9 Resep Ampuh Mengatasi Ketombe Secara Alami

by

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sangat menggangu penampilan. Kondisi ini tentunya akan membuat anda tidak pede bila sampai noda kecil berwarna putih tersebut rontok di baju anda.

9 Resep Ampuh Mengatasi Ketombe Secara Alami

Untuk mengatasi ketombe membandel, anda mungkin sudah mencoba berbagai cara seperti menggunakan shampo anti ketombe, dan lain sebagainya.

Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang paling menjengkelkan, dan telah banyak shampo yang mengklaim produk mereka mampu mengatasi masalah tersebut.

Namun, kini anda tak perlu lagi khawatir, karena rupanya banyak bahan rumahan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ketombe tersebut.

Selain harganya murah, menggunakan bahan tersebut terbukti aman dan tak menimbulkan efek samping. Berikut adalah bahan di dapur dan cara menggunakannya untuk mengatasi ketombe yang menjengkelkan di kulit kepala anda.

1. Lemon + Coconut Oil 

Lemon berkhasiat menghentikan pertumbuhan ketombe dan mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala anda, sehingga membantu mengatasi ketombe. Di sisi lain, minyak kelapa adalah antibakteri alami untuk melembabkan kulit kepala.

Campur dua sdm minyak kelapa hangat dengan jumlah yang sama dengan air lemon. Oleskan campuran ini ke kulit kepala anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.

Biarkan selama 30 menit. Lalu cuci dengan shampo ringan. Ulangi tiga kali seminggu selama satu bulan untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-jamur yang meredakan gatal dari ketombe menjengkelkan. Bahan ini dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat menyingkirkan ketombe.

Ambil dua siung bawang putih, hancurkan dan campuran bersama dengan madu. Oleskan campuran ini pada kulit kepala anda dan biarkan selama 20 menit.

3. Telur

Telur mengandung biotin baik untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Selain mengobati ketombe, telur juga membantu dalam melembabkan rambut dan kulit kepala, membuat rambut lembut dan halus.

Campur kuning telur dalam mangkuk dan terapkan pada kulit kepala rambut anda. Tutupi kepala anda menggunakan handuk dan biarkan selama satu jam.

4. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu yang bahan dapur anti-jamur yang membuat ketombe di kulit kepala anda menghilang. Ini membantu dalam membunuh jamur yang menyebabkan kulit kepala berketombe.

Ambil 1 sdm baking soda dan gosokkan pada kulit kepala anda. Biarkan soda di kepala anda selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air.

5. Aloe Vera

Sifat anti-jamur dan antibakteri dalam lidah buaya membantu dalam memerangi bakteri pada kulit kepala anda, sehingga mencegah ketombe. Iris daun lidah buaya, ekstrak gel segar dan oleskan pada kulit kepala anda. Biarkan rambut anda selama sekitar 30 menit dan kemudian cuci dengan shampo.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel salah satu bahan sehat yang membantu dalam mengendalikan pertumbuhan jamur, yang merupakan penyebab utama ketombe.

Campur 8 sdm air dan cuka sari apel dalam mangkuk. Gunakan ini untuk memijat kulit kepala anda dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas rambut anda hanya menggunakan air.

7. Biji Fenugreek

Biji fenugreek mengandung sifat anti-jamur di dalamnya yang membantu dalam membersihkan kulit kepala anda dari ketombe. Biji ini memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya dan mereka bertindak sebagai salah satu agen utama untuk mengontrol pertumbuhan ketombe.

Ambil dua sampai tiga sendok makan biji fenugreek dan rendaman air semalaman, giling biji ini untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta seluruh kulit kepala anda dan cuci dengan shampo setelahnya.

8. Yogurt

Yogurt memiliki sifat pro-biotik dan mengandung bakteri baik. Bakteri ini membantu dalam mengendalikan pertumbuhan sel-sel jamur, sehingga mengendalikan ketombe Pertama, cuci rambut dan kemudian ambil secangkir yogurt polos dan terapkan pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit.

9. Daun Nimba

Daun nimba kaya sifat anti-jamur dan merupakan salah satu yang terbaik dari bahan dapur yang akan membantu anda dalam menyingkirkan ketombe. Haluskan daun nimba. Terapkan pada kulit kepala anda dan biarkan selama satu jam.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *