5 Penyebab Rambut Tipis dan Artinya Terhadap Kesehatan

by

Kata pepatah, rambut adalah mahkota yang harus dirawat secara hati-hati. Masalah rambut seperti ketombean, gatal-gatal, rambut bercabang, atau rontok menjadi hal yang tak biasa terhindarkan.

5 Penyebab Rambut Tipis dan Artinya Terhadap Kesehatan
Namun, penelitian telah membuktikan bahwa kita harus waspada terhadap kondisi rambut, terlebih jika tiba-tiba mengalami penipisan. Sebab itu berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh yang patut diwaspadai.

Agar anda tak panik dan cemas bila tiba-tiba rambut anda rontok atau mengalami penipisan, berikut adalah peyebab rambut menipis yang perlu anda ketahui. 

Penyebab Rambut Tipis

1. Rendahnya Hormon Estrogen

Yang pertama adalah tingkat estrogen rendah. Ketika tingkat estrogen anda tinggi, misalnya selama kehamilan, anda juga akan melihat peningkatan pertumbuhan rambut di kepala dan tubuh anda.

Setelah itu, ketika tingkat estrogen anda menurun, rambut anda akan mengalami kerontokan. Demikian pula, selama menopause anda akan mengalami masalah yang sama karena berkurangnya kadar estrogen.

2. Stres

Akan terjadi penipisan cukup hebat rambut di kepala jika anda sedang mengalami tingkat stres yang tinggi. Selain itu, kondisi ini juga menjadi pertanda anda menderita jenis penyakit atau anda tengah melakukan diet ketat.

3. Masalah Thyroid

Anda bisa menderita kondisi ini jika Anda memiliki kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dengan baik. Seiring dengan rambut menipis, jika Anda menderita kulit kering dan kuku rapuh, badan lesu, perubahan suasana hati, kelelahan dan rendahnya tingkat energi, mungkin kadar hormon tiroid Anda turun.

4. Penuaan

Alasan berikutnya penipisan rambut adalah karena penuaan. Jika orangtua anda juga menderita kondisi ini, maka kemungkinan ada bahwa anda juga mengalami kerontokan rambut. Tidak hanya rambut di tubuh anda mulai menipis ketika anda tua, anda juga mulai menderita kebotakan parsial.

5. Penyakit Kulit 

Jika anda memiliki penyakit kulit atau menderita kondisi kulit tertentu, anda dapat kehilangan banyak rambut dari tubuh anda, terutama bagian kepala. Pasien yang menderita kanker dan mengambil perawatan kemoterapi dapat menderita kondisi ini.

Sebenarnya normal untuk kehilangan 80-100 helai rambut setiap hari. Namun, jika anda mulai kehilangan rambut lebih dari jumlah ini, anda harus memberi perhatian lebih, karena mungkin kondisi itu disebabkan oleh penyakit, depresi, atau kehamilan. 

Arti Rambut Tipis

Nah, berikut ini adalah arti dari penipisan rambut yang bisa juga anda gunakan untuk mengetahui kesehatan anda.

1. Jika anda memiliki rambut yang kering dan rapuh serta menipis, anda harus memeriksa makanan yang Anda makan setiap hari.

Jika anda terlalu banyak makan makanan olahan daripada makanan yang bergizi seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dan protein, anda akan berisiko mengalami kerusakan rambut.

2. Jika anda memiliki rambut yang lemah dan kusam, itu menandakan bahwa anda kekurangan asupan lemak. Lemak sehat yang baik sangat penting bagi tubuh kita untuk berfungsi dengan baik.

Jika anda kurang asupan lemak, rambut dan kulit anda akan kusam. Cobalah untuk memasukkan lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang dapat anda peroleh dari minyak zaitun, alpukat, minyak ikan, dan lain-lain.

3. Jika anda memngalami kerontokan rambut pada ubun-ubun, itu menandakan bahwa anda memiliki tingkat testosteron yang tinggi meskipun anda seorang wanita. Hal ini juga dapat berarti bahwa anda menderita sindrom ovarium polikistik.

4. Jika anda memiliki rambut kering dan kusam dan anda juga menderita kelelahan, berkeringat di malam hari dan muka memerah, anda bisa menderita dehidrasi. Kurangnya asupan cukup air dapat menyebabkan masalah ini. Jadi pastikan untuk minum cukup air untuk menjaga diri terhidrasi.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *