Bahaya Asap Kendaraan Bagi Kesehatan

by

 

Di zaman yang modern ini kita tidak bisa dipisahkan oleh alat transportasi dan otomatis kita juga tidak bisa dipisahkan dengan asap kendaraan padahal bahaya asap kendaraan sangat tidak baik bagi kesehatan. Dampak asap kendaraan ini sangat berakibat fatal bagi kesehatan jika kita menghirupnya setiap hari. 
Bahaya Asap Kendaraan bagi Manusia
Di kota-kota besar seperti Jakarta kita tentunya banyak menjumpai bermacam-macam kendaraan. Ada yang ramah lingkungan dan ada juga yang membahayakan kesehatan manusia. Asap kendaraan sendiri mengandung gas beracun seperti gas karbonmonoksida dan timbal. Bahaya asap kendaraan bagi kesehatan seperti ispa dan kanker mengancam kita semua. Pertama kita akan membahas kandungan zat yang ada dalam asap kendaraan. Asap kendaraan itu sama seperti limbah dan kita tahu limbah itu banyak sekali sisa-sisa sampah yang dikeluarkan. Asap kendaraan mengandung banyak sekali gas karbonmonoksida. Karbonmonoksida sendiri adalah gas yang sangat berbahaya bagi manusia karena mengandung racun. 
Gas ini sangat mematikan, tidak hanya itu kandungan zat lain yang adalah oksida belerang. Oksida belerang sendiri banyak mengandung asam sulfat dan jika ini dihirup oleh manusia tentu akan menyebabkan rasa sakit pada saluran pernapasan kita. Zat lain adalah okida nitrogen, zat ini bisa menyebabkan iritasi mata, bronchitis, penyakit jantung dan gelisah. Bahaya asap kendaraan ini memang mengkhawatirkan terutama jika kita tinggal di kota-kota besar. 
Cara menanggulangi dampak asap kendaraan bermotor memang tidaklah mudah. Pengendalian kendaraan bermotor juga tidak bisa dikendalikan dengan mudah. Hal yang paling mudah adalah menambahkan kawasan hijau di pinggir-pinggir jalan untuk mengurangi polusi udara. Kawasan hijau sangat berfungsi untuk menyaring asap-asap kendaraan dan juga berfungsi menambah pasokan oksigen untuk kita. Itulah hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir polusi udara akibat asap kendaraan. 
Bahaya Asap Kendaraan dan Pencegahannya
Kita tahu jika asap kendaraan bisa menimbulkan banyak penyakit seperti ispa, iritasi mata, bronchitis, dan penyakit jantung. Maka dari itu kita harus selalu waspada, untuk mencegah itu terjadi kita bisa memakai masker jika berada di jalan. Tidak hanya itu mungkin pemerintah harus bisa mencanangkan program kendaraan yang ramah lingkungan misalnya memakai motor listrik atau mobil listrik, atau kita bisa memakai sepeda atau berjalan kaki dan itu malah banyak manfaatnya. Menambah kawasan hijau juga bisa membantu meminimalisir polusi udara dan menjauhkan kita dari bahaya asap kendaraan.

Informasi Kesehatan:

  • bahaya asap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *