8 Sumber Makanan Serta Efek Samping Probiotik

by

Mengadopsi gaya hidup sehat berarti harus bersahabat dengan yang namanya probiotik. Probiotik juga dikenal sebagai makanan astringent dan kandungan ini dianggap terbaik untuk mengatasi masalah terkait pencernaan, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Makanan ini memiliki kemampuan untuk mengalahkan bakteri dan mikroorganisme lain yang tidak memiliki kemampuan untuk menjadi resisten. Ada beberapa makanan yang rupanya tinggi kadar probiotik yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

8 Sumber Makanan Serta Efek Samping Probiotik
Perlu anda ketahui, bahwa probiotik telah digunakan selama ratusan tahun dan masih digunakan sampai sekarang. Tanpa probiotik, tubuh kita menjadi rentan terhadap berbagai jenis alergi, serta beberapa penyakit kronis dan autoimun.

Probiotik memiliki sifat antibiotik dan ini membantu dalam mempertahankan salah satu dari bakteri menular seperti Candida albicans dan bakteri yang menyebabkan penyakit Lyme. Probiotik ini juga mencegah pertumbuhan jamur berlebih dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik akan membuat tubuh sehat. Probiotik juga membantu dalam merangsang cairan pencernaan alami dan enzim. Hal ini bermanfaat untuk bakteri usus dan juga menjaga organ pencernaan berfungsi dengan baik.

Apabila kadar probiotik dalam makanan tidak memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh, maka akan mengakibatkan masalah seperti gangguan pencernaan, masalah terkena jamur candida, masalah kulit, dan flu. Berikut adalah bahan makanan yang dipercaya mengandung banyak probiotik.

8 Makanan Sumber Probiotik Alami

1. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki bakteri baik yang akan meningkatkan tingkat antibodi IgA dalam sistem kekebalan tubuh. Kacang hijau memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh. Ini adalah salah satu yang makanan terbaik yang kaya akan probiotik.

2. Cokelat 

Cokelat mengandung probiotik yang membantu menangani kesehatan lambung manusia dan usus kecil. Ini juga adalah salah satu makanan terbaik yang tinggi probiotik.

3. Yogurt

Bakteri baik yang ditemukan dalam yogurt membantu menjaga keseimbangan yang sehat dalam usus. Hal ini juga membantu meringankan intoleransi laktosa.

4. Sauerkraut

Sauerkraut yang tidak dipasteurisasi mengandung bakteri baik dan juga mengandung vitamin yang meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu mengalahkan infeksi.

5. Miso Soup

Makanan ini berisi lebih dari 160 jenis bakteri dan membantu dalam membuat sistem pencernaan manusia berfungsi dengan baik. Makanan ini juga kaya akan vitamin B dan mengandung antioksidan.

6. Keju

Keju mengandung jumlah probiotik yang baik yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Kefir

Kefir mengandung sekitar 10-34 strain probiotik dan difermentasi dengan bakteri yang ramah usus. Ini adalah salah satu makanan paling dikenal yang memiliki kandungan tinggi probiotik.

8. Kombucha

Kombucha ini adalah produk fermentasi dari teh hitam dan memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti melancarkan pencernaan, peningkatan energi dan detoksifikasi.

Efek Samping Probotik

Lantas apa saja efek samping bila anda rutin mengonsumsi probiotik?

Probiotik telah ditemukan sangat membantu untuk sistem pencernaan. Namun, efek samping tertentu menggunakan probiotik rupanya dapat anda rasakan.

Kadang-kadang, antibiotik dapat menyebabkan efek merugikan negatif, namun probiotik dapat mengurangi efek samping negatif tersebut. Suplemen gizi probiotik membantu untuk meringankan tanda-tanda kelelahan kronis. Tak hanya itu, kadar kolesterol rupanya dapat diturunkan ketika mengonsumsi probiotik setiap hari.

Parasit yang ada dalam tubuh juga dapat dihilangkan setelah mengonsumsi produk probiotik atau makanan dengan probiotik di dalamnya. Ada beberapa laporan yang mengatakan probiotik benar-benar membantu orang yang menderita stres.

Namun, ada efek samping beberapa yang terkait dengan probiotik. Efek samping ini sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan akan dialami dalam bentuk efek jangka panjang. Efek samping yang terkait dengan mengonsumsi probiotik adalah ketidaknyamanan perut, yang merupakan efek samping yang paling khas saat menggunakan probiotik.

Nyeri di daerah perut juga pernah dilaporkan saat menggunakan probiotik. Diare, reaksi alergi, kembung dan akumulasi gas di perut juga menjadi salah satu efek samping sata mengonsumsi probiotik.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *