Cara mengobati Asam Lambung berlebih saat berpuasa

by

Puasa dapat merupakan tradisi, ajaran/perintah agama , dan juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Walaupun banyak keuntungan yang didapat dari berpuasa tetapi pada beberapa orang akan ada gangguan kesehatan pada tubuh pada awal masa puasa sampai tubuh terbiasa terhadap puasa, terutama banyak orang yang berpuasa kahwatir terhadap asam lambung yang meningkat. Selama puasa banyak orang menghindari makanan berat dan memilih buah dan air putih, puasa memberikan manfaat positif bagi kesehatan ketika tubuh mulai mengeluarkan racun.  Pada permulaan puasa , beberapa orang akan mengalami masalah asam lambung naik, maag dapat menyebabkan mulas, sakit pada ulu hati yang menimbulkan perasaan tidak nyaman.

cara mengobati asam lambung

6 Cara Mengobati Asam Lambung atau Maag pada saat berpuasa :

  1. Air Putih Hangat
    Minum air hangat pada saat sahur ataupun buka puasa secara perlahan dan jangan terlalu banyak karena meminum air terlalu banyak dapat memicu naiknya asam lambung.
  2. Susu Dingin
    Susu mentega atau Susu dingin tanpa gula dapat membantu menghilangkan rasa panas yang disebabkan asam lambung pada ulu hati.
  3. Buah-Buahan
    Pisang memiliki kandungan potasium yang tinggi yang terbukti mengobati dan mencegah asam lambung, selain itu pisang memiliki serat yang baik bagi tubuh untuk melaksanakan puasa, buah melon juga memiliki fungsi yang sama dengan pisang.
  4. Air Kelapa
    Air Kelapa merupakan obat alami yang terbukti ampuh untuk masalah asam lambung, selain menstabilkan ph dalam tubuh, air kelapa juga sangat berguna dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  5. Hindari Buah Masam
    Hindari buah masam pada saat berpuasa seperti jeruk, anggur, lemon, mangga dll. Buah tersebut memicu naiknya asam lambung dengan cepat. Jadi ketika berpuasa hindari buah tersebut ya
  6. Hati-hati pada saat buka puasa
    Pada saat buka puasa sangat disarankan agar minum air putih dan makan buah non asam seperti kurma, jangan langsung makan berat, mengunyah makanan dengan baik juga dapat membantu mengurangi naiknya asam lambung

baca juga : Manfaat Puasa

Itulah 6 cara mengobati asam lambung atau maag ketika berpuasa, berpuasa tidak hanya menjalankan tradisi atau perintah agama tetapi juga sangat bermanfaat kesehatan tubuh yaitu mengeluarkan racun, dan juga bermanfaat bagi kesehatan pikiran. Selamat berpuasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *