4 Kondisi Kulit dan Artinya Terhadap Kesehatan

by

Kulit merupakan organ luar terbesar yang membungkus tubuh yang terdiri dari beberapa lapisan jaringan. Banyak faktor eksternal dan internal seperti faktor genetik, virus, bakteri dan lingkungan menentukan kondisi kulit.

Ada sejumlah kondisi kulit yang harus diwaspadai. Biasanya, penyakit kulit dapat menjadi penyebab rasa malu dan kurang percaya diri bagi banyak orang dan mereka akhirnya menjadi tidak mau berbaur dengan lingkungan sosial karena takut akan dijauhi.

Namun, mengetahui kondisi kulit sangat penting untuk tahu penyakit apa yang menyebabkan kulit bermasalah. Berikut tanda-tanda masalah kulit dan artinya terhadap kesehatan.

  • Jika anda memiliki kulit kering dan disertai dengan kelelahan, kuku yang lemah, perubahan suasana hati, depresi, sembelit dan berat badan tiba-tiba turun, bisa jadi anda menderita hipotiroidisme atau hipertiroidisme. 
  • Jika ada bercak merah yang timbul pada kulit, anda mungkin menderita psoriasis. Segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan karena bila tidak, kondisi kulit ini dapat berakhir menyebabkan tekanan, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan autoimun. 
  • Jika kulit anda berubah pucat dan mulai menderita kelelahan dan kelelahan, bisa jadi anda menderita anemia. Ini adalah kondisi serius dan anda harus berkonsultasi dengan dokter segera untuk mendapatkan pengobatan. 
  • Jika anda menemukan bercak-bercak hitam pada kulit secara tiba-tiba, itu bisa pertanda diabetes. Kondisi ini juga bisa menunjukkan pra-diabetes. Bercak tersebut adalah tanda resistensi insulin dalam tubuh.

Selain itu, tanda-tanda tersebut juga dapat merujuk ke penyakit tertentu. Kulit yang kering misalnya, biasanya menjadi tanda beberapa kondisi medis. Kulit kering dan sedikit gatal menjadi tanda masalah kesehatan yang serius atau kondisi medis yang mendasari penyakit tertentu.

Ada beberapa penyebab untuk kulit kering. Ketika tubuh sering terpapar angin atau saat anda menggunakan sabun tertentu, angin dan sabun tersebut menarik kelembaban dari kulit dan membuat kulit anda kering. Nah, berikut ini adalah daftar kondisi medis yang ditandai dengan kulit kering

1. Diabetes

Ketika tingkat gula darah tidak normal dalam tubuh, tidak hanya menyebabkan dehidrasi tetapi juga menyebabkan kekeringan ekstrem pada kulit.

2. Efek Samping Obat

Tidak hanya kondisi cuaca yang dapat menyebabkan kulit kering, tetapi juga ada obat tertentu yang menyebabkan kulit kering. Obat-obatan untuk tekanan darah tinggi adalah salah satu di antara obat yang menyebabkan kulit kering.

3. Perubahan Hormonal

Kondisi lain yang menyebabkan kulit kering adalah perubahan kadar hormon dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi ketika orang-orang telah lanjut usia.

4. Hypothyroidism

Minyak yang diproduksi oleh kulit anda berkurang ketika anda menderita hipotiroidisme. Hal ini pada gilirannya akan membuat kulit kering dan kasar.

5. Kurang Gizi 

Ketika tubuh kekurangan nutrisi yang memadai, terutama vitamin, asam lemak omega-3 dan selenium, hal itu menyebabkan kekeringan ekstrem pada kulit.

6. Eksim

Ketika kulit terlalu kering atau bersisik dan pelembab yang normal gagal untuk melembabkan, maka itu bisa menjadi tanda bahwa anda menderita eksim.

7. Psoriasis

Jika kulit semakin terlalu kering, bersama dengan bercak merah dan bersisik, maka ini adalah tanda yang jelas bahwa anda menderita psoriasis.

8. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan air, maka tubuh gagal untuk menyediakan cukup pasokan kelembaban pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit kering.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *