7 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Bikin Gemuk

by

Kebiasaan sebelum tidur rupanya mampu memberikan efek buruk pada tubuh. Salah satunya kenaikan berat badan.

Ada banyak kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur yang membuat anda mengalami kenaikan berat badan. Sebagian besar terkait dengan durasi tidur dan kualitas tidur.

7 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Bikin Gemuk
Sudah saatnya anda memeriksa kembali kebiasan yang sering anda lakukan sebelum tidur, seperti menu makan malam, hingga cara anda mempersiapkan diri sebelum tidur.

Selain menu makan malam, gadget juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Bila anda memiliki kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur, kualitas tidur anda pun juga akan terganggu.

Saat ini, anak-anak menghabiskan waktu dengan gadget di tempat tidur. Ini adalah salah satu penyebab utama obesitas.

Oleh karenanya, lakukan pola tidur yang sehat sebagai salah satu bagian dari rutinitas. Anda akan melihat perubahan yang luar biasa dalam waktu satu bulan.

Nah, di bawah ini akan dibahas beberapa kebiasaan penting sebelum tidur yang membuat anda mengalami kenaikan berat badan.

7 Kebiasaan yang Menyebabkan Gemuk


1. Makan Berat Sebelum Tidur

Makan berat sebelum waktu tidur adalah kebiasaan buruk. Hal ini akan membuat sistem pencernaan anda sibuk dan bekerja berat. Ketika anda tidur, metabolisme lambat dan mengonsumsi makanan berat sebelum tidur tidak akan membuat tubuh anda mendapatkan cukup istirahat.

2. Langsung Tidur Setelah Makan Malam

Jika anda memiliki kebiasaan tidur tepat setelah makan malam, sudah saatnya anda untuk menguranginya. Dianjurkan untuk berjalan selama setidaknya 30 menit setelah makan malam.

Hal ini akan membantu dalam membuat proses pencernaan mudah dan efektif. Ini adalah salah satu kebiasaan waktu tidur yang membuat anda mengalami kenaikan berat badan.

3. Makan Makanan yang Tinggi Kalori

Karena anda tidak menggunakan kalori yang anda dapatkan dari makanan, maka kalori ini akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Jika anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi, kemungkinan kenaikan berat badan akan signifikan. Selalu konsumsi makanan yang berkalori rendah seperti salad atau buah-buahan sebelum waktu tidur.

4. Bermain Gadget di Kasur Sebelum Waktu Tidur

Malam hari adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk istirahat. Waktu tersebut digunakan tubuh untuk membuang racun keluar atau proses detoksifikasi.

Jadi ketika anda menggunakan ponsel ketika berada di tempat tidur, kebiasaan tersebut akan mempengaruhi kualitas tidur dan durasi tidur anda. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan pertambahan berat badan.

5. Hindari Memakan Camilan Setelah Makan Malam

Anda memiliki kebiasaan ngemil setelah makan malam? Maka ini adalah salah satu kebiasaan sebelum tidur yang membuat anda cepat gemuk. Sertakan sayuran lebih banyak dengan serat dalam makan malam, sehingga anda akan mendapatkan perasaan kenyang sehingga tak lagi ingin mengemil.

6. Minum Minuman Mengandung Alkohol

Satu kebiasaan tidur yang membuat anda cepat gemuk yakni mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Hal ini akan mempengaruhi metabolisme, sehingga berat badan naik dan akan terjadi komplikasi.

7. Bangun Siang atau Kesiangan

Tidur awal dan kemudian bangun pagi adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan stabil. Jika anda bangun kesiangan, kemungkinan anda akan melewatkan sarapan. Hal ini akan memicu keinginan anda untuk makanan tidak sehat saat makan siang.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *