10 Kesalahan Penggunaan Lensa Kontak yang Merusak Mata

by

Keberadaan lensa kontak memang memiliki manfaat besar bagi banyak orang. Tapi setiap produk yang diciptakan manusia memang tak lepas dari kekurangan, tak terkecuali lensa kontak.

Ketika anda menggunakan lensa kontak, biasanya tanpa disadari, anda membuat kesalahan pemakaian yang dapat menyakiti mata. Sekitar 41 juta orang tercatat sebagai pemakai lensa kontak di seluruh dunia.

10 Kesalahan Penggunaan Lensa Kontak yang Merusak Mata
Hampir sepertiga dari pemakai lensa kontak yang berpartisipasi dalam sebuah survei dilaporkan pergi ke dokter spesialis mata untuk memeriksakan mata mereka terkait dengan pemakaian lensa kontak.

The American Academy of Ophthalmology memiliki beberapa saran dan tips aman bagi pengguna lensa kontak. Untuk semua pengguna lensa kontak, penting untuk memahami langkah-langkah keamanan dan kesalahan yang sering dilakukan saat memakai lensa kontak.

Ini akan membantu anda menghindari kesalahan di masa depan dan melindungi mata anda. Berikut kesalahan yang sering dilakukan orang dalam menggunakan lensa kontak yang dapat merusak mata.

1. Memakai Lensa Kontak Terlalu Lama

Memakai lensa kontak terlalu lama tidak baik untuk kesehatan penglihatan. Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Lensa kontak diletakkan tepat di atas kornea, yang tidak memiliki pembuluh darah untuk mengalirkan oksigen. Di sini peran air mata sangat penting untuk suplai oksigen.

Tapi yang jadi masalah, air mata tidak dapat membasahi kornea saat anda sedang memakai lensa kontak, karena lensa kontak bertindak sebagai perisai.

2. Tidur Sambil Menggunakan Lensa Kontak

Kebiasaan tidur dengan keadaan lensa kontak masih menempel di mata adalah kesalahan yang juga sering dilakukan oleh banyak orang. Hal ini sama sekali tidak aman.

Memakai lensa kontak saat tidur dapat menghalangi oksigen ke kornea, yang dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, dan bahkan infeksi serius.

3. Memakai Lensa Kontak Saat di Dalam Air

Entah itu kolam renang, bak mandi air panas, atau mandi biasa, menggunakan lensa kontak saat bersentuhan dengan air dapat menyebabkan bahaya tersendiri bagi mata anda.

Air adalah tempat berkembang biak bagi berbagai jenis bakteri dan patogen berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi mata. Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

4. Pakai Air Keran untuk Membersihkan Lensa Kontak

Menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak adalah kesalahan besar yang biasa terjadi dan sering dilakukan. Air keran tidak steril dan membersihkan lensa kontak dengan air tersebut dapat menyebabkan bakteri dan patogen berbahaya lainnya menempel pada lensa.

Bahkan, menurut studi, air keran diketahui mengandung amuba yang dapat menyebabkan Acanthamoeba keratitis, infeksi mata yang sulit diobati.

5. Memakai Lensa Kontak yang Sudah Kadaluarsa

Lensa kontak yang kadaluarsa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman. Memakai lensa tersebut dapat menjadi tidak nyaman, atau lebih buruk, dapat menyebabkan infeksi.

6. Sering Menyentuh Lensa Kontak dengan Tangan Kotor

Pemakai lensa kontak sering lupa untuk mencuci tangan mereka sebelum memegang lensa. Untuk menghindari kuman masuk ke mata, sebaiknya cuci tangan anda sampai bersih sebelum menyentuh lensa kontak.

7. Tidak Memakai Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Meskipun anda memakai lensa kontak, mata anda membutuhkan perlindungan dari bahaya ultraviolet (UV) sinar matahari. Mata sangat sensitif dan perlu dilindungi dari kerusakan UV. Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat merusak kornea dan menyebabkan masalah pengelihatan.

8. Perawatan dan Cara Menympan Lensa Kontak yang Salah

Salah satu kesalahan terbesar yang pengguna lensa kontak lakukan adalah mereka tidak rajin mengikuti petunjuk penyimpanan dan perawatan lensa kontak. Tidak mengikuti panduan penggunaan, perawatan, maupun penyimpanan akan membuat lensa kontak cepat rusak.

9. Mencampur Larutan Lensa Kontak

Ini adalah kesalahan lain yang sering dilakukan pemakai lensa kontak. Orang sering mencampur larutan lensa kontak yang mereka baru beli dengan yang lama agar hemat.

Padahal, hal ini tidak sehat karena menyebabkan disinfektan kehilangan efektivitasnya. Pada gilirannya meningkatkan risiko terkena infeksi mata.

10. Tidak Melakukan Pemeriksaan Mata 

Jika anda mengalami ketidaknyamanan saat memakai lensa kontak, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata sesegera mungkin. Masalah lebih mudah untuk diobati saat gejala awal muncul.

Jadi, jika anda mengalami mata kemerahan, terbakar, penglihatan kabur atau nyeri di mata, terutama setelah menggunakan lensa kontak, jangan pernah mengabaikannya dan segera pergi ke dokter.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *