Apa Itu Metode Diet Rendah Karbohidrat?

by

Apa Itu Karbohidrat ?


Karbohidrat merupakan sumber energi dalam tubuh kita. Karbohidrat yang kita temui dalam makanan berbentuk tepung-tepungan dan gula.

Apa Itu Metode Diet Rendah Karbohidrat?
Serat juga termasuk dalam kelompok karbohidrat, tapi karena serat tak dapat dicerna maka tidak dihitung sebagai sumber energi. Serat dapat membantu menurunkan level kolesterol dalam darah karena itu kita tetap perlu mengonsumsi serat.

Macam-Macam Karbohidrat

Ada dua macam karbohidrat yang kita temui dalam makanan:

1. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana berada dalam minuman ringan, susu, jus buah buahan, permen, dan pemanis. Karena hanya memerlukan sedikit waktu untuk dicerna maka karbohidrat sederhana dapat memulihkan energi kita dengan cepat. Karbohidrat sederhana baik digunakan sebagai asupan bagi tubuh setelah berpuasa.

Namun, karbohidrat ini tidak terlalu baik digunakan sebagai dasar makanan bagi diet karena waktu cerna yang cepat menyebabkan energi dari karbohidrat cepat dibakar dalam tubuh dan menjadikan kamu cepat lapar kembali.

2. Karbohidrat kompleks

Sumber dari karbohidrat ini adalah padi-padian seperti beras atau gandum utuh, sereal, pasta, serta buah dan sayur-mayur. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh daripada karbohidrat sederhana.

Oleh karena itu, sebenarnya karbohidrat ini baik untuk diet karena memberikan energi terbaik untuk pembakaran dalam tubuh yang dilakukan secara berkala dan konstan.

Metode Diet Rendah Karbohidrat

Secara normal makanan yang kita makan setiap harinya terdiri dari 60% karbohidrat, sisanya merupakan protein dan lemak. 

Apa yang dimaksud dengan diet rendah karbohidrat?
Diet rendah karbohidrat adalah program diet untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur asupan makanan yang masuk melalui cara pembatasan asupan karbohidrat.

Berdasarkan riset, ada hubungan antara konsumsi karbohidrat dengan peningkatan level insulin. Peningkatan level insulin sendiri merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kegemukan.

Program diet yang mengusung resep makanan rendah karbohidrat seperti diet Dr. Atkins dan diet South Beach umumnya akan membatasi jumlah asupan karbohidrat (seperti gula, nasi, gandum dan tepung-tepungan) dan digantikan oleh sumber makanan lain yang mengandung protein dan lemak.

Sayur-mayur, walaupun tergolong sebagai bagian dari karbohidrat namun memiliki unsur yang baik bagi tubuh daripada sumber karbohidrat yang berasal dari padi-padian. Sehingga sayur-mayur tetap diikutsertakan dalam resep diet rendah karbohidrat.

Perbedaan diet Atkins dengan South Beach diet terletak pada persentase karbohidrat dan protein yang digunakan dalam menu diet sehari-hari. Pada diet Atkins, peresentase karbohidrat yang digunakan dalam menu makanan sehari-hari jauh lebih sedikit dari diet South Beach.

Diet semacam ini sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke 19, jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat seperti sekarang. Berbagai resep Holistik yang diterapkan pada masa lalu juga menekankan pada pembatasan asupan makanan terutama yang mengandung karbohidrat.

Hingga kini, meskipun program diet rendah karbohidrat telah banyak dirasakan khasiat serta manfaatnya oleh banyak pelaku diet yang disiplin menjalankannya, kerap kali juga menimbulkan kontroversi di antara banyak ahli gizi mengenai asupan protein dan lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

Metode pada diet ini menerangkan sumber-sumber karbohidrat mana yang boleh dan tidak boleh dimakan. Namun, pemikiran akan karbohidrat sebagai sumber energi yang banyak dihilangkan dan sumber makanan pengganti yang tinggi lemak membuat para ahli gizi khawatir akan kesehatan yang mejalankan program diet ini.

Sebagai perbandingannya, cara masak digunakan ala Perancis di masa lalu yang umumnya menggunakan berbagai jenis bahan tinggi lemak bahkan dapat menurunkan obesitas dan kematian yang disebabkan oleh obesitas dan jantung koroner dibandingkan dengan diet tinggi gula dengan mengosumsikan asupan makan dan level berolahraga sama besar.

Karena itu tentunya perlu sekali mendisiplinkan diri saat kamu telah memilih dan memulai suatu program diet.

(mw/cw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *