10 Cara Kreatif Memanfaatkan Sisa Buah dan Sayuran

by

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memang kebiasaan yang sehat. Tetapi ketika anda makan buah dan sayuran secara teratur, biasanya banyak sampah yang tersisa, seperti bagian kulitnya.

10 Cara Kreatif Memanfaatkan Sisa Buah dan Sayuran
Nah, ini merupakan salah satu kebiasaan yang sebaiknya harus anda ubah. Alih-alih cuma memenuhi tempat sampah, kulit buah ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Kulit buah dan sayuran sebenarnya juga mengandung banyak nutrisi. Selain bisa dipakai sebagai garnish atau menghias makanan, kulit buah dan sayuran juga bisa anda olah kembali.

Namun syaratnya, buah dan sayuran tersebut haruslah organik untuk menghindari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Berikut adalah 10 penggunaan yang bisa anda coba dari sisa kulit buah dan sayuran.

1. Sayuran dari Sisa Batang dan Daun

Menggunakan kulit sayuran dan batang sayuran, anda dapat membuat menu baru yang nikmat, sehat, dan ekonomis. Selain bagian dagingnya, kulit pada buah dan sayuran tersebut rupanya juga mengandung nutrisi dan antioksidan kuat.

Pertama, bersihkan kulit dan simpan di dalam lemari es. Setelah itu, tempatkan dalam panci air. Tambahkan beberapa tomat sisa dan sayuran lainnya.

Didihkan dengan api kecil selama 10 sampai 15 menit. Biarkan hingga dingin, lalu saring cairan. Simpam dalam botol kaca atau toples dalam lemari es hingga 4 hari. Gunakan bahan ini untuk membuat sup, risotto atau menu yang direbus lainnya.

2. Bunga Rampai

Jika anda memiliki bakat artistik dan kreatifitas tinggi, anda dapat menggunakan sisa buah dan sayuran untuk membuat bunga rampai. Anda juga akan menghemat uang dengan tidak perlu membeli bunga rampai di toko.

Untuk membuat bunga rampai buatan sendiri, anda dapat menggunakan segala jenis kulit jeruk, kulit buah delima, kulit apel, atau buah lain yang berwarna terang.

3. Scrub dan Pelembab Kulit

Sisa kulit buah dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Antioksidan dan nutrisi dalam kulit sayuran dan buat sangat baik untuk memutihkan kulit, pengelupasan, dan pembersihan.

Beberapa kulit sayuran dan buah juga merupakan pelembab yang baik. Misalnya, kulit dari lemon, apel, pepaya, buah delima, dan pisang dapat dibuat menjadi masker wajah dan body scrub.

4. Memutihkan Gigi

Jangan pernah membuang kulit pisang atau kulit buah jeruk karena dapat membantu memutihkan gigi. Kulit ini mengandung asam sitrat yang membantu mengurangi noda kuning terakumulasi pada gigi

5. Kompos untuk Berkebun

Jika anda suka berkebun, anda dapat membuat kompos yang baik dengan sisa buah dan sayuran. Selain kaya nutrisi, kulit buah dan sayuran membuat tanah lebih subur untuk mendukung budidaya buah-buahan dan sayuran di halaman anda.

Kulit buah dan sayuran bisa dibilang biodegradable, yang akan membusuk dan masuk ke dalam tanah untuk membuat kompos.

6. Membersihkan Peralatan Dapur

Golongan buah jeruk seperti lemon, jeruk bali, dan jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan logam dan membuat bersinar peralatan tembaga dan kuningan. Buah jeruk adalah buah yang mengandung asam sitrat yang tinggi yang mampu untuk memulihkan kilau peralatan tembaga dan kuningan.

7. Lemon Lada Bumbu

Jika anda berencana untuk membuat minuman lemonade, maka jangan buang kulitnya karena dapat digunakan untuk menu lainnya. Lemon mampu menambah rasa dan aroma untuk banyak banyak resep. Anda dapat membuat resep lemon lada bumbu untuk nantinya dimasak bersama ayam, udang, atau ikan.

8. Lilin dari Kulit Jeruk 

Kulit sisa dari buah jeruk dapat digunakan untuk membuat lilin. Pertama, pilih kulit dari jeruk yang dibelah dua yang memiliki empulur panjang yang tersisa di bagian bawah untuk bekerja sebagai sumbu. Isi kulit jeruk dengan minyak goreng atau minyak zaitun.

9. Keripik Kulit 

Kulit sisa kentang atau ubi jalar dapat digunakan untuk membuat keripik yang sehat dan lezat. Pertama, cuci kulit kentang secara menyeluruh di air mengalir. Campur kulit dengan sedikit air jeruk dan minyak zaitun.

Goreng kulit di atas loyang dan masak di api 200 derajat Celsius selama 5 menit. Aduk sekali dan panggang selama 5 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan.

10. Menu Jelly

Kulit dari apel, buah persik dan jambu biji dapat digunakan untuk membuat jelly lezat. Jelly buatan sendiri ini dapat digunakan sebagai topping pada roti, atau biskuit.

Pertama cuci kulit secara menyeluruh di air mengalir, kemudian potong halus. Untuk setiap 1 cangkir kulit buah, campurkan ΒΌ cangkir gula merah. Tambahkan kulit lemon sedikit.

Tambahkan air sesuai selera. Masukkan semua bahan dalam panci dan didihkan dengan api kecil. Aduk sesekali dan dalam waktu 1 jam. Jelly lezat buatan sendiri siap dihidangkan.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *