10 Makanan Untuk Menambah Jumlah Sel Darah Putih

by
Makanan Untuk Menambah Sel Darah Putih – Dalam istilah kedokteran, sel darah putih disebut juga Leukosit dan kekurangan sel darah putih disebut juga Leukopenia. Sel darah putih memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh diantaranya yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah timbulnya infeksi saat cidera tubuh, pembentukan antibodi dan menghancurkan organisme hidup. Jika tubuh mengalami kekurangan sel darah putih, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.
 
Ada beberapa penyakit yang mengancam jika tubuh kita kekurangan sel darah putih salah satunya seperti Kanker Darah, Campak, Tifus, Flu dan lain-lain. Memang sulit untuk menandai apakah kadar sel darah putih didalam tubuh kita sudah sesuai atau belum karena tidak terlihat secara fisik. Namun anda bisa mengetahuinya jika anda mengalami beberapa gejala seperti daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah terkena penyakit, badan terasa ringan bahkan sering pingsan, mudah lelah dan mudah marah.
 

Salah satu penyebab kurangnya sel darah putih yaitu penyakit sel darah atau sumsum tulang, pegaruh obat-obatan kimia yang memiliki efek samping terhadap sel darah putih, akibat pengobatan kanker seperti kemoterapi dan akibat infeksi virus. Untuk mengatasi kekurangan sel darah putih, ada banyak cara yang bisa anda lakukan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Simak Juga : Waspada Narkolepsi, Serangan Tidur Secara Tiba-tiba

Ada beragam jenis makanan baik sayur, buah ataupun makanan sehat lain contohnya seperti hati ayam. Bagi anda yang mengalami leukopenia, mengkonsumsi hati ayam sangat baik untuk menambah jumlah sel darah putih karena hati ayam kaya akan zinc yang tinggi sehingga bisa meningkatkan sel darah putih hingga 15%. Selain hati ayam, ada banyak jenis makanan lain yang cocok untuk menambah sel darah putih diantara sebagai berikut.
 

Makanan Untuk Meningkatkan Sel Darah Putih

1. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan bisa anda konsumsi sebagai penganti Zinc dan Protein yang dibutuhkan tubuh seperti kacang almond dan kacang kenari. Selain baik untuk membantu program diet, kacang-kacangan juga sangat baik untuk meningkatkan sel darah putih didalam darah karena makanan ini merupakan sumber protein yang dapat mengatasi turunnya sel darah putih.
 
2. Daging Sapi
Selain kacang-kacangan, mengkonsumsi daging sapi juga dipercaya dapat menambah sel darah putih. Daging sapi mengandung zat besi yang tinggi serta vitamin yang dapat membantu produksi sel darah putih. Selain itu daging sapi juga menjadi penambah stamina dan juga mampu menangkal berbagai macam penyakit.
 
3. Kerang
Kandungan zat besi yang terdapat pada kerang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah sehingga kerang menjadi salah satu jenis makanan yang cocok dikonsumsi bagi anda yang mengalami leukopenia atau kekurangan sel darah putih. Namum bagi anda yang alergi dengan makanan seafood, sebaiknya gunakan jenis makanan lain saja.
 
4. Yoghurt
Minuman yang berasal dari hasil fermentasi ini mengandun probiotik yang tinggi dimana probiotik merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Untuk menambah sel darah putih, minumlah yoghurt secara rutin minimal 2kali sehari.
 
5. Sayuran Hijau
Jenis makanan yang satu ini memang berperan baik dalam kesehatan. Berbagai jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan asparagus merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya akan antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu produksi sel darah putih.
 
6. Jamur
Jamur mengandung bahan aktif berupa selenium yang bermanfaat untuk mengatasi leukopenia. Kandungan selenium pada jamur bertugas membantu sel darah putih dalam menangani berbagai masalah seperti infeksi atau sebagai sistem imun ketika tubuh kita dalam kondisi yang lemah.
 
7. Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga sangat baik untuk meningkatkan sel darah putih. Wortel memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, mengkonsumsi wortel sama halnya kita memberikan bantuan pada bagian organ sumsum tulang dalam proses pembentukan leukosit.
 
8. Teh Hijau
Jika biasanya teh hijau digunakan untuk kecantikan wajah seperti masker, manfaat lain yang bisa kita peroleh dari teh hijau yaitu sebagai sumber antioksidan. Teh hijau sangat baik bagi sistem imun serta membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, dari hasil penelitian menyebutkan bahwa minum teh hijau secara rutin juga dapat meningkatkan jumlah leukosit.
 
9. Bawang Putih
Bagi anda yang tidak suka dengan bawang putih, mulailah berfikir kembali akan khasiat dan manfaat yang bisa kita dapat dari bawang putih. Bawang putih dapat menyembuhkan dan mengatasi berbagai penyakit termasuk juga untuk mengatasi Leukopenia atau kekurangan sel darah putih. Bawang putih mengandung senyawa sulfida dan alicin yang juga berperan untuk sistem kekebalan tubuh.
 
10. Telur Ayam

Semua jenis makanan yang mengandung asam folat baik kita konsumsi sebagai penambah sel darah putih termasuk telur ayam. Selain telur, makanan lain diantaranya seperti ikan salmon, sarden, ikan tuna dan buah papaya.

Baca Juga : Kenali Penyebab Jamur Kuku & Cara Mengatasinya

Itulah beberapa jenis makanan penambah sel darah putih yang bisa anda konsumsi secara rutin. Selain makanan, pengendalian diri juga penting dilakukan seperti menghindari stres ataupun hal-hal negatif yang berimbas buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Informasi Kesehatan:

  • Makanan untuk menaikkan leukosit
  • Makanan yg bisa menambah sel
  • makanan yang mengandung banyak sel darah putih
  • makanan yang bisa menaikan leukosit
  • makanan untuk menambah sel darah putih
  • buah untuk meningkatkan sel darah puyih
  • makanan darah putih
  • Makanan buah yang menambah sel darah putih
  • Buah yang menambah le
  • buah yang banyak menambah darah putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *