8 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit dan Kecantikan

by

Tak banyak diketahui, ekstrak witch hazel rupanya sangat bermanfaat bila digunakan pada kulit. Jika anda belum pernah mendengar tentang manfaat witch hazel pada kulit dan rambut, maka anda harus menyimak artikel berikut.

8 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit dan Kecantikan
Witch hazel merupakan tanaman herbal dengan nama latin Hamamelis Virginiana. Tanaman ini biasanya diolah dengan cara diekstrak untuk diambil minyaknya. Witch hazel mengandung sifat obat yang membuatnya menjadi bahan yang efektif untuk kesehatan kulit dan rambut.

Selama bertahun-tahun, manfaat minyak witch hazel telah digunakan untuk berbagai keperluan. Tak hanya minyaknya, tanamannya sendiri pun memiliki khasiat yang tak terduga. Berikut adalah manfaat witch hazel yang wajib anda ketahui. 

8 Manfaat Kecantikan Witch Hazel

1. Mengobati Stretch Marks

Minyak witch hazel bekerja dalam menyingkirkan stretch mark pada kulit. Dengan mengoleskan minyak witch hazel, stretch mark akan berangsur-angsur pudar.

Oleskan minyak di wilayah yang ditargetkan dan kemudian tepuk-tepuk dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian bilas dengan air hangat.

2. Mengatasi Kulit Gatal

Jika anda memiliki kulit kering dan gatal, anda bisa menggunakan witch hazel untuk mengatasinya. Bahan ini membantu dalam menyingkirkan gatal karena cacar, eksim, alergi, dan gigitan serangga.

Buat larutan minyak witch hazel dan minyak lavender untuk dioleskan pada kulit anda. Biarkan selama beberapa waktu dan cuci dengan air hangat kemudian.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Karena sifat zat yang ditemukan dalam witch hazel, maka bahan ini dapat membantu untuk mengencangkan pori-pori kulit anda. Tanin yang ditemukan di witch hazel, dapat digunakan sebagai toner, karena membantu untuk mengencangkan pori-pori dengan menghapus kelebihan minyak dan bakteri dari kulit.

4. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Minyak witch hazel memiliki kandungan yang membantu untuk menyembuhkan jerawat, menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa dari kulit mati dan juga mencegah bekas jerawat di wajah.

Minyak witch hazel ringan dan karena sifat zat di dalamnya, maka minyak ini sangat berguna untuk digunakan di wajah. Terapkan beberapa minyak witch hazel pada jerawat dan biarkan hingga kering dengan sendirinya. Cuci dengan air kemudian.

5. Mengobati Luka Ringan

Minyak witch hazel sangat berguna dalam penghentian perdarahan pada kulit dan juga mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada kulit. Karena alkohol yang hadir dalam minyak witch hazel, maka bekerja sebagai agen efektif mengobati luka ringan.

Jika anda memiliki luka kecil pada wajah, ambil bola kapas dan oleskan sedikit minyak witch hazel dan oleskan secara langsung di luka.

6. Memperlambat Proses Penuaan

Karena banyak antioksidan yang ditemukan dalam minyak witch hazel, maka bahan ini membantu dalam mencegah penuaan kulit. Juga, tanin yang hadir dalam minyak witch hazel memberi bantuan untuk menyingkirkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Hapus makeup dan cuci muka dengan air. Kemudian, oleskan beberapa minyak witch hazel dengan bantuan bola kapas dan bersihkan setelah beberapa waktu. Anda juga dapat menambahkan minyak witch hazel untuk pelembab, sehingga membantu untuk memperlambat proses penuaan kulit dengan mudah.

7. Mengatasi Kulit yang Terbakar

Campur beberapa minyak witch hazel dengan gel lidah buaya dan terapkan pada kulit yang terbakar matahari. Ini membantu untuk mencegah kulit anda dari berubah warna menjadi kecokelatan dan juga memberikan anda kulit yang halus dan cerah.

8. Mengatasi Psoriasis pada Kulit

Psoriasis adalah suatu kondisi ketika kulit anda sangat kering dan bersisik. Minyak witch hazel membantu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit dengan mudah.

Ambil beberapa tetes minyak witch hazel dan kombinasikan dengan gliserin. Terapkan pada wajah anda dan pijat selama beberapa waktu. Gliserin adalah humectant yang membantu untuk menarik uap air dari udara, sehingga menjaga kulit Anda dari dehidrasi dan selalu dilembabkan.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • apa kasiat dari witch hazal
  • apa kegunaan obat witch hazel
  • kegunaan witch hazel untuk muka
  • manfaat switch hazel
  • manfaat witch hazel
  • manfaat witch hazel untuk wajah
  • mnfaat hazel utk cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *