8 Penyebab Makan Terlalu Banyak & Dampaknya Bagi Kesehatan

by

Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengapa tanpa disadari, anda makan terlalu banyak. Kebiasaan ini akan meyebabkan kenaikan berat badan dan ini juga meningkatkan risiko penyakit kronis. Kebiasaan ini tentu membutuhkan banyak perjuangan.

8 Penyebab Makan Terlalu Banyak & Dampaknya Bagi Kesehatan
Meskipun menghentikan kebiasaan makan berlebihan adalah sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada strategi sederhana yang akan membantu anda mengubah perilaku dan juga mengakhiri makan berlebihan.

Anda cenderung untuk makan berlebihan karena secara emosional anda sedang lapar. Kelaparan yang terjadi karena emosional menyebabkan anda stres, depresi, bosan, takut, kesepian dan kekosongan emosional.

Jadi, jika anda ingin tahu penyebab makan berlebihan dan cara menghentikannya, simak penjelasannya. Berikut ini adalah alasan mengapa anda kerap makan makanan secara berlebihan.

Penyebab Makan Terlalu Banyak

1. Ditipu Label Makanan Sehat

Beberapa produk bisa menipu dengan label palsu seperti ‘sehat’ dan sebagainya. Penelitian menunjukkan bahwa produk-produk yang ditandai sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi tak sesuai dengan kenyataannya.

Kadang-kadang, anda mungkin bingung antara mengonsumsi makanan yang benar-benar sehat, tetapi makanan tersebut rupanya juga dapat meningkatkan berat badan.

2. Dapur yang Berantakan

Bila dapur berantakan, maka anda berisiko mengunyah terlalu banyak makanan. Penelitian menyatakan bahwa suasana kacau akan membuat anda ingin terus mengunyah makanan, terutama sesuatu yang manis. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa anda makan berlebihan.

3. Tidur

Tidak cukup tidur dapat meningkatkan hormon rasa lapar, yakni ghrelin. Ini mungkin meningkatkan peluang anda mengunyah camilan dan makanan manis.

4. Media Sosial 

Mengunjungi situs media sosial dapat menyebabkan anda lapar. Sesuai studi, ditemukan bahwa menghabiskan waktu di media sosial sambil makan dapat menyebabkan anda makan lebih dari jumlah biasanya.

5. Tubuh Merasa Belum Kenyang

Ketika anda makan melewati titik di mana tubuh merasa belum kenyang, maka kemampuan tubuh anda untuk mengontrol pola makan akan hilang. Ketika seseorang makan terlalu banyak, hormon yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh merasa kenyang tidak akan mampu menyampaikan pasan ke otak bahwa tubuh sudah kenyang.

6. Olahraga Terlalu Berat

Setelah menyelesaikan sesi latihan atau olahraga yang sulit, anda tidak harus menggunakan ini sebagai alasan untuk makan berlebihan. Anda harus memastikan, anda harus tetap makan menu yang ringan dan tidak termasuk makanan yang memiliki lebih dari 150 kalori.

7. Faktor Risiko Biologis

Hal ini terjadi jika hipotalamus, bagian dari otak yang mengontrol nafsu makan, tidak mengirim pesan yang benar tentang rasa lapar dan kenyang. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa anda makan terlalu banyak.

8. Dehidrasi

Kadang-kadang, tubuh salah menduga antara merasa haus dan merasa lapar. Minuman hangat akan memakan waktu lama untuk bertahan di perut daripada yang dingin. Oleh karena itu, minum air panas atau teh akan membantu mengurangi rasa lapar.

Kebiasaan makan berlebihan ini mempengaruhi kesehatan. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa hanya merokok yang dapat menyebabkan kecanduan.

Pada kenyataannya, makan bisa membuat anda kecanduan jika anda membuatnya menjadi suatu perilaku kompulsif. Berikut adalah dampak buruk dari makan berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan.

Bahaya Makan Terlalu Banyak

1. Obesitas

Ini adalah salah satu efek negatif pertama makan berlebihan. Risiko menderita obesitas dan masalah kesehatan lainnya dapat meningkat dengan makan terlalu banyak.

2. Bau Mulut

Tidak jarang pada orang yang memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan.

3. Kegagalan Fungsi Organ dalam Tubuh

Para peneliti mengatakan bahwa makan berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan fungsi organ. Perut, hati dan ginjal dapat mengalami stres.

4. Masalah Sistem Pencernaan

Tak diragukan lagi bahwa sistem pencernaan akan terpengaruh karena kebiasaan makan terlalu banyak. Makan berlebihan juga dapat menyebabkan keasaman meningkat pada perut dan ini juga dapat meningkatkan kemungkinan asam lambung.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *