9 Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks)

by
Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks) – Kanker Leher Rahim atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kanker serviks merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi pada leher rahim dan bagi para wanita penyakit ini menjadi momok yang sangat mengerikan. Penderita kanker serviks pada umumnya tidak menyadari akan penyakit yang dideritanya itu karena tidak ada perubahan yang menonjol secara fisik. Namun ada beberapa hal yang biasa dirasakan oleh orang yang terkenal kanker serviks ini salah satunya yaitu nyeri.
 
Rasa nyeri yang muncul terutama dibagian pinggul menjadi salah satu ciri-ciri kanker serviks bahkan nyeri juga dirasakan ketika pasutri tengah berhubungan badan. Selain itu, adapun beberapa ciri lain yang biasa terjadi pada penderita kanker serviks diantaranya seperti keputihan yang abnormal, pendarahan yang lebih berat pada saat menstruasi hingga munculnya rasa nyeri pada tulang.
 
Ketika kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut, penderita akan mengalami beberapa kejadian seperti mudah lelah, pembengkakan pada kaki, hilangnya nafsu makan hingga berat badan yang menurun drastis. Ingat, penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan penyakit nomor satu sebagai penyakit pembunuh wanita didunia. Untuk itu, agar terhindar dari bahaya kanker serviks,  ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya di antaranya sebagai berikut :
 

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Kanker Serviks

1. Rajin Mencuci Vagina
 
Jika anda sering mencuci vagina menggunakan cairan antiseptik ataupun deodoran? Cobalah untuk sedikit mengurangi kebiasaan tersebut kecuali jika memang itu sangat diperlukan maka anda boleh menggunakannya secara rutin. Mencuci vagina menggunakan zat-zat kimia memang dapat membunuh kuman namun tak terkecuali juga dengan Basillus Doderlain. Basillus Doderlain merupakan kuman yang memproduksi asam laktat yang berfungsi untuk mempertahankan pH vagina. Jika pH vagina tidak seimbang maka dapat menyebabkan bakteri dan jamur.
 
2. Hindari Rokok
 
Bahaya merokok bukan hanya dialami oleh pria saja tetapi mitosnya wanita perokok memiliki potensi lebih tinggi terhadap kanker serviks daripada yang tidak merokok. Nikotin yang terkandung pada rokok dapat mempermudah selaput lendir sel-sel tubuh menjadi terangsang. Hanya saja belum diketahui berapa jumlah nikotin yang dapat menyebabkan kanker serviks. Namun supaya terhindar dari penyakit berbahaya tersebut sebaiknya anda tidak merokok.
 
3. Rutin Pemeriksaan Pap Smear
 
Apa itu pap smear? Pap smear adalah sebuah metode screening yang berfungsi untuk mendeteksi adanya sel-sel pada leher rahim. Sel-sel pada leher rahim inilah yang nantinya akan menjadi kanker dan karena itu anda wajib mengetahuinya terlebih dahulu agar jika ada sel-sel yang dapat memicu kanker bisa segera ditangani dengan cepat. Jika anda wanita yang sering melakukan hubungan seksual, maka wajib hukumnya melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin paling tidak selama 3tahun.
 
4. Vaksinasi HPV
 
Vaksinasi HP dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi virus HPV dimana hampir 80% penderita kanker serviks disebabkan karena virus tersebut. Virus HP memiliki dua macam yaitu HP yang memiliki resiko tinggi terhadap kanker dan HPV yang tidak menyebabkan kanker. Pemberian vaksin HPV sangat dianjurkan pad setiap wanita yang sudah menginjak lebih dari 12 tahun. Namun bukan tanpa resiko, vaksinasi HPV ini memiliki beberapa efek samping diantaranya seperti nyeri pada bagian suntikan, demam, gatal-gatal dan bengkak pada bagian yang disuntik.
 
5. Tidak Berganti-ganti Pasangan
 
Wanita yang sering bergonta ganti pasangan dalam berhubungan intim memiliki resiko terhadap kanker serviks yang lebih tinggi. Kanker serviks merupakan jenis penyakit yang menular dan jika pada pasangan anda terdapat virus HPV maka penularan akan terjadi melalui organ intim anda saat bertranmisi satu sama lain.
 
6. Gaya Hidup Sehat
 
Dengan menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan cara makan-makanan yang sehat dan olahraga teratur, perannya akan sangat besar bagi kesehatan tubuh anda baik penyakit ringan ataupun penyakit berat sekalipun akan jauh dari kehidupan anda. Makanlah dengan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi seimbang agar sistem kekebalan tubuh kita kuat karena tubuh yang lemah akan lebih rentan terhadap penyakit termasuk kanker serviks.
 
7. Gunakan Alat Kontrasepsi
 
Bagi anda yang hoby berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim, cara mencegah menularnya virus HPV yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi atau kondom. Penggunaan kondom ini bertujuan agar tidak ada kontraksi langsung antar kulit dari kedua pasangan tersebut. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi juga mencegah kita dari bahaya HIV.
 
8. Makanan Pencegah Kanker Serviks
 
Ada banyak jenis makanan sehat yang kita ketahui dimana salah satunya memiliki manfaat yang baik untuk mencegah kanker serviks. Jenis sayur dan buah seperti brokoli, kubis, buah alpukat, wortel, tomat dan teh hijau menjadi makanan yang baik untuk mencegah penyakit kanker serviks.
 
9. Melakukan Pendekatan Agama
 
Jika wanita memiliki akhlak yang baik, maka dia tidak akan melakukan hal-hal yang dilarang oleh agamanya. Karena itulah, pembekalan ilmu agama juga sangat penting agar anda tidak terjerumus pada satu tindakan yang menyimpang seperti seks bebas dan konsumsi obat-obatan terlarang.

Baca Juga : 7 Tanda dan Gejala Ginjal Tidak Sehat

Nah, itulah beberapa cara mencegah penyakit kanker serviks yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti menyebutkan bahwa hampir 100% penyakit kanker serviks disebabkan karena kontak seksual sehingga penerapan perilaku dan gaya hidup yang baik menjadi faktor penting dalam keberhasilan anda mencegah kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *