10 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

by

Selama kehamilan, anda mungkin mengalami perasaan berbunga-bunga karena rambut anda terlihat tebal berkilau. Tapi perasaan tersebut bisa berubah jadi was-was dan sedih setelah bayi lahir.

Setelah melahirkan, rambut akan mengalami kerontokan. Biasanya jika dirata-rata, seseorang akan kehilangan 100 helai rambut sehari. Perubahan hormonal dalam tubuh selama kehamilan menjaga rambut kuat serta terhindar dari kerontokan.

10 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Tingkat peningkatan estrogen membuat rambut berada di fase anagen (atau fase pertumbuhan) yang menyebabkan minimnya rambut rontok dan membuat rambut anda terlihat lebat dan tebal.

Tapi segera setelah melahirkan, kadar estrogen mulai menurun dan semua rambut yang berada dalam fase anagen akhirnya memasuki fase istirahat dan mulai rontok. Rambut rontok pasca melahirkan dapat dimulai setiap hari setelah bayi anda lahir.

Namun anda tak perlu khawatir jika kondisi ini terjadi. Ini merupakan kondisi normal. Proses kerontokan rambut dapat berlangsung dari enam bulan sampai satu tahun.

Tidak ada banyak yang bisa dilakukan untuk menghentikannya, tapi perubahan gaya hidup sederhana dan pengobatan alami dapat mengurangi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Berikut 10 cara mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan.

1. Menangani Rambut dengan Perawatan

Setelah melahirkan, dibutuhkan beberapa waktu untuk membentuk jadwal perawatan rambut karena ada banyak tanggung jawab yang harus anda lakukan untuk mengurus si bayi.

Hal ini sering membuat anda mengabaikan perawatan rambut. Jadi, langkah pertama untuk mencegah rambut rontok adalah dengan perawatan rambut yang tepat.

Cuci rambut anda dengan lembut tapi dengan shampoo yang baik, 2 atau 3 kali seminggu. Jangan gunakan air panas untuk mencuci rambut anda. Gunakan air hangat atau dingin.

Jangan menyisir, menyikat atau mengikat rambut anda saat basah. Cobalah untuk tetap membiarkannya terurai sampai sepenuhnya kering.

2. Bebas Stres

Wajar bila anda merasa stres setelah bayi lahir. Ada begitu banyak hal-hal baru untuk diurus. Tetapi stres tidak baik untuk kesehatan rambut anda. Bahkan, stres dapat membuat rambut rontok pasaca melahirkan menjadi lebih buruk.

Depresi juga dapat mengganggu siklus rambut normal dan memicu rambut untuk masuk telogen atau tahap rontok. Jadi, cobalah untuk tidak stress apapun masalahnya.

3. Jalani Pola Makan Sehat

Diet dengan pola makan yang baik berpengaruh terhadap kesehatan rambut anda. Makanlah makanan yang kaya protein dan vitamin serta mineral. Pilihlah makanan tinggi vitamin A, B, C dan E serta zat besi, zink, tembaga, magnesium dan selenium.

4. Rutin Memijat Kulit Kepala

Pijat secara teratur kulit kepala anda dengan minyak untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala serta kondisi kulit kepala dan memperkuat akar rambut.

Terapkan suam-suam kuku minyak zaitun atau minyak kelapa pada kulit kepala anda. Dengan lembut pijat kulit kepala anda selama minimal 5 sampai 10 menit menggunakan ujung jari.

5. Asupan Biotin

Biotin adalah vitamin B-kompleks yang membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Vitamin ini membantu mengurangi rambut rontok pasca melahirkan karena membantu dalam sintesis protein rambut, seperti keratin. Kekurangan biotin menyebabkan kerusakan rambut dan rambut rontok.

6. Keramas Santan

Obat lain yang baik untuk menangani rambut rontok adalah santan. Santan kaya protein, vitamin dan mineral yang mengembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala. Bahkan membuat rambut lembut dan menambahkan volume pada rambut anda.

7. Terapi Telur

Selain kaya protein, telur memiliki beberapa mineral dan asam lemak esensial yang dapat menyuburkan rambut dan membuatnya bersinar alami. Gunakan 1 atau 2 telur, tergantung pada panjang rambut anda.

Kocok telur secara merata. Campuran dalam 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran pada rambut basah dan tunggu sekitar 30 menit. Setelahnya, cuci rambut anda dengan air hangat dan shampo.

8. Amla

Amla sangat bergizi untuk rambut anda. Hal ini kaya vitamin C yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Juga, sifat obat pada amla banyak membantu dalam mengurangi rambut rontok dan mempertahankan tingkat pertumbuhan rambut sehat.

9. Fenugreek

Biji fenugreek mengandung anteseden yang mempromosikan pertumbuhan rambut dan membantu membangun kembali folikel rambut. Bahan ini juga mengandung protein, yang baik untuk kesehatan rambut secara keseluruhan.

10. Lidah Buaya

Aloe vera juga sangat bagus untuk kesehatan rambut anda, karena menyediakan nutrisi, mendorong pertumbuhan rambut, dan mencegah rambut rontok. Bahkan, lidah buaya membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala anda, yang penting untuk pertumbuhan rambut sehat.

Nah, itu tadi beberapa cara alami mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Pilihlah cara yang menurut anda paling mudah. Selamat mencoba!

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *