10 Cara Mengatasi Mulut dan Lidah Terasa Logam

by

Lidah Terasa Logam | Dysgeusia adalah suatu kondisi di mana anda merasakan logam di mulut dan lidah yang disertai rasa pahit. Kondisi ini biasanya juga dapat dibarengi rasa mual serta kemudian muntah.

10 Cara Mengatasi Mulut dan Lidah Terasa Logam
 
Bahkan, rasa logam tersebut dapat menyebabkan makanan untuk yang anda cicipi menjadi tidak enak dan menghasilkan rasa pahit. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan serta depresi.

Beberapa penyebab dari rasa logam atau pahit dalam mulut diantaranya refleks asam, dehidrasi, bernapas melalui mulut, merokok, mulut kering, kehamilan, masalah sinus, hiperparatiroidisme, diabetes yang tidak terkontrol, infeksi saluran pernapasan atas, demensia, efek samping dari obat tertentu, dan kebersihan mulut yang buruk.

Dalam kebanyakan kasus, rasa logam di mulut dapat berhasil diobati dengan pengobatan rumah dan perubahan gaya hidup tertentu.

Namun, jika masalahnya menjadi kronis, pertimbangkan untuk segera menemui dokter guna mengidentifikasi kondisi yang mendasarinya yang menyebabkan rasa logam di mulut anda dengan pengobatan yang tepat. Berikut adalah 10 cara alami untuk menyingkirkan rasa logam di mulut.

10 Bahan Mengatasi Mulut dan Lidah Terasa Logam

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah solusi alami, kaya nutrisi yang menyeimbangkan pH dalam mulut. Ini membantu mengalkalisasi serta menetralkan lingkungan asam di mulut. Juga rasa asam cuka sari apel akan merangsang air liur, yang pada gilirannya menghilangkan rasa logam dalam mulut.

2. Baking Soda

Sebuah senyawa alami, baking soda dapat membantu mengatur pH, sehingga mencegah ketidakseimbangan asam dan alkali di dalam tubuh. Hal ini membuat baking soda efektif untuk menghilangkan asam atau rasa logam di mulut. Baking soda juga efektif untuk menghilangkan plak dan bakteri berbahaya dalam mulut.

3. Air Garam

Untuk menjaga kebersihan mulut, berkumur-kumurlah dengan air garam. Garam mengandung natrium klorida, yang membatasi pertumbuhan bakteri di mulut serta membantu menetralkan asam. Bahan alami ini ampuh untuk menyingkirkan rasa logam.

4. Teh Hijau

Jika dysgeusia tersebut terkait dengan masalah pencernaan, teh hijau dapat membantu mengobatinya. Minuman sehat ini membantu melawan infeksi bakteri dan mengontrol peradangan, karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Bahkan, kehadiran katekin dalam teh hijau dapat memerangi rasa pahit di mulut. Pada saat yang sama, teh hijau meningkatkan kesehatan mulut, yang penting untuk mencegah bau mulut dan napas.

5. Kayu Manis

Bubuk kayu manis juga dapat memerangi rasa busuk dalam mulut. Beberapa senyawa serta agen antioksidan dalam kayu manis membantu dalam menyingkirkan rasa logam di mulut.

Bau mulut juga memainkan peran kunci dalam mengaktifkan selera makan. Plus, kayu manis bekerja sebagai antasid dan membantu menghilangkan gas perut.

6. Minyak Kelapa

Kelebihan racun dalam tubuh adalah alasan utama lain di balik rasa busuk dalam mulut. Untuk mengatasi akar penyebab ini, minyak kelapa extra-virgin adalah obat alami yang bisa anda gunakan.

Minyak kelapa extra-virgin dapat membantu menyingkirkan racun serta bakteri penyebab bau di mulut. Bahan ini juga menenangkan dan merangsang meridian utama dalam lidah.

7. Lemon

Untuk mengatasi rasa busuk dalam mulut, anda juga bisa memanfaatkan lemon. Asam sitrat dalam lemon merangsang air liur, yang membantu memecah rasa logam di mulut dan bahkan mencegah pertumbuhan bakteri untuk menjaga kesehatan mulut.

8. Peppermint

Jika sinus dan saluran pernapasan atas anda terinfeksi sehingga menyebabkan dysgeusia dan halitosis, anda dapat mengobati masalah ini dengan peppermint karena efek antibakteri alami. 

Peppermint menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga mencegah bau busuk. Bahan ini juga menenangkan sistem pencernaan dan memudahkan gejala refluks asam, yang meliputi rasa logam di mulut.

9. Air Putih

Untuk menyingkirkan dysgeusia, adalah penting untuk minum air putih secara berkala. Ini akan membantu membersihkan racun yang hadir dalam mulut. Air juga membantu tubuh menghilangkan kotoran yang mengandung racun berbahaya.

10. Hygiene Oral

Praktik kebersihan mulut yang baik harus menjadi bagian dari pengendalian masalah oral. Hal ini dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, termasuk dysgeusia.

Pastikan untuk menyikat gigi dan lidah setidaknya 2 menit dalam dua kali sehari. Juga, bersihkan gigi anda setelah makan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Nah, itu tadi beberapa cara alami mengatasi lidah terasa logam. Jika rasa logam tidak juga hilang, sebaiknya hubungi dokter. Semoga bermanfaat.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengatasi rasa logam di mulut
  • mengatasi mulut terasa logam
  • dysgeusia
  • obat alami mulut terasa asam
  • dysgeusia adalah
  • cara mengatasi lidah terasa manis
  • cara menghilangkan rasa logam di mulut
  • menetralkan mulut asam
  • cara mengobati dysgeusia
  • cara menghilangkan rasa asam di mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *