Kenali Penyebab Jamur Kuku dan Cara Mengatasinya

by
Cara Mengatasi Jamur Kuku Dengan Cepat – Bagi sebagian orang mungkin menganggap ini bukan suatu hal yang penting. Tapi tahukah anda bahwa jamur kuku bisa menjadi satu pertanda penyakit serius? Penderita diabetes pada umumnya mengalami berbagai gejala salah satunya yaitu jamur kuku. Jamur kuku muncul dengan ditandai titik berwarna putih atau kuning pada ujung kuku biasanya pada jempol kaki atau ibu jari.
 
Dalam bahasa medis, jamur kuku disebut juga onikomikosis dimana jika terus dibiarkan maka lama kelamaan kuku akan menguning, menebal hingga terlepas dari kulitnya. Kuku yang terkena jamur biasanya pada bagian kaki karena kaki lebih sering berada dikondisi yang gelap dan lembab. Selain itu ada pula beberapa faktor yang dapat mempengaruhi munculnya jamur kuku diantaranya karena penggunaan kuku palsu atau kaki terlalu lama berada dikondisi basah.
 
Perubahan bentuk kuku akan terjadi seiring berjalannya waktu mulai dari kuku yang terlihat kusam, terasa sedikit menebal, berwarna kuning atau kehitaman akibat banyaknya kotoran pada kuku hingga kuku menjadi rapuh dan retak. Jika sudah seperti itu, maka anda harus memotong bagian kuku yang terkena jamur agar tidak semakin parah nantinya. Untuk mengatasi masalah jamur kuku, ada beberapa kelompok obat anti jamur yang bisa anda gunakan diantaranya obat topikal, obat oral dan lacquer antijamur.

Simak Juga : Mitos dan Fakta Tentang Cegukan Bagi Kesehatan

Obat topikal adalah obat yang digunakan secara langsung pada bagian yang terkena jamur biasanya berupa cream, salep atau lotion sedangkan obat oral adalah jenis obat yang digunakan dengan cara dimakan. Berikut ini ada beberapa jenis obat atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jamur kuku dengan cepat.

Cara Mengatasi dan Mengobati Jamur Kuku

1. Menggunakan Salep Anti Jamur
Cara yang paling praktis dan paling mudah yaitu menggunakan salep. Salep ini digunakan ketika mulai muncul tanda-tanda jamur pada kuku caranya bersihkan kuku terlebih dahulu hingga kering setelah itu oleskan salep pada kuku. Lakukan secara rutin hingga tanda-tanda jamur kuku hilang.
 
2. Memotong Kuku
Jika jamur kuku masih dalam kondisi ringan, potong kuku atau tipiskan agar tidak semakin melebar. Cara ini dilakukan untuk mengurangi tekanan  pada kuku sehingga tidak terasa sakit. Gunakan pula salep atau krim supaya kuku menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dipotong atau ditipiskan.
 
3. Menggunakan Air dan Cuka
Sifat asam dari campuran air dan cuka dipercaya ampuh menurunkan pH pada kuku sehingga mampu membunuh jamur dengan cepat. Caranya rendam kaki menggunakan campuran air dan cuka selama 30 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara rutin selama 1bulan atau hingga jamur kuku hilang.
 
4. Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat anti jamur sehingga dapat memperlambat aktifitas jamur pada kuku. Anda bisa memadukan bawang putih dengan cuka caranya tumbuk bawang putih hingga halus, beri sedikit air cuka kemudian oleskan pada bagian kuku yang terkena jamur setelah itu balut menggunakan perban elastis.
 
5. Baking Soda
Jika biasanya anda menggunakan baking soda untuk membersihkan noda pada pakaian? Kali ini anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati jamur kuku. Baking soda mampu merusak struktur jamur yang membandel. Cara penggunaannya masukkan 4 atau 5 sendok makan baking soda kedalam wadah yang berisi air setelah itu rendam bagian jari yang terdapat jamur kuku. Tunggu selama 15 menit setelah itu bersihkan.
 
6. Cuka Sari Apel
Sama halnya dengan Cuka pada umumnya, Cuka sari apel memiliki pH rendah yang dapat membuat jamur sulit untuk bertahan hidup. Pengobatan jamur kuku menggunakan cairan cuka memang tergolong sangat praktis dan efektif. Bersihkan kuku terlebih dahulu setelah itu rendam kuku menggunakan cuka sari apel. Lakukan setidaknya dua kali sehari secara rutin agar jamur kuku cepat hilang.
 
7. Listerine
Listerin yang kita kenal sebagai obat kumur, kini anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi jamur kuku. Campur listerin dengan cuka putih kemudian gunakan untuk merendam kuku sambil digosok secara lembut dibagian kuku yang terinfeksi jamur. Lakukan 2x sehari secara rutin.
 
8. Menggunakan Vick VapoRub
Vick VapoRub merupakan jenis salep yang mampu mengatasi masalah jamur pada kuku. Vick VapoRub ini sangat cocok digunakan sebelum anda melakukan aktiftas kerja caranya pastikan kaki dalam keadaan bersih baru anda oleskan salep pada kuku. Jika sudah, gunakan kaos kaki dan anda bisa beraktifitas seperti biasanya.
 
9. Terapi Laser
Terapi laser tergolong metode modern dalam menangani kasus jamur kuku. Cara ini cocok bagi anda yang ingin mengatasi jamur kuku secara instan. Namun untuk cara ini tentu anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sehingga anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk terapi laser.
 
10. Operasi Copot Kuku
Tindakan operasi copot kuku dilakukan jika semua metode dan cara sudah dilakukan namun tak kunjung membuahkan hasil. Jika jamur kuku menyebabkan rasa sakit yang tak tertahan, langkah terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan operasi copot kuku. Namun tenang saja karena setelah dilakukan operasi, kuku akan tumbuh normal kembali seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Kenali Ciri-ciri Orang Psikopat dan Bahayanya

Jamur kuku memang bukan satu masalah yang serius namun sebaiknya anda atasi agar tidak merusan penampilan jari-jari pada kaki ataupun tangan anda. Agar kuku anda terhindar dari jamur, sebaiknya anda rutin dan rajin membersihkan kaki. Jangan biarkan kuku terlalu panjang yang nantinya membuat bakteri dan jamur bersarang didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *