7 Penyakit Tak Terduga yang Bisa Diturunkan dari Orangtua

by

Penyakit Keturunan Orangtua | Anda pasti pernah berdiri di depan cermin dan menyadari bahwa bentuk fisik Anda mirip dengan orangtua Anda. Hidung mirip punya ibu, mata mirip dengan ayah, dan lain sebagainya. Hampir semua bentuk fisik Anda adalah warisan kedua orangtua.

7 Penyakit Tak Terduga yang Bisa Diturunkan dari Orangtua
Selain fisik dan karakter, penyakit tertentu yang diidap oleh orangtua bisa diwariskan kepada Anda. Ya, seperti yang kita tahu, kita bisa memperoleh banyak ciri-ciri fisik dan kepribadian dari orang tua kita dan bahkan anggota keluarga lainnya karena transfer DNA yang terjadi antara orangtua dan anak.

Ada sejumlah penyakit yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan tertentu. Misalnya, jika salah satu orang tua Anda menderita diabetes, kemungkinan besar Anda juga akan mengidap penyakit terkait diabetes dalam hidup Anda.

Banyak penelitian telah mengklaim bahwa susunan genetik individu dapat menjadi mirip dengan orangtuanya atau kerabat dekat, bahkan ketika hal itu berhubungan dengan penyakit tertentu. Jadi, sangat penting untuk belajar tentang sejarah medis keluarga Anda.

Berikut adalah daftar penyakit tak terduga yang dapat diwariskan dari orangtua atau anggota keluarga lainnya kepada Anda. Waspada, ya!

7 Penyakit Warisan Orangtua

  • Kolesterol Tinggi 

Tentunya Anda tahu bahwa kolesterol tinggi dapat terjadi dari gaya hidup yang tidak sehat. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa genetik dan dikenal sebagai hiperkolesterolemia familial.

  • Kanker Payudara 

Kanker payudara adalah penyakit lain yang dapat diwariskan dari salah satu orangtua (bahkan ayah). Hal ini terjadi karena mutasi gen tertentu yang terjadi dalam DNA mereka, yang diteruskan ke keturunan perempuan.

  • Kebotakan Pada Pria

Penyakit terkait rambut ini, umumnya dihadapi oleh banyak pria paruh baya, yang juga dapat menjadi hasil dari gen warisan tertentu, bahkan dari ibu. Namun, faktor lingkungan juga berperan besar ketika laki-laki mengalami kebotakan.

  • Diabetes 

Diabetes adalah penyakit umum lain yang bisa diturunkan dari orangtua. Dalam banyak kasus, jika kedua orangtua menderita diabetes, keturunannya dapat juga mengembangkan diabetes di awal-awal usia.

  • Intoleransi Laktosa 

Intoleransi laktosa dapat menjadi kondisi genetik karena mungkin tidak adanya gen yang bertanggung jawab untuk pencernaan laktosa oleh tubuh, pada orangtua, sehingga gen tidak dapat ditransfer kepada keturunannya. Jadi, jika Anda mengalami alergi susu, kemungkinan kondisi itu diturunkan dari orangtua Anda.

  • Depresi 

Banyak studi penelitian telah mencatat bahwa depresi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, karena gen-gen tertentu yang bertanggung jawab dalam memproduksi serotonin dan dopamine mungkin tidak ada pada keturunannya.

  • Alkoholisme 

Keturunan juga bisa menjadi salah satu penyebab dari alkoholisme, bersama dengan berbagai faktor lain yang disebabkan oleh mutasi genetik yang bertanggung jawab atas perilaku adiktif. Jadi, jika salah satu orangtua Anda kencanduan alkohol, Anda juga berpotensi mengalami masalah serupa.

Nah, itu tadi beberapa penyakit keturunan orangtua. Jadi, jika Anda mengalami salah satu penyakit tersebut, maka bisa jadi berasal dari riwayat keluarga. Oleh sebab itu, Anda tetap waspada dan tetap menjalani pola hidup yang sehat.


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *