi dan minuman ringan harus dihindari untuk mencegah naiknya tingkat keasaman lambung. 

Simak juga: Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

  • Obat

Obat-obatan, terutama obat penghilang rasa sakit, menyebabkan penigkatan produksi asam di lambung sehingga menyebabkan keasaman dan pada akhirnya akan mengakibatkan maag.

Kebiasaan ini juga mempengaruhi sistem pencernaan. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *