8 Tahap Penting Perkembangan Bayi di 12 Bulan Pertama

by

Tahun pertama usia bayi sangatlah penting. Setiap tahapan tumbuh kembang bayi selama dua belas bulan pertama pun tak kalah penting.

8 Tahap Penting Perkembangan Bayi di 12 Bulan Pertama
Karena itulah, anda pun butuh memberi perhatian ekstra agar perkembangan bayi anda berjalan dengan sempurna. Selama 12 bulan, bayi belajar bagaimana merangkak, berjalan, mengucapkan beberapa kata, dan mengenali obyek.

Otak berkembang pada kecepatan yang sangat cepat selama bulan-bulan tersebut. Oleh sebab itu, orangtua mungkin perlu untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan buah hati mereka selama bulan-bulan formatif tersebut.

Bayi berkembang lebih cepat dan beberapa membutuhkan proses yang agak lama, tapi dalam setahun akan ada banyak perubahan besar di dirinya terkait dengan perubahan fisik maupun psikis. Berikut ini tahapan penting yang bakal dialami bayi pada 12 bulan pertamanya.

8 Tahap Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

1. Satu Hari Setelah Kelahirannya

Selama beberapa hari pertama, baru lahir umumnya berkomunikasi hanya melalui tangisan, cegukan, bersin dan dengusan. Bayi yang baru lahir hanya dapat melihat dengan jelas dalam jarak 10-12 inci.

2. Bulan 1

Pada akhir bulan pertama, bayi mengembangkan kemampuan pendengaran dan mungkin mulai menanggapi suara familiar. 

3. Bulan 2

Pada bulan kedua, bayi mengisap jempol dan juga berkembang lebih baik organ matanya untuk mengenali benda asing.

4. Bulan 3

Pada bulan ini bayi mencoba untuk meniru ekspresi anda, dan juga gerakan serta suara. Seorang bayi juga belajar untuk membuat kontak mata selama bulan ini dan akan mulai mengenali wajah orang-orang yang akrab atau sering berinteraksi dengannya.

5. Bulan 4, 5 dan 6

Tumbuh gigi dimulai di bulan ini. Bayi menunjukkan antusiasme untuk bergerak di sekitar. Pada bulan 5, bayi akan mulai belajar untuk memahami benda-benda kecil dan menyentuh benda tersebut.

Selama bulan 6, bayi mencoba untuk duduk sendiri. Bulan 7 penglihatannya menjadi jelas. Pada bulan ini bayi juga akan mampu berdiri tapi dengan dibantu dukungan seseorang.

6. Bulan 8

Pada bulan ini bayi mulai merangkak di lantai. Bayi dapat duduk dari posisi tidur di bulan ini.

7. Bulan 9 & 10

Bayi akan dapat menangkap petunjuk tertentu dan mengingat benda-benda tertentu. Bayi juga mengembangkan rasa memiliki sehingga sering tak suka bila benda kesayangannya disentuh orang lain.

8. Bulan 11 & 12

Beberapa bayi mulai berdiri dan berjalan pada bulan-bulan ini. Juga, bayi dapat mengucapkan kata-kata sederhana seperti ‘mama’, dan kata yang dapat dengan mudah dipahami dan diucapkan.

Nah, itu tadi tahapan krusial tumbuh kembang bayi di tahun pertama. Semoga bisa menjadi petunjuk orangtua untuk memantau perkembangan sang buah hati.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *