Ciri-Ciri dan Cara Alami Mengatasi Cacingan

by

Cacingan merupakan sebuah kondisi dimana terdapat organisme parasit yang hidup di dalam organisme lain. Cacing tambang, cacing pita, cacing pin, dan cacing gelang membutuhkan nutrisi dalam tubuh anda untuk bertahan hidup.

Ciri-Ciri dan Cara Alami Mengatasi Cacingan
Jika mereka berada di dalam tubuh anda, makanan yang anda makan nutrisinya juga diserap oleh cacing sehingga anda akan tetap merasa lapar. Bahkan cacing juga bisa memakan sel-sel darah merah.

Kebersihan yang buruk, makan makanan yang terkontaminasi, atau mengunjungi daerah-daerah yang terinfeksi bisa membuat parasit hidup di dalam tubuh anda. Ketika parasit menghuni usus anda, tubuh anda akan mencoba untuk melawan dan dapat menyebabkan peradangan.

Secara berangsur-angsur, berat badan anda susah naik dan cenderung kurus, gampang was-was, dan menderita masalah kesehatan lainnya. Nah berikut ini adalah tanda-tanda adanya parasit dalam tubuh yang perlu anda waspadai.

8 Tanda dan Ciri Terkena Cacingan

  • Jika anda mengalami perut kembung, sembelit, diare atau sindrom iritasi usus besar, maka bisa jadi itu adalah tanda adanya cacing di tubuh anda. 
  • Jika anda merasa lapar terus menerus atau sebaliknya, kurangnya nafsu makan tanpa alasan medis lainnya, itu bisa disebabkan cacing.
  • Jika anda susah tidur dan menderita depresi dan kecemasan tanpa alasan apapun, itu juga bisa disebabkan oleh cacing. 
  • Dalam beberapa kasus kelelahan, nyeri tubuh dan nyeri pada otot atau sendi juga bisa terjadi karena aksi cacing di dalam tubuh anda.
  • Anda suka jalan-jalan dan makan makanan di berbagai negara yang menyebabkan keracunan makanan atau diare, ini bisa menjadi salah satu tanda cacingan. 
  • Ketika cacing menyerang tubuh anda, dapat menyebabkan masalah kulit seperti eksim, gatal-gatal, dan ruam yang terjadi tanpa alasan. 
  • Cacing bahkan dapat menyebabkan kekurangan darah yang berakibat anemia, dan kekurangan zat besi. 
  • Cacing bahkan dapat membunuh libido anda, buang air besar berdarah, dan muntah-muntah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi cacingan? Tak perlu khawatir, karena beberapa bahan di bawah ini rupanya dapat membantu mengatasi masalah cacingan yang ada di dalam tubuh anda.

6 Bahan Alami Mengatasi Cacingan

1. Biji Pepaya

Meskipun anda mungkin benci biji pepaya karena rasanya yang pahit, cobalah makan mentah-mentah. Obat ini sangat bekerja baik untuk mengatasi masalah cacingan.

2. Bawang Putih

Segera setelah anda bangun di pagi hari, giling 2 siung bawang putih menjadi pasta tipis dan campur dalam segelas air dan minumlah. Masukkan bawang putih menjadi bagian asupan harian anda.

3. Almond

Mengonsumsi almond setiap pagi selama 10 hari untuk hasil yang efektif. Almond dapat mengontrol pertumbuhan dan fungsi dari parasit usus.

4. Lidah Buaya

Mengonsumsi 2 sendok teh jus lidah buaya, sekali sehari, selama 7 hari. Bahan ini bekerja dengan baik untuk menyingkirkan cacingan usus.

5. Nanas

Nanas mengandung bromelain. Enzim ini berperan penting dalam menyingkirkan parasit. Makan beberapa iris nanas selama seminggu untuk mengatasi cacingan.

6. Biji Labu

Mengonsumsi biji labu dapat membantu mengeluarkan parasit dari sistem pencernaan di tubuh anda. Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk cacingan.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *