Tips Untuk Jaga Kesehatan Ginjal

by

banyak minum air putih untuk kesehatan ginjal

Penting sekali pagi anda untuk jaga kesehatan ginjal mulai dari sekarang. Memerhatikan dengan cermat kesehatan organ vital kita tidak perlu menunggu sampai usia tertentu. Sedia payung sebelum hujan; lebih baik menjaga sejak dini, bukan? Ada banyak artikel kesehatan ginjal yang dapat anda baca secara cuma-cuma melalui Internet sebagai panduan dalam menjaga kesehatan tubuh anda dan keluarga. Kami juga akan membantu anda dengan beberapa tips sederhana berikut yang dapat digunakan untuk mempertahankan kesehatan ginjal manusia secara mudah.

Tips untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Atur pola makan anda dan keluarga sebagai upaya anda untuk jaga kesehatan ginjal! Pilihlah makanan sehat dan bergizi seimbang, sehingga kondisi fisik secara keseluruhan dapat terpelihara dengan baik. Selain itu, aktiflah bergerak dan jangan budayakan bermalas-malasan. Biasakan pula untuk mengonsumsi cukup air putih setiap hari. Idealnya, 8 gelas sehari adalah jumlah asupan air putih yang standar. Rajin-rajinlah berjalan kaki atau jogging agar menjaga tubuh anda tetap prima. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat membantu anda menjaga berat badan. Kegemukan, atau kelebihan berat badan, akan memaksa organ tubuh untuk bekerja jauh lebih keras, termasuk ginjal. Makin keras ia bekerja, makin lama makin lemah kinerjanya.

Baca : 7 Tanda Ginjal Tidak Sehat

olahrga untuk kesehatan ginjal

Hindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok secara berlebihan. Cara untuk jaga kesehatan ginjal ini juga akan membantu anda mendorong gaya hidup yang sehat. Selain itu, merokok juga dapat membahayakan kesehatan paru-paru anda. Kemudian, rajin-rajinlah mengontrol tekanan darah anda. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 35 persen penyakit ginjal dapat dipicu oleh tekanan darah tinggi. Anda dapat mengantisipasinya dengan konsumsi makanan yang dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, manajemen stress juga penting untuk menghindari tingginya tekanan darah anda.

makanan sehat untuk ginjal

Beberapa Makanan untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Hindari mengonsumsi makanan olahan, kurangi kadar konsumsi garam yang berlebih, dan santap daging putih yang tidak mengandung lemak serta ikan, jika anda ingin menjaga kondisi ginjal anda. Ada pula beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi ginjal yang senantiasa sehat. Beberapa makanan itu seperti bawang putih dan bawang merah, yang dapat menawar racun dan mengandung antioksidan. Buah beri, seperti stroberi, blueberry, cranberry, dan raspberry, selain lezat juga dapat meningkatkan kemampuan kandung kemih. Apel, kubis, kecambah, dan minyak zaitun juga dapat dikonsumsi untuk jaga kesehatan ginjal anda.

Informasi Kesehatan:

  • upaya menjaga kesehatan ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *