7 Cara Alami Mengobati Bronkitis Tanpa Antibiotik

by

Apa itu bronkitis? Apakah bronkitis menular? Apakah menyembuhkan bronkitis tanpa antibiotik mungkin? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak anda ketika terkena penyakit bronkitis.

7 Cara Alami Mengobati Bronkitis Tanpa Antibiotik
Bronkitis adalah peradangan lapisan tabung bronkial di paru-paru. Seseorang yang menderita kondisi ini biasanya mengalami batuk-batuk dan sering meludah dengan lendir tebal.

Jika anda menderita bronkitis kronis, sebaiknya periksakan ke dokter. Tetapi jika bronkitis biasa, maka bisa hilang setelah beberapa hari. Beberapa gejala termasuk batuk, kelelahan, demam, sesak napas, ketidaknyamanan dada, dan adanya lendir mukosa.

Merokok, menghirup iritan dari udara, tingkat kekebalan rendah, dan asam lambung bisa membuat tubuh sulit untuk pulih dari bronkitis. Langkah pertama untuk mengatasi bronkitis adalah menyembuhkan batuk.

Nah, berikut adalah beberapa cara alami untuk menyembuhkan masalah bronkitis tanpa menggunakan antibiotik yang perlu anda ketahui.

7 Obat Alami Menyembuhkan Bronkitis

1. Campuran Kunyit dan Susu

Rebus satu cangkir susu bersama dengan beberapa sendok bubuk kunyit. Minum 3 kali per hari. Sifat anti-inflamasi dan efek ekspektoran dari kunyit akan membantu meredakan bronkitis.

2. Mandi dengan Air Garam

Tambahkan garam epsom di bak mandi anda lalu isi dengan air hangat. Gunakan tangan anda untuk mengaduk sampai larut sepenuhnya.

Untuk menyembuhkan bronkitis, masuklah ke dalam bak mandi dan rendam diri selama setengah jam. Lakukan ini dua kali dalam seminggu.

3. Jus Bawang

Konsumsi satu sendok jus bawang sebelum anda makan sarapan. Cara ini dapat membantu menyingkirkan lendir. Bawang memiliki sifat ekspektoran yang membantu mengencerkan lendir.

4. Minyak Kayu Putih

Rebus air dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih di dalamnya. Hirup uapnya dengan sebelumnya menutupi diri dengan kain atau handuk. Ramuan ini dapat menyembuhkan bronkitis dan juga batuk permanen, dan terapi ini disebut terapi uap.

Eucalyptus dalam minyak kayu putih mengandung zat antibakteri. Uap dari air hangat yang bercampur dengan eucalyptus akan meringankan saluran udara yang terblokir dan mengeluarkan lendir.

5. Susu dan Bawang Putih

Sebelum anda tidur di malam hari, rebus susu bersama dengan 3 siung bawang putih cincang dan jangan lupa untuk meminumnya. Bawang putih adalah antibiotik alami dan memiliki agen antivirus di dalamnya.

6. Teh Madu

Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat. Tambahkan 2 sendok teh air lemon lalu campur dengan baik. Minum di pagi hari.

Cara ini dapat mengurangi buntetnya hidung dan mengurangi peradangan juga. Bahkan madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus di dalamnya.

7. Jahe

Hancurkan sepotong kecil jahe bersama dengan dua cengkeh dan sepotong kayu manis. Campur bahan-bahan tersebut dalam air hangat dan minum di pagi hari selama 3-4 hari. Jahe dapat menenangkan peradangan di saluran bronkial.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *