Bagaimana Memilih Diet yang Tepat?

by

Memilih Diet yang Tepat | Diet, dalam arti yang sesungguhnya adalah menyesuaikan asupan pola makan dengan aktivitas yang kita jalani setiap harinya.

Bagaimana Memilih Diet yang Tepat?
Seringkali kita menyalahartikan diet dengan definisi mengurangi asupan makanan untuk menurunkan berat badan. Tidak sedikit yang bertanya-tanya mengapa saat mereka mengurangi makan mereka justru menjadi tambah gemuk.

Pada dasarnya, tubuh manusia didesain untuk bertahan hidup sehingga saat kita memutuskan untuk memperpanjang waktu makan atau memutuskan tidak makan, metabolisme tubuh akan melambat secara berkala untuk menjaga energi tubuh dan terus mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak.

Itulah sebabnya tidak makan sama sekali bukan merupakan solusi yang baik jika kamu ingin mengurangi berat badan.

Bagaimana Memilih Diet yang Tepat?

Diet tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki kelebihan berat badan, namun juga dapat dilakukan oleh para pemilik berat badan normal untuk menjaga kesehatan tubuhnya setiap hari, sepanjang tahun, sepanjang hidup kita.

Pemilihan diet yang tepat sangat penting karena adanya perbedaan metabolisme tubuh yang membakar kalori dan tingkat aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Karena itu jangan tergoda untuk mengikuti tren diet hanya karena ingin mencoba metode yang disarankan oleh seorang teman yang berhasil menjaga berat badan atau artis favorit kita yang dapat dengan cepat menaikkan atau menurunkan berat badannya.

Aktivitas fisik yang cukup besar dapat membakar kalori dan menyisakan hanya sedikit lemak tubuh. Namun jangan cepat-cepat bangga dulu saat lemak yang tersisa hanya tinggal sedikit di dalam tubuh kita karena lemak juga termasuk unsur gizi yang memiliki manfaat dan dibutuhkan bagi tubuh kita.

Fungsi Lemak dalam Tubuh

Berikut adalah kegunaan-kegunaan lemak dalam tubuh:

1. Memberikan Perlindungan Bagi Tubuh

Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, serta melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin dan membantu mengatur suhu tubuh.

2. Menjalankan Fungsi Tubuh dan ‘Isolasi’ bagi Tubuh

Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal. Selain itu lemak juga berfungsi sebagai isolasi tubuh yang menjaga panas tubuh agar tidak banyak keluar.

3. Menyerap dan Mengangkut Vitamin

Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan vitamin K. Tanpa lemak, vitamin yang masuk ke dalam tubuh dapat terbuang percuma karena tidak terserap dengan baik, hasilnya tubuh kamu akan kekurangan vitamin dan mudah terserang penyakit.

4. Sebagai Bagian dari Struktur Sel

Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita yang penting untuk memelihara kesehatanrambut, kulit, dan kuku. Tanpa lemak, maka dapat dipastikan struktur sel menjadi rapuh.

5. Kesuburan

Lemak tubuh membantu ketersediaan produksi hormon. Wanita dengan lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini mengakibatkan terhentinya menstruasi.

6. Pemberi Kalori, Asam-Asam Lemak Esensial, dan Daya Tahan Tubuh

Memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat dapat menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi.

Setiap gram lemak memberikan 9 kalori dan hampir semua bahan makanan memiliki lemak walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Sebagai sumber kalori, lemak sebenarnya lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan karbohidrat asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Sebuah studi pernah dilakukan menunjukkan bahwa subjek percobaan berupa hewan-hewan yang tidak mendapatkan asupan lemak yang cukup dalam makanannya berisiko mengalami perlambatan dalam proses perkembangannya, bahkan beberapa hewan penelitian berhenti tumbuh hingga akhirnya mati.

Selain itu, kurangnya asupan lemak dalam makanan juga berpotensi menimbulkan kulit menjadi kering dan bersisik. Karena itu kita tidak dapat menghindari asupan lemak ke dalam tubuh sama sekali.

(mw/cw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *