Penjelasan Tentang Penyakit Psikopat dan Ciri-cirinya

by
Penjelasan Tentang Penyakit Psikopat dan Ciri-cirinya – Pernahkah anda mendengar kata psikopat? Ya, bahkan seringkali kata psikopat digunakan sebagai julukan untuk sesorang yang memiliki sifat yang emosional. Lalu secara definitif, apa sih psikopat itu? Psikopat merupakan gangguan psikologis yang mempengaruhi kepribadian seseorang dimana penderita akan memiliki sifat yang antisosial, tidak memiliki rasa empati hingga emosi jiwa yang kadang tak terkendali.
 
Psikopat bukanlah suatu gangguan jiwa atau skizofernia karena seorang pengidap psikopat masih sadar akan perbuatannya. Seperti kisah seorang penderita psikopat bernama Ed Gein dari Amerika Serikat yang melakukan pembunuhan sadis pada tahun 1950an. Bahkan Ed Gein juga melakukan hal yang tidak diduga yaitu dengan menggali kuburan kemudian memutilasi mayat menjadi beberapa bagian kemudian ia simpan dirumahnya.
 
Berita ini telah menjadi viral pada masa itu. Lalu apa sih yang menjadi penyebab seseorang mengalami psikopat? Penyebab psikopat pada umumnya dikarenakan kehidupan seseorang yang kurang baik, biasanya dimulai sejak kecil seperti memiliki banyak tekanan hingga membuatnya stres, tidak dibenamkannya rasa empati sejak kecil, hingga pengaruh teman atau lingkungan.
 

Apa Penyebab Psikopat..??

Secara ilmu kedokteran, psikopat disebabkan karena ketidaknormalan pada bagian otak Amygdala dan pada otak di bagian Kortes Frontal Orbital yang lebih sedikit. Bagian otak ini sangat penting karena berfungsi untuk mengambil keputusan ketika seseorang dihadapkan pada masalah tertentu. Jika perkembangan otak pada Kortes Frontal ini sedikit, maka akan memperlambat seseorang itu dalam mengambil keputusan yang membuatnya melakukan hal-hal di luar pikiran. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan karakteristik seseorang yang mengidap penyakit psikopat.

Karakteristik & Ciri-ciri Orang Psikopat

1. Memikat dan Pintar Berbicara
 
Pengidap psikopat biasanya lihai dalam mengolah kata sehingga pada pertemuan pertama atau perkenalan biasanya akan mengeluarkan kata-kata manis yang membuat kita nyaman bersamanya. Tingkah lakunya yang sopan dan tutur katanya yang menawan membuat banyak orang mudah mempercayainya. Ini merupakan salah satu ciri-ciri yang biasa dimiliki pengidap psikopat.
 
2. Tidak Memiliki Hati Nurani
 
Pengidap psikopat pada umumnya tidak pernah merasa menyesal ketika melakukan kesalahan yang dapat merugikan orang lain dan yang membedakan manusia normal dengan pengidap psikopat yaitu unsur hati nurani. Pengidap psikopat seperti manusia yang tidak memiliki hati nurani sehingga setiap perbuatan buruk yang dilakukannya tidak pernah ia sesali karena itu dianggap sebagai misi yang harus dilakukan.
 
3. Pandai Berpura-pura
 
Mengidentifikasi seseorang yang mengidap psikopat sangatlah sulit karena secara fisik tidak ada perbedaan dengan manusia normal pada umumnya, terlebih lagi pengidap psikopat ini sangat pandai dalam berpura-pura dan ia juga seringkali melakukan tindakan yang merugikan orang lain salah satunya dengan melakukan tindak kekerasan.
 
4. Gaya Hidup Parasit
 
Pengidap psikopat memiliki kecenderungan gaya hidup yang parasit dimana ia dengan sengaja bergantung pada orang lain misalnya dalam tempat tinggal, masalah keuangan dan selalu berusaha memanfaatkan orang lain agar bisa memenuhi semua kebutuhannya.
 
5. Kurangnya Rasa Bersalah atau Menyesal
 
Ketika melakukan suatu tindakan yang merugikan orang lain, ia tidak pernah merasa menyesal ataupun bersalah karena pengidap psikopat itu seperti orang yang tidak memiliki hati nurani. Ia tidak akan peduli akan kerugian yang dialami orang lain atau yang menjadi korbannya itu.
 
6. Tidak Bisa Mengontrol Perilaku
 
Seorang psikopat memiliki mood yang mudah berubah-ubah dengan tingkat emosional yang tinggi. Jengkel, kesal dan tidak sabaran bahkan seringkali terlihat seperti orang kesetanan. Haal ini dikarenakan pengidap psikopat tidak bisa mengendalikan emosi sehingga perbuatan dan tingkah lakunya menjadi tidak terkontrol.
 
7. Merasa Dirinya Benar
 
Sifat egois yang miliki pengidap psikopat membuat dirinya merasa selalu benar baik dalam setiap perkataan ataupun perbuatan. Setiap ia memiliki masalah? Tidak ada satu orangpun yang boleh menyalahkannya karena jika hal itu terjadi, biasanya ia akan marah dan melakukan hal-hal yang diluar nalar kita.
 
8. Cerdas
 
Pengidap psikopat bukanlah orang yang bodoh, bahkan ketika duduk dibangku sekolahnya pun biasanya lebih cerdas dibanding anak-anak lainnya. Namun meskipun demikian hal ini bukan menjadi utama jika orang cerdas dianggap sebagai orang psikopat.
 
9. Arogan
 
Sifat agoransi merupakan salah satu sifat paling menonjol yang dimiliki pengidap psikopat terlebih untuk urusan pekerjaan dia selalu merasa apa yang dikerjakannya adalah yang terbaik. Terlepas dari itu, memang terlihat sulit untuk membedakan bahkan kita tidak bisa langsung menyebut bahwa orang tersebut psikopat.
 
10. Sulit Ditebak
 
Pengidap psikopat biasanya memiliki mood yang mudah berubah-ubah tanpa diketahui penyebabnya dan biasanya orang psikopat sulit untuk diajak bercanda terlebih jika candaannya itu selalu memojokkan dirinya tentu akan membuat moodnya langsung berubah menjadi amarah.

Baca Juga : Mengatasi Penyakit Difteri, Gejala dan Penyebabnya

Jika anda memiliki teman yang mengidap psikopat, anda tidak perlu menjauhinya namun anda juga harus bisa menjaga jarak dengannya. Jika orang psikopat merasa dirinya tengah dijauhi? Bukan tidak mungkin ia justru akan mengincar anda sebagai sasaran utamanya. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa pengidap psikopat memiliki felling yang sangat luar biasa karena ia memiliki kemampuan untuk menebak atau memperkirakan sesuatu dengan sangat baik.

Informasi Kesehatan:

  • penyakit psikopat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *