10 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

by

Pasca kehamilan dan begitu bayi lahir, aktivitas keseharian akan berangsur-angsur kembali normal. Sebagian besar ibu baru mulai mencari cara untuk menurunkan berat badan yang sempat naik saat kehamilan.

10 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Padahal, perlu diketahui bahwa untuk menurunkan berat bedan membutuhkan waktu, karena sebagian besar waktu anda dikhususkan untuk merawat buah hati. Meskipun anda tidak bisa mengabaikan tanggung jawab sebagai orangtua, penting untuk tetap merawat tubuh serta mengembalikannya ke bentuk ideal.

Kunci kesuksesan diet setelah melahirkan yaitu gaya hidup sehat serta pola makan yang seimbang. Dengan kesabaran serta ketelatenan, anda dapat dengan mudah mengembalikan berat badan anda menjadi ideal seperti semula. Berikut adalah 10 tips untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan yang bisa anda coba.

1. Menyusui

Selain sangat bermanfaat bagi sang buah hati, memberikan ASI eksklusif ternyata juga berguna untuk menurunkan berat badan. Seiring dengan lemak terakumulasi selama kehamilan, banyak ibu mengalami peningkatan resistensi insulin serta lipid dan trigliserida.


Menyusui memainkan peran kunci dalam membalikkan perubahan ini, sehingga memperbaiki metabolisme tubuh anda setelah kehamilan.

2. Jalan Sehat

Melakukan olahraga berat segera setelah melahirkan tidak dianjurkan untuk ibu baru. Tetapi jika anda ingin tetap berolahraga, lakukan jenis olahraga yang ringan seperti jalan kaki.

Jalan kaki tidak hanya membantu mengurangi berat badan, bahkan akan meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan energi dan suasana hati, dan membantu menghilangkan stres serta memerangi baby blues.

3. Olahraga Harian 30 Menit

Dua sampai tiga bulan setelah melahirkan, tubuh anda sudah siap untuk berolahraga keras. Bahkan, latihan fisik secara teratur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity melaporkan bahwa olahraga ditambah diet intensif dan target obyektif adalah strategi yang paling efektif untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

4. Tetap Terhidrasi

Ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, satu aturan yang setiap orang harus ikuti adalah menjaga tubuh terhidrasi dengan minum jumlah yang cukup air. Air menginduksi thermogenesis tubuh yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh anda dan membantu dalam pembakaran kalori.

5. Mengelola Stres

Umum bagi ibu baru menjadi kewalahan dan stres usai melahirkan. Tetapi jika anda ingin sukses dalam menurunkan berat badan, jaga kondisi pikiran anda agar tidak stres.

Stres menyebabkan peningkatan jumlah kortisol dalam darah, hormon yang dapat membuat lebih sulit bagi anda untuk menurunkan berat badan. Ketika kortisol serta hormon adrenalin meningkat, hormon ini akan menyebabkan gejala seperti kelelahan, letih, gampang marah dan kenaikan berat badan.

6. Makan Sehat

Jika anda sedang menyusui, penting untuk mengikuti diet kaya nutrisi untuk membantu anda tetap sehat dan juga membantu dalam memproduksi susu yang cukup untuk bayi.

Pola makan yang sehat juga memiliki andil penting dalam mensukseskan program diet anda. Makan makanan yang tidak sehat adalah salah satu penyebab utama di balik kelebihan berat badan selama kehamilan.

7. Selalu Sarapan

Untuk menurunkan berat badan, melewatkan sarapan tidak dianjurkan dan terutama untuk ibu menyusui. Melewatkan sarapan dapat mempengaruhi pasokan susu, yang dapat menghambat pertumbuhan bayi anda. Seiring dengan makan sarapan setiap hari, penting untuk makan yang sehat, seperti oatmeal.

8. Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting untuk mendukung program penurunan berat badan anda. Tidak cukup tidur dapat mempengaruhi metabolisme dan memperlambat proses penurunan berat badan anda.

Ingat bahwa jika anda tidak cukup tidur, anda tidak akan memiliki energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari, yang merupakan kunci untuk mengelola stres serta penurunan berat badan.

9. Selektif Memilih Camilan

Sebagai seorang ibu baru yang menyusui, sering merasa lapar adalah normal. Tapi untuk memuaskan rasa lapar tersebut, jangan memakan makanan ringan yang tidak sehat. Ini akan sulit bagi anda untuk menurunkan berat badan dan bahkan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

10. Pakai Korset

Memakai korset pasca melahirkan telah digunakan selama berabad-abad. Pemakaian korset dengan menggunakan stagen membantu mengurangi berat badan, terutama di bagian jaringan rahim, otot perut, dan lemak.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *