7 Tips Mengatasi Sakit Perut Saat Bangun Tidur

by

Sakit perut saat bangun tidur memang terasa sangat menjengkelkan. Saat anda masih mengantuk, kondisi perut yang bermasalah memaksa anda beranjak dari tempat tidur. Ketika masalah tersebut terjadi, mood anda pun ikut terganggu.

7 Tips Mengatasi Sakit Perut Saat Bangun Tidur
Jika anda sering mengalami gangguan sakit perut tersebut, maka ada tips tertentu yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan sakit perut atau mulas yang terus menerus terjadi di pagi hari.

Sakit perut memang salah satu gangguan yang paling umum dialami banyak orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Bahkan dari bayi yang baru lahir sampai orang lanjut usia, akan mengalami beberapa jenis sakit perut, setidaknya beberapa kali dalam seumur hidup.

Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu penyebab paling umum adalah gastritis, atau akumulasi gas dalam perut, yang terjadi karena tekanan pada otot internal dan jaringan, lalu kemudian akan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab lain sakit perut diantaranya kram menstruasi, gangguan pencernaan, keasaman, sakit maag, sembelit, kanker usus besar, makan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Nah untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meredakan rasa sakit perut yang mengganggu sesaat setelah anda bangun tidur.

Cara Meredakan Sakit Perut di Pagi Hari


Tips 1

Jika anda merasa nyeri di perut saat pagi hari, terutama di bagian bawah perut, minum air dan coba untuk berjalan-jelan di sekitar rumah. Selanjutnya, anda bisa menggunakan toilet untuk buang air besar. Kadang hal tersebut disebabkan oleh sembelit.

Tips 2

Hindari minum kopi jika anda sudah sering mengalami sakit perut di pagi hari, karena kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan peradangan internal dan lebih memperburuk rasa sakit anda.

Tips 3

Jika anda mengalami rasa sakit yang tajam di pertengahan wilayah perut anda, itu bisa dikarenakan penyakit gastritis. Cobalah minum air panas, dicampur dengan jahe sebagai pertolongan pertama dan menenangkan serta menghangatkan rasa sakit perut anda.

Tips 4

Jika nyeri perut anda ringan, coba lakukan olahraga ringan di pagi hari. Sebab kadang-kadang, berolahraga dapat melepaskan gas yang terakumulasi di perut dan kemudahan menghilangkan rasa sakit.

Tips 5

Jika rasa sakit perut anda seperti gastritis dan berlangsung secara terus menerus, maka anda lebih baik langsung minum obat anti-gas atau antasida yang dapat menyembuhkan sakit perut karena gas dan kembung.

Tips 6

Anda juga dapat meletakkan kantong air panas pada perut anda. Tips ini dapat mengurangi peradangan yang pada gilirannya mengurangi sakit perut. Selain itu, kantong air panas tersebut akan menenangkan perut anda.

Tips 7

Jika nyeri perut anda di pagi hari masih saja berlanjut, setelah minum obat, maka penting untuk segera hubungi dokter dan segera melakukan pemeriksaan serta tes laboratorium, untuk menganalisis apa masalahnya yang menyebabkan perut anda terasa sakit.

Nah, itu tadi beberapa tahapan sekaligus tips meredakan sakit perut setelah bangun tidur. Jangan pernah mengabaikan masalah sakit perut, karena bisa jadi itu merupakan pertanda ada yang tidak beres dengan pencernaan anda.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • bangun tidur perut terasa nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *